Pemilihan Pakan Burayak Cupang, Anak Cupang dan Cupang Dewasa

1 min read

Pemilihan Pakan Burayak Cupang, Anak Cupang dan Cupang Dewasa

Dzargon. Setelah usia 2 sampai dengan 3 hari dalam bentuk telur, Ikan cupang akan lahir tidak dalam keadaan sempurna melainkan dalam bentuk burayak. Pada bentuk Burayak, Cupang tidak bisa berenang seperti anak cupang, alat gerak dari burayak cupang belu tumbuh sempurna sehingga masih dibutuhkan bantuan dari induk yakni ikan cupang jantan untuk bertahan hidup Ikan cupang dewasa akan membantu cupang yang tenggelam di dasar kolam. Burayak cupang akan diambil menggunakan mulut kemudian diletakkan di permukaan air agar bisa mengambil udara langsung dari udara. 

Pada usia 1 sampai 2 hari, burayak cupang belum membutuhkan makan karena sumber nutrisi masih berasal dari sisa pada saat burayak cupang masih dalam telur. Usia 3 hari setelah lahir cadangan makanan semakin menipis dan bahkan habis oleh karena pakan akan dibutuhkan oleh burayak, namun bentuk burayak cupang yang belum sempurna membutuhkan perlakuan khusus.
Di alam bebas, burayak cupang akan makan makanan yang tersedia oleh alam seperti plankton dan tumbuhan mikro yang terapung di air serta kutu air berukuran mikro. Peternak harus menjadikan ini pertimbangan sebagai dasar dalam memberikan perlakuan pada saat merawat anak ikan cupang.

  • Pilihan memberi pakan kuning telur mungkin salah satu solusi dalam beternak cupang namun perlu diperhatikan jumlah yang diberikan jangan terlalu banyak karena kuning telur sangat mudah busuk sehingga akan merusak kualitas air. Berdasarkan pengalaman, kuning telur dicolek menggunakan ujung lidi adalah jumlah yang cukup untuk burayak cupang.
  • Kutu air mikro atau anak kutu air adalah pakan yang paling tepat, namun sangat sulit untuk dicari oleh karena itu beberapa peternak harus pandai memelihara kutu air agar suplay untuk burayak cupang bisa tersedia.
Pemilihan Pakan Burayak Cupang, Anak Cupang dan Cupang Dewasa dan Petarung
Anak Ikan Cupang dan Ikan Cupang Dewasa
Pada usia 7 hari, cupang tidak berbentuk burayak lagi namun sesudah berbentuk anak ikan cupang dengan bentuk yang sempurna, hanya saja organ geraknya masih belum sebaik ikan dewasa. Pada usia ini ikan cupang jantan dan betina sudah mulai terlihat. Ikan cupang pada usia 7 hari sudah bisa bergerak dan sebaiknya dipisah dengan induknya. Pada kondisi pakan berupa kutu air dan jentik nyamuk ukuran kecil sudah bisa dikonsumsi.
Beberapa jenis pellet cupang ukuran kecil juga dijual, namun sangat tidak disarankan memberikan pellet cupang karena dapat mengganggu sistem pencernaan dari ikan cupang. Gunakan pellet pada saat pakan alami tidak mungkin untuk diberikan. Gangguan pencernaan karena pellet akan terlihat dari bentuk tubuh yang mulai membuncit dan cupang menjadi kurang aktif. Jika makanan yang diberikan adalah pakan alami, meskipun pada saat memelihara ikan cupang memiliki perut buncit namun ikan cupang masih tetap aktif bergerak.

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *