Perbadaan Antara Ikan cupang Hias dan Cupang Petarung

1 min read

Ikan Cupang Red Dragon Half Moon

Dzargon. Bagi para pecinta ikan cupang sudah pasti bisa dengan mudah membedakan antara cupang hias dan cupang petarung. Akan tetap hal ini terkadang sulit dilakukan bagi para pemula yang baru ingin memelihara ikan cupang.

Ikan cupang memang sejatinya dilahirkan sebagai ikan petarung, sifatnya agresif membuat ikan ini sangat mudah diadu.Hanya saja ada beberapa jenis dari spesies ikan cupang yang relatif lebih tahan banting dibanding spesies lainnya.

Ikan cupang petarung tidak harus bertubuh besar, karena Ikac Cupang jenis Giant. Ukuran ikan Cupang Giant lebih besar dari umumnya bahkan bsia sampai tiga kali ukuran cupang normal, namun ikan cupang ini tidak begitu kuat bertarung. Staminanya kurang dan giginya tidak begitu tajam.

Agar lebih jelas, berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membedakan antara ikan cupang petarung dan hias.

Ciri-ciri fisik dari cupang petarung atau cupang aduan

Cupang adu yang beredar dipasaran kebanyakan adalah hasil persilangan antara cupang dari jenis Betta splendens, Betta imbellis, Betta mahachai. Ketiga cupang ini memiliki kondisi badang yang kuat dan juga gigi gigi yang tajam oleh karena sering dijadikan sebagai ikan cupang aduan, meskipun seluruh ikan cupang pada dasarnya suka di adu, namun jika anda berniat untuk membeli cupang aduan sebaiknya perhatikan ciri-ciri ini

  1. Bentuk cupang aduan memiliki bentuk yang tegas, lebar dan leher ikan yang besar. 
  2. Pada bagian ekor cupang aduan memiliki bentuk yang lebih kecil dari kepalanya. Bentuk membuat gerakan ikan cupang menjadi lincah.
  3. Ikan cupang cenderung bergerak secara agresif tidak lamban atau perlahan seperti ikan cupang hias. Namun perlu juga diperhatikan jika terlalu agresif bisa jadi ikan cupang tersebut stress
  4. Bibir ikan cupang tampak tebal karena gigi di dalamnya juga lebar dan tebal. Hal ini bisa dilihat dari bentuk mulut yang selalu tertutup dan tidak menganga.
  5. Ekor pendek dan cenderung bulat.
  6. Warna ikan cupang petarung lebih gelap dari cupang hias.
Perbadaan Antara Ikan cupang Hias dan Cupang Petarung

Ciri-ciri fisik Ikan Cupang Hias

Sekilas ciri-ciri fisik dari cupang hias langsung dapat dilihat dari bentuk sirip ekor yang indah dan panjang. Jika ikan cupang petarung anda memiliki bentuk tubuh yang indah yah bisa dijadikan ikan cupang hias saja sayang kan karena setiap kali bertarung ikan cupang aduan akan kehialangan keindahan tubuhnya seperti ekor, gigi dan juga sisik. Tidak jarang ikan cupang aduan kehilangan matanya pada saat pertarungan.

  1. Bentuk sirip dan ekor ikan cupang hias menjuntai panjang.
  2. Struktur tulang pada bagian ekor terlihat tegas dan memiliki ciri khas yang unik
  3. Warna tubuh penuh warna dan tidak kusam namun tidak sehitam cupang aduan
  4. Gerakan cenderung tenang, selalu mengibaskan sirip dan tidak agresif
  5. Pada saat bertemu dengan cupang jantang lain bentuk sirip ekor langsung terlihat secara sempurna
  6. Ikan cupang Hias memiliki banyak variasi warna bahkan pada bagian badan ikan
  7. Ikan fancy adalah jeniskan hias dengan harga mahal, ciri-cirinya warna kulit terdiri dari tiga warna yakni biru, merah terang dan putih. Meskipun ekornya pendek sangat sayang jika ikan dijadikan ikan cupang aduan.
Perbadaan Antara Ikan cupang Hias dan Cupang Petarung HIas Fancy

Meskipun ikan cupang memiliki hobi bertarung, namun sebaiknya jangan terlalu sering mengadu ikan cupang karena dari segi warnanya saja sudah indah dan dapat dinikmati.

Pada setiap pertaungan ikan cupang, ikan cupang akan kehialngan gigi dan beberapa sisik yang tentu sangat membuat ikan menderita oleh karena pelihara ikan cupang untuk keperluan ikan hias jauh lebih baik 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *