Tempat Wisata Sejarah Di Makassar yang Wajib Kalian Kunjungi Ketika Di Makassar

1 min read

Tempat Wisata Sejarah Di Makassar dan Sekitarnya yang Wajib Kalian Kunjungi Ketika Di Makassar

Dzargon – Makassar memang terkenal sebagai salah satu daerah yang memiliki sejarah perjuangan yang sangat gigih dalam mempertahankan harkat dan martabanya. Hal ini bahkan membuat negeri Belanda di masa lampau sampai kewalahan menaklukkan negeri ayam Jantan dari timur di bawah raja Sultan Hasanuddin. Hasilnya ada banyak tempat-tempat bersejarah yang kini layak kalian kunjungi untuk mengetahui kerasnya perjuangan para pendahulu kita. 
Berikut ini ada beberapa tempat-tempat wisata bagi anda yang suka menghabiskan akhir pekan dengan jalan-jalan di daerah Makassar dan Sekitarnya untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Dimanakah sajakah tempatnya, berikut ini ulasannya.
#1 Kembali ke masa lalu di mana museum laga-ligo dan penjara dari pangeran Diponegoro di asingkan dari Jogjakarta di Benteng Rotterdam, pasti seru apalagi masuk di sini gratis alias tidak di pungut biaya.
Benteng Rotterdam wisata sejarah di kota makassar

#2 Semua dimulai dari sini, Benteng Somba Opu pernah diratakan oleh Belanda pada akhir abad ke 17, kemudian di bangun kembali sebagai pusat kebudayaan kerajaan-kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan, di dalamnya juga banyak rumah adat dari berbagai daerah.
Benteng Somba Opu rumah rumah adat di Sulawesi Selatan

#3, Namanya, Lakkang, ini adalah pulau di tengah pulau dan juga di tengah kota Makassar. Di sini ada banyak pohon Bambu yang ternyata menyimpan rahasia berupa Bungker Jepang yang digunakan sebagai benteng pertahanan Jepang ketika menjajah Indonesia.

Pulau Unik di Makassar lakkang wisata asejarah bungker jepang

#4 Monumen yang menjadi saksi pembebasan Irian Barat dari negara Boneka milik Belanda dibangun di pusat kota Makassar. Banyak yang bilang monumen Mandala adalah  Monas-nya Makassar.
Monumen Mandala di Makassar

#5 Museum Balla Lompoa adalah rumah raja Gowa yang Bergeral Sombayya ri Gowa masih berdiri di tengah-tengah kota Sungguminasa. DI museum ini ada banyak benda peningggalan kerajaan Gowa yang masih tersimpan dengan rapi di tempat ini.

istana tamalatea Museum Balla Lompoa

#6. Bukti Otentik bahwa kerajaan Gowa-Tallo adalah kerajaan Islam masih berdiri sampai sekarang. Masjid Tua Katangka adalah masjid pertama di kerajaan Gowa yang dibangun sejak abad ke 16 masih digunakan sampai hari ini.

dekat makan raja Gowa Masjid Tua Katangka

#7. Pelabuhan tradisional Paotere sudah lama melayani rute perdagangan kerajaan Gowa dan sampai hari ini juga masih berfungsi sebagai pelabuhan Niaga. Hal yang unik adalah di pelabuhan ini semua kapal yang bersandar adalah kapal kayu dengan rute nasional, termasuk Sunda Kelapa di Jakarta.

Pelabuhan Tradisional wisata sejarah di Makassar
Sudah pernah mengunjungi salah satunya? atau sudah beberapa? Jalan-jalan di kota makassar memang tidak ada habisnya, selalu menarik dan indah. Oh iya kalau sudah berada di kota daeng, tipsnya jangan lupa makan Pisang Epe’ dan juga Coto Makassar yang hanya bisa ditemukan di kota daeng.

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *