Sensor Kamera 108 MP Milik Samsung Segera Meluncur

1 min read

Kantor Samsung
Dzargon – Kecanggihan teknologi khususnya kamera smartphone kian berkembang, misalnya fitur filter Quad Bayer. Fitur Quad Bayer ini merupakan mosaik warna warni dari filter merah, biru, dan hijau yang memungkinkan sensor kamera untuk mengambil gambar berwarna. Teknologi bergantung bawa jumlah cahaya yang ditangkap sensor, jika cahaya tidak cukup maka hasil gambar yang diperoleh hanya hitam putih saja.
Filter Quad Bayer memiliki sensor belakang memiliki empat piksel di belakang setiap kotak warna , tidak hanya satu. Debut pertama kali dengan smartphone milik Huawei seri P20 Pro, Mate 20 Pro, dan Mate 20 X dengan resolusi kamera hingga 40 MP  yang menjadi awal mula berkembangnya fitur quad bayer.
Belakangan ini yang paling populer ada sensor kamera beresolusi 48 MP. Minggu kedua Bulan Agustus ini Realme dan Redmi sudah merilis smartphone dengan fitur quad bayer beresolusi hingga 64 MP. Seakan tak mau kalah dengan pabrikan China yang mendominasi Pasar, Produsen smartphone asal Negeri Ginseng, Samsung, kini akan meluncurkan ponsel dengan resolusi sensor kamera hingga 108 MP.
Bulan Agustus 2019, Samsung akan segera merilis smartphonenya dengan resolusi kamera 108 MP ini. Sebenarnya, Kamera ponsel beresolusi 108 MP ini sudah lama direncanakan Samsung rilis di tahun 2020, entah mengapa jadwal perilisannya dipercepat oleh Samsung.
Bocoran mengenai jadwal dilirisnya ponsel pintar dibagikan oleh seorang informan terpercaya dengan cara membagikan salah satu slide presentasi demo produk miliki Xiaomi yang disematkan sensor kamera ISOCELL milik Samsung pada ponsel Mi Mix 4.
Sepertinya kamera bersensor 108 MP ini akan debut pertama kali bersama ponsel pintar milik Xiaomi yaitu Mi Mix 4 yang rencananya akan segera meluncur di pasaran setidaknya di pasar China pada kuartal akhir tahun ini.
Secara normal lensa kamera  108 MP akan dapat menjebret gambar dengan resolusi 27 MP menggunakan lensa kamera pixel binning. Kebenaran mengenai kemungkinan menjebret gambar menggunakan lensa 108 MP resolusi 12032 x 9024 dapt dilakukan dengan normal atau tidak.
Kabarnya, ponsel dengan mode Pro yang dapat mengeksekusi hal ini. Untuk sekarang ini, fitur quad bayer telah dimodifikasi agar dapat menjebret foto ¼ dari resolusi aslinya dengan cara mengkonversi empat piksel menjadi satu piksel agar detai gambar lebih meningkat.

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *