Starter Pack Aquascape – DIY dan Panduan Perawatan untuk Pemula

Dzargon – Aquarium yang diisi dengan konsep Aquascape di rumah bisa menjadi oase ketika pulang dari kerja. Sisi keindahan dan estetika dari aquascape memang jauh lebih menarik dibandingkan dengan Aquarium sederhana, namun pembatan dan perawatan Aquascape tidaklah sederhana. Meskipun tidak sederhana namun membuat dan memelihara Aquascape tidaklah sulit.

Nah artikel ini sangat cocok dijadikan bahan bacaan buat kalian yang sedang ada niat ingin membuat Aquascape di rumah. Sebagai pembuka berikut ini daftar Perlengkapan Wajib yang harus dimiliki oleh Wajib adalah :

1. Perlengkapan Lowtech Aquascape

  1. Aquarium
  2. Filter
  3. Lampu
  4. Subtrate

Lowtech Aquascape adalah jenis Aquascape yang memanfaatkan sikluas alami dari Biolad dan komponen Abiotik, jadi penggunaan teknologinya sederhan tapi butuh penanganan tehnis yang sangat detil agar ekosistemnya bisa berkembang dengan baik. Ciri-ciri utamanya adalah volume air yang besar agara paramter air bisa mengalami siklus alami.

2. Perlengkapan Advance

  1. Tabung CO2
  2. Reactor CO2
  3. Bubble Counter
  4. Pupuk Dasar dan Pupuk Cair
  5. Lampu dengan spektrum cahaya
  6. Pendingin bisa fan atau Chiller

Perlengkapan Advance dibutuhkan untuk meningkatkan daya tumbuh dan kembang dari komponen Biolad seperti hewan dan tumbuhan. Pada Lowtech Aquascape komponen biotik ditahan agar komponen di dalam balanced dan sesuai dengan kondisi alam. Pada kondisi Advance campur tangan manusia dilakukan untuk membuat kompnen lebih cepat tumbuh.

3. High Tech Aquascape

  1. Filter Powerhead
  2. Mesin Eksternal
  3. Pupuk Dasar
  4. Soft Water Source seperti Reverse Osmosis Filtration
  5. Pendingin dan Heater

High Tech Aquascape adalah metode penaman Aquascape dengan proses pemaksaan pertumbuhan tanaman dan hewan pada tahap maksimal. Mesin dan teknologi menjadi pendukung utama sistem Aquascape dengan konsep High Tech Aquascape.

Langkah-Langkah Mudah Membuat Aquascape

Ada beberapa cara memulai membuat Aquascape namun artikel dimulai dengan langkah yang paling umum dilakukan dan perlengkapa sudah siap paling tidak ada pada Lowtech Aquascape.

1. Menyiapakan Lantai Tanki

Lantai tanki aquascape adalah dasar dari tanaman dan juga air melekat. Lantai ini memiliki beberapa lapisan yang penting namun yang paling sederhana ada tiga lapisan berurutan sebagai berikut :

  1. Pasir silika dengan ketebalan 3 sampai 5 mm
  2. Lapisan carbon aktif dari arang atau sejenisnya setebal 3 mm

Agar tidak tercampur carbon sebaiknya dibungkus dengan kain. Tujuannya untuk menyerap zat-zat berbahay bagi biota dan bioload aquascape.

Pemberian Carbon Aktive untuk mencegah Zat berbahay terisap oleh ikan dan tanaman

2. Lapisan Pupuk Dasar

Pupuk Dasar adalah bagian penting untuk nutrisi tanaman. Pada umumnya pupuk dasar berisi unsur-unsur makro yang penting bagi pertumbuhan tanaman.

Hanya saha pupuk ini tidak cocok untuk tanaman yang tidak memiliki akar tancap seperti Annobias dan Java Mose. Jumlah disesuaikan dengan jumlah tanaman akar tancap. Tanaman jenis Carpet Plant membutuhkan banyak pupuk ini.

Lantai dasar dari aquascape yang baru

3. Top Layer dan Hardscape

Tahap Selanjutnya adalah membuat lapisan Top Layer dan Hardscpae yang menjadi tampilan utama dari Aquascape kamu. Tutupi semua daerah yang berisi pupuk. Kamu juga berinprovisasi dengan membuat gundukan atau sejenis bukit agar Hardscape tidak datar dan membosankan.

Tambahkan elemen kayu, batu atau gabungan keduanya. Kamu bisa memilih konsep batu polos tipe Iwagumi dengan Carpet Plant yang hijau atau bermain gelap seperti rawa dengan pasir malang.

4. Persiapan Tanam Tumbuhan

Perisapan tanan tumbuhan dilakukan dengan dua cara yakni pada saat air penuh dan setengah air. Saya lebih memilih mengisi tanki air dengan ketinggian kurang dari 5 cm, kemudian menaman tanaman di titik yang diinginkan.

Untuk tanaman carpet tentu saja berbeda keranan pengisian air hanya dilakukan jika tanaman carpet sudah tumbuh dari bibitnya. Setelah itu mulailan isi Aquascape dengan Air secara perlahan agar Hardscape tidak berhamburan.

Tips paling umum gunakan kantong plastik yang diletakkan di permukaan air untuk mengurangi tekanan air saat dimasukkan ke dalam tangki.

Untuk ide dan inspirasinya bisa kalian cari di Internet agar lebih kreatif lagi.

Jenis Dekorasi Aquaspace keren dengan tema Rawa

5. Perawatan

Untuk Aquascape yang di set di tangki ukuran 60 cm sampai 100 cm bisa dirawat lebih mudah dengan tangki yang kecil seperti 40 cm dan 30 cm. Tanaman Aquascape akan tumbuh optimal dengan pencahayaan kurang dari 6 jam sehari. Lebih dari 6 jam sehari, tanaman akan keranjingan fotosintesisi dan mengurangi kadar carbon dioksida di dalam air.

Tanaman akan menunjukan tanda-tanda jika mereka mengalami mall nutrisi seperti kekuning-kuning jika kekurangan Carbon Diokasida. Carbon dioksida bisa ditambahkan dengan dua cara yakni memperpendek lama penyinaran yakni kurang dari 6 jam atau dengan menambahkan Carbon Dioksida melalui difuser.

Air Aquascape harus diganti minimal satu minggu sekali, namun disarankan 2 kali seminggu dengan jumlah air yang diganti adalah 40 % dari total volume air. Hindari penggunaan Air Ledeng yang banyak mengandung Kaporit dan air hujan yang biasanya ber pH rendah (Asam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.