Enchytraeus buchholzi – Cara Budidaya dan Kultur Grindal Worm untuk Pemula

1 min read

Enchytraeus colony Grindal Worms

Dzargon – Whiteworm atau yang lebih dikenal sebagai Grindal Wall adalah cacing kecil berukuran sekitar 1 – 4 mm sedangkan ukuran cacing dewasa berkisar 10 sampai 15 mm. Ukurannya yang kecil membuat cacing ini banyak dibiakkan untuk keperluan paka ikan untuk hobiis dan juga bisnis.

Cacing Grindal memiliki nama ilmiah Enchytraeus buchholzi. Cacing ini yang banyak ditemukan di padang rumput lembab. Cacing bertipe Heramprodit dimana satu ekor cacing memiliki dua jenis kelamin yakni jantan dan betina, namun demikian tidak bisa melakukan perkawinan sendiri.

Proses perkawinan cacing Girndal dilakukan berpasangan dimana setiap sperma yang berhasul masung ke sel telru akan tumbuh menjadi kokon. Cacing dewasa dari Grindal bisa menghasilkan 10 – 25 telur yang akan berubah jadi kokon.

Telur ini kemudian akan menetas dalam waktu 12 hari kemudian cacing akan tumbuh dan berkambang biak dalam kurung waktu 14 sampai 28 hari. hal ini terganting dari kondisi suhu. Satu ekor cacing Girndal bisa menghasilkan 1000 telur semasa hidupnya.

Masa Panen dan Pemeliharan

Grindal Worm siap untuk bereproduksi di usia sekitar 2 sampai 4 minggu dan usia paling produktif pada usia 1 sampai 2 bulan. Pada usia matang, Kultur bisa dipanen setiap hari ntuk dijadikan pakan ikan cupang.

Cacing Grindal bisa timbu sampai 15 sampai 25 mm. Ukuran ini sangat cocok untuk dijadikan pakan ikan hias berukuran kecil seperti ikan cupang atau ikan Guppi.

Cara Kultur Cacing Grindal

Pra Kondisi

Kondisi yang perlu disiapkan untuk cacaing Grindal adalah suhu ruang yang sejuk sekitar 21oC – 26oC. Lokasi yang terlindung dari sinar matahari langsung dengan kondisi agak lembab.

Tahap Persiapan

Tahap persaiapan bisa dilakukan sebagai berikut

  1. Siapakan Starter Grindal Worm – Bisa ditemukan tanah berumuput pada musim hujan atau beli dari peternak lain.
  2. Siapkan wadah plastik dengan dasar yang pipih misalnya baskom besar
  3. Siapkan jaring halus untuk menghindari lalat buah masuk ke dalam media kultur.
  4. media kultur bis adari Cocopeat atau dari Kompos.
  5. Pakan bisa beragam namun bisa pakai Oat Meal, Pelet Kucing, Roti Kering atau dedak.
Starter Caing Grindal Bibit
Starter Grindal Worm

Cara membuat Kultur

  1. Siapkan starter Cacing Grindal (Bibit Cacing Grindal).
  2. Isi wadah dengan media dari Cocopeat atau Kompos
  3. Semprot dengan semprotan air agar lembab. Jangan sampai becek.
  4. Ambil Starter Cacing Grindal lalu taruh ke dalam emdia secara merata.
  5. Tutup dengan jaring dan Biarkan hingga sehari.
  6. Beri pakan berupa Oat meal atau dedak di beberapa titik, kemudian semport kembali hingga basah. Jangan memberikan pakan terlalu banyak.
  7. Usahakan jumlah pakan yang diberikan tidak terlalu banyak sehingga bisa habis dalam sehari. Kelebihan pakan akan memicu tumbuhnya jamur yang mungkin saja beracun dan membunuh Grindal Worm.
  8. Berikan pakan tiap hari.

Nah itu dia tadi cara membuat Kulutr dari Grindel Worm. Proses panen bisa dilakuan dengan cara meletakkan lembaran tipis dari plastik di atas media agar cacing naik ke atas lembaran tersebut. Setelah naik semprotkan air dengan spray agar cacing dan media kultur terpusah. Cacing siap dijadikan pakan ikan.

Cara Menanam Anggur Bagi Para Pemula

Cara menanam anggur bisa dilakukan dengan metode stek, cangkok, maupun biji. Apapun metode yang digunakan, ada prosedur utamanya. Anda yang melakukan penanaman tanaman anggur...
Admin
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *