Pengertian dan Perbedaan antara Hijab, Jilbab, Khimar, Kerudung, Niqab, Burqa dan Mukena Serta Contoh Gambarnya

2 min read

Pengertian Hijab dan Jilbab cewek manis Pakai Gamis Lebar

Dzargon – Trend busana muslim mulai naik tahta di Indonesia akhir dekade ini. Memang layak di katakan naik tahta dibandingkan beberapa dekade sebelumnya, karena saat ini hijab tidak hanya menjadi pakaian muslim semata tapi juga sudah mendapatkan sentuhan fashion.

Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya designer ternama yang terjun untuk menggeluti perkembangan trend fashion Hijab. Sebut saja ikon hijab Indonesia, Designer sekaligus Model Hijab Dian Pelangi, kemudian dari Inggris ada muallaf Cantik Hana Tajima Simpson dan yang paling menghebohkan adalah hijaber cantik dari korea yang juga muallaf Sang Bora.  

Kendati sudah sangat luar dikenal di Indonesia dan juga menjadi negara berpenduduk muslim paling besar di Dunia, ada banyak muslimah yang tidak kenal dengan perbedaan antara Hijab, Jilbab, Kerudung dan juga Cadar (Orang awam menyebut cadar untuk mereka yang mengenakan pakaian tertutup dan hanya menunjukkan mata saja.

Meskipun situs ini tidak layak dijadikan sebagai situs rujukan yang islami, namun artikel ini mungkin menjadi pengantar yang baik dan sederhana untuk membedakan antara Hijab, Jilbab, Kerudung, Khimar, Niqab dan Burqa. Yuk kita kenali jenis-jenisnya.

1. Jilbab

Pengertian Jilbab – Jilbab berasal dari bahasa arab yang secara harfiah dapat diartikan sebagai pakaian yang lapang dan luas. Pengertian merujuk khusus pada pakaian wanita yang menutupi seluruh aurat kecuali muka dan kedua telapak tangan. Sehingga masih ada bagian yang terlihat, beberapa orang juga mendefinisikan bahwa telapak yang dimaksud sampai pergelengan tangan namun sebagian besar adalah telapak tangan.

Perintah mengenakan Jilbab adalah di Al-Qur’a surat Al-Azhab ayat 59: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.

2. Hijab

Definisi Hijab – Hijab adalah kata dalam bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai “penghalang” yang secara khusus memberikan sebuah penghalang untuk membatasi antara laki-laki dan perempuan agar tidak bercampur. Asal kata hijab berasal dari Hajaban yang dapat berarti Tirai, kelambu, papan pembatas, aling-alin atau apapun yang dapat memisahkan.

Pembatas yang ada masjid untuk memisahkan Shaf laki-laki dan perempuan juga disebut hijab. Kendati demikian istilah semakin luas ditujukan pada penghalang yang menghalangi aurat perempuan tampak kepada kaum laki-laki.  

Salah satu Bentuk Hijab selain Kerudung
Salah satu Jenis Hijab (Pembatas)

3. Kerudung

Arti Kerudung – Kerudung adalah istilah asli dari bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Melayu yakni Tudung. Tudung dapat diartikan sebagai penutup apa saja baik itu makanan maupun hal hal lain, namun kerudung merujuk pada kain yang digunakan untuk menutupi kepala.

Tidak ada kesepakatan yang mengatakan bahwa kerudung adalah Khimar yang juga menutup bagian dada wanita, oleh karena penggunaan kerudung tidak dianjurkan dalam islam karena beberapa budaya menunjukkan penggunaan kerudung masih memperlihatkan rambut kepala karena hanya sebatas menutupi saja.

4. Khimar

Pengertian Khimar – Khimar adalah penutup yang hampir sama dengan kerudung namun lebih jelas disebutkan fungsinya untuk menutupi kepala, leher sampai dada wanita baik dari bagian depan maupun bagian belakang sehingga tidak tampak lagi bentuk tubuh yang seorang wanita.

Khimar adalah pakaian yang harus menjulur dari kepala sampai menutupi daerah dada dan juga area tulang selangka dan pantat (maaf).

Khimar Kerudung Lebar cantik dan manis cewek imut

5. Niqab

Definisi Niqab – Niqab adalah pakaian yang digunakan untuk menutupi seluruh tubuh mulai dari kepala sampai seluruh wajah, kecuali mata. Bentuk Niqab hampir serupa dengan Jilbab dan Qhimar hanya saja daerah yang ditutupi lebih banyak. Daerah yang ditutupi juga sama yakni seluruh tubuh, kepala, wajah, leher, dan daerah dada.  

Chadar manis dan cantik pakai Chadar HItam

6.  Burqa

Arti Burqa – Hampir sama dengan Niqab, Burqa juga merupakan pakaian yang digunakan untuk menutupi seluruh badan, kepala, wajah, leher dan dada, bahkan lebih jauh, Burqa menutupi bagian mata hingga tidak ada lagi yang Kelihatan. Hanya lubang kecil-kecil berbentuk jaring jaring yang membuat pemakainya dapat melihat.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak gambaran sederhana mengenai perbedaan dari seluruh pakaian yang telah disebutkan di atas pada gambar di bawah ini.  

6. Mukena

Pengertian Mukena – Mukena merujuk pada pakaian Sholat yang digunakan muslimah Indonesia. Sampai hari ini tidak aturan rinci mengenai penggunaan Mukena sebagai pakaian Sholat yang ada hanyalah prinsip-prinsip  Syar’i dari busana muslimah yakni menutup aurat, bersih dari najis.

Konon Mukena adalah hasil adaptasi yang dilakukan oleh para wali agar busana ini dapat diterima oleh budaya Indonesia yang pada saat itu pakaian wanita banyak yang mengenakan Kemben yang memperlihatkan dada bagian atas hingga kepala.

Pengertian dan defenisi Mukena Cantik

Mukena kemudian dirancang dan dijaga pemakaiannya hanya pada waktu sholat sehingga ada jaminan dari Najis oleh karena dapat diartikan sebagai budaya asli Indonesia. Mukena dirancang menutupi seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *