Enchytraeus buchholzi – Cacing Grindal yang Bergizi Buat Ikan Hias

42 sec read

Enchytraeus buchholzi cacing grindal

DzargonEnchytraeus buchholzi atau yang lebih dikenal dengan nama Cacing Grindal (Grindal Worm) adalah keluarga dari cacing oligochaete enchytraeid. Cacing hidup di permukaan tanah dengan kontur padang rumput yang lembab.

Cacing Grindal adalah kerabat dari cacing putih yang hidup di air. Cacaing ini bisa tumbuh sampai 10 mm sehingga sangat cocok untuk dijadikan pakan ikan air tawar baik untuk ukuran kecil seperti ikan cupang dan ukuran besar untu ikan Arwana.

Cacing Grindal termasuk hewan yang snagat mudah di Kultur dan budidayakan. Budidaya cacing Grindal bahakan bisa dilakukan oleh para pemula karena tidak begitu butuh perhatian. Kondisi lingkungan untuk cacing Grindal terbilang mudah yakni hanya pada suhu ruang sekitar 21oC – 26oC yang lembab.

Kegunaan Cacing Grindal

Cacing Grindal banyak dibudidayakan sebagai pakan ikan hias air tawar. Cacing ini memakan Sabuk kelapa, Cocopeat, Oatmela, Gandum dan tepung tepungan lainnya. Banyak peternak ikan yang menggunakan cacing sebagai pakan persaiapan berkembang biak dan anakan cacing.

Cacing ini juga banyak digunakan untuk percobaan di laboratoirum. Mereka dimasukkan ke dalam Inkubator pada suhu 15 ± 2°C. Hasilnya cacing ini ditemukan mampu bertahan hidup dalam kondisi tanah yang kurang lembab namun tidak begitu baik. PErtumbuhan paling baik dari cacing adalah ketika jumlah air sekitar 20 sampai 40 %.

Cara Menanam Anggur Bagi Para Pemula

Cara menanam anggur bisa dilakukan dengan metode stek, cangkok, maupun biji. Apapun metode yang digunakan, ada prosedur utamanya. Anda yang melakukan penanaman tanaman anggur...
Admin
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *