Panduan Lengkap Cara Membuat Nutrisi dan Pupuk Hidroponik di Rumah

1 min read

Panduan Lengkap Cara Membuat Nutrisi dan Pupuk Hidroponik di Rumah

Dzargon. Melakukan seni tanam dengan metode Hidroponik bisa menjadi kegiatan yang susah-susah mudah namun tetap mengasikkan selain dapat menghilangkan stress dengan cara berinterkasi dengan tanaman hijau, hasil dari Hidroponik dapat langsung dimakan dan terbebas dari serangan pestisida yang tidak jelas karena langsung ditanam sendiri apalagi untuk beberapa jenis tanaman sayur yang dapat tumbuh dengan mudah di pekarangan rumah.
Salah satu hal yang paling sulit dalam melakukan seni menanam tanaman dengan menggunakan metode Hidroponik adalah menyediakan nutrisi bagi tanaman karena media tanam berupa air yang terus mengalir. Namun sebagai petunjuk awal, berikut ini ulasan dari dzargon akan berbagi Tips tentang tata cara membuat nutrisi tanaman Hidroponik.
Panduan Lengkap Cara Membuat Nutrisi dan Pupuk Hidroponik di Rumah di kebun belakang rumah

Alat dan Bahan Nutrisi Hidorponik

  1. Pupuk KCL 1 Kg
  2. Pupuk Urea 1 Kg
  3. Pupuk NPK 1 Kg
  4. Pupuk daun Gandasil 50 gram
  5. Wadah dengan kapasitas 20 liter air
  6. Wadah dengan kapasitas 100 Liter air
  7. Timbangan
  8. Spatula atau alat pengaduk yang kuat
  9. Air sumur atau air sungai. Jangan menggunakan air PAM karena mengandung beberapa zat yang tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman.
Hal yang perlu dilakukan setelah mempersiapkan alat dan bahan adalah melakukan prosedur pembuatan Nutrisi Tanaman Hidroponik sebagai Berikut.
  1. Masukan seluruh Bahan yang telah disebutkan di atas ke dalam ember berukuran 20 Liter, kemudian aduk.
  2. Masukan air air ke dalam ember paling tidak 15 liter, jangan sampai penuh. Larutkan seluruh pupuk hingga tidak terlihat lagi konsetrat pupuk.
  3. Masukan cairan yang sudah dilarutkan ke dalam Wadah dengan kapasitas 100 liter kemudian tambahkan air hingga 100 Liter. 
  4. Aduk pupuk dengan perlahan kemudian pastikan tidak ada padatan dari kosentrat pupuk yang dimasukkan.
  5. Pupuk siap untuk digunakan. 
Bagaimana? mudah tidak cara pembuatan pupuk dan nutrisi Hidroponik. Jika tanaman anda masih dalam skala kecil, takaran pupuk di atas dapat dikurangi dengan menggunakan skala yang sama, kecuali pupuk Gandasil daun karena tidak terlalu berbahaya pada konsentrasi tinggi.

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *