3 Cara Pemberian pupuk Tanaman Cabe Sesuai dengan Umur Tanam Cabai

1 min read

3 Panduan Pemupukan Tanaman Cabe Sesuai dengan Umur Tanam Cabai

Dzargon – Pemupukan merupakan sebuah proses yang harus dilakukan agar tanaman Cabai memiliki buah lebat, besar dan rutin. Beberapa jenis pupuk yang diberikan harus sesuai dengan keadaan, kondisi dan usia tanam cabe agar karena jika salah dalam proses pemberian pupuk, Alih-alih tanaman cabe tidak akan berbuah justru akan hidup sengsara bahkan sampai mati oleh karena sangat penting untuk memperhatikan beberapa cara dan panduan pemupukan yang baik dan benar.

Pupuk untuk Tanaman Caeb Usia 1 sampai 30 Hari

Usia cabai selang dari 1 sampai 30 hari adalah kondisi yang sangat rentang dimana akar tanaman dan daya hidupnya masih sangat kurang. Pemberian pupuk kimia tentu saja dapat mengganggu pertumbuhan karena tidak sesuai dengan nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk yang sesuai dengan tanaman cabai pada usia 1 sampai 30 hari adalah pupuk organik baik kompos maupun pupuk kandang.  
Pemberian pupuk kandang dapat dilakukan dengan bahan kotoran ayam kering, sebaiknya kotoran ayam potong yang sudah dijemur dan dikurangi kadar kelembabannya. Perbandingan yang paling baik adalah 1 banding 3 yakni 3 bagian tanah dan 1 bagian kotoran ayam. Pupuk ini kemudian dicampurkan pada tanah sekitar tanaman cabe pada bagian atas Polybag. Perbandingan jangan lebih dari dari 3:1 karena kotoran ayam mengandung ammonia yang bersifat asam dan pada keadaan tertentu dapat menyebabkan akar tanaman menjadi busuk.

Saran yang paling penting untuk tanaman cabai usia kurang dari 30 hari sangat pantang untuk mendapatkan pupuk kimia seperti Urea, TSP, dan KCl terutama tanaman yang baru di semai. pH dari pupuk tidak cocok dengan kecambah tanaman cabai sehingga kemungkinan tanaman layu dan mati sangat besar. Pupuk anorganik setidaknya hanya ditujukan pada tanaman cabai usia lebih dari satu bulan atau akar-akarnya sudah tahan banting terhadap perubahan suhu dan pH.

pupuk paling murah untuk petani cabai
Tanaman cabai dalam semaian sangat tidak cocok dengan pupuk anorganik

Pemupukan Cabe usia 1 sampai 3 bulan.

Setelah proses perawatan secara alami dengan pupuk Organik pada usia awal tanam tanaman, maka tanaman cabai sudah siap mendapatkan ransangan dari pupuk anorganik agar cepet berbuah dan memiliki buah besar. Pupuk tidak lain berasal dari pupuk berbahan kimia seperti Uream Larutan Phonska cair, NPK dan pupuk TSP. Namun pemberian pupuk kandang dan Organik tidak boleh dihentikan karena kondisi tanah akan terganggu dengan pupuk Kimia. Pupuk organik akan digunakna kembali untuk menggemburkan tanah.


3. Pupuk Cabe untuk tanaman jelang berbuah.

Pada saat tanaman cabe memasuki waktu untuk berbuah. Pemberian pupuk kimia harus dihentikan terutama pada masa berbunga dan penyerbukan namun pemberian pupuk masih tetap dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik cair dan juga larutan pupuk phonska cair. Pemberian pupuk kandang berupa tai ayam kering juga dpaat dilakukan dengan cara menggali tanah di area sekitar cabai. Tujuan ada dua yakni memberikan unsur hara dan juga melancarkan sirkulasi udara di dalam tanah.

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *