Setelah Dunia Terlepas Dari Pandemic Covid-19 di New Normal Pilih WFH atau WFO

1 min read

Dzargon – Setidaknya hampir dua tahun kebelakang karyawan/ti di seluruh dunia memulai sistem bekerja dari rumah. Sebagai bagian dari sistem tersebut, ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh perusahaan dan karyawan itu sendiri. Tapi banyak juga yang dirugikan dengan keadaan pandemi ini, bukan hanya bekerja dari rumah melainkan “dirumahkan” secara sementara atau permanen.

Work From Office

Masa-masa sulit pandemi akan segera berakhir, kemungkinan untuk kembali masuk kerja seperti sediakala akan terwujud. Bagi karyawan/ti yang selama ini terkendala dengan sarana dan prasana yang minim dirumah, akan mengakhiri keresahannya.

Bagi seorang yang senang bekerja dan senang dengan situasi perkantoran dan pergaulan sesama rekan kerja, akan menerima WFO ini dengan tangan terbuka. Bertemu dan bersosialisasi yang telah lama ditinggalkan akan kembali dapat diwujudkan.

Segala kekurangan dalam menerapkan WFO sudah harus diantisipasi oleh perusahaan, bukan individu karyawan/ti. Keberadaan kita masih dibatasi seperti masa pandemi, dimana tetap dengan topeng medis, berjarak, dan cuci tangan supaya terhindar dari kuman dan virus.

Tapi, apakah virus ini sudah hilang 100%? Ya, walaupun sudah melakukan vaksinasi, manusia juga sangat rentan oleh virus. Beberapa “alumni” pasien Covid-19 juga merasakan itu meskipun sudah divaksinasi. Perbedaannya adalah, tubuh lebih siap melawan virus tersebut, dibandingkan dengan tubuh yang belum divaksinasi.

Bagaimana menurut GanSis? Apakah perlu dipersyaratkan hanya untuk karyawan/ti yang sudah vaksinasi?

Work From Home

Format Work From Home (WFH) adalah hal baru yang dirasakan oleh karyawan/ti yang selalu menggunakan sarana dan prasarana dari kantor. Mulai komputer, internet dan mesin cetak, harus disediakan secara mandiri. WFH tidak menghapuskan kewajiban untuk memberitahukan kehadiran pada saat datang dan pulang. Bahkan beberapa perusahaan menerapkan absen pada saat keluar istirahat dan masuk kembali.

WFH memiliki konsep untuk bekerja aktif dari rumah. Segala kegiatan/tugas individu yang biasanya diselesaikan di kantor/perusahaan wajib dikerjakan dari rumah. Jika ada tugas yang berhubungan dengan atasan, rekan kerja atau kelompok yang lebih luas, maka dapat dikomunikasikan melalui platform pertemuan rapat secara digital melalui media Zoom dan Google Meet.

Menerapkan WFH dapat menimbulkan keuntunagn dan memiliki beberapa kekurangan. Ada beberapa keuntungan dari Work From Home ini, yaitu :

  • Bebas Berekspresi
  • Fleksibel
  • Work Life Balance
  • Dekat Dengan Keluarga
  • Terhindar Dari Gangguan Lingkungan Kerja

Kekurangan dari Work Frome Home, yaitu :

  • Miskomunikasi
  • Sulit Berkonsentrasi Di Lingkungan Keluarga
  • Keamanan Data
  • Lack Of Information
  • Operasional Individu Meningkat

WFH sendiri adalah pilihan pemerintah untuk menahan laju mobilitas orang sehingga juga memperkecil risiko terjadinya kerumunan. Namun, persiapan dan kenyataan dari janji pemerintah tidak selalu berbanding lurus, beberapa fasilitas yang dijanjikan mungkin tidak bisa kita nikmati, malah menambah pengeluaran pribadi para karyawan/ti. Apakah sebaiknya WFO saja? * * * Silahkan Mengisi Pollingnya GanSis

3 Artis Cantik dan Seksi yang Dulunya Terkenal dan…

Dzargon – Jumpa lagi dengan ane di forum kaskus ini, tempat tongkrongan golongan orang-orang senang donk. Nah di kesempatan kali ini ane mau bahas...
Admin
1 min read

Sisi Gelap Kehidupan Di Kota Metropolitan Jakarta

Dzargon – Jumpa lagi dengan ane di tongkrongan orang-orang senang, dimana lagi kalau bukan kaskus tempat nya. Nah kali ini ane mau berbagi pengalaman...
Admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *