OS Hongmeng Milik Huawei Rilis Pekan ini

1 min read

Huawei
Dzargon – Pentingnya sistem operasi bagi Android tidak dapat dipungkiri. Tentu saja hal ini di sadari oleh pihak Huawei hingga mengembang suatu sistem informasi besutannya sendiri, Hongmeng OS.

Jika Android OS banyak menghiasi smartphone pada umumnya, kali ini Hongmeng akan memperkuat performa Huawei. Walaupun demikian, kenyataannya CEO Huawei memnyangkal bahwah sistem operasi besutannya ini akan menggantikan posisi OS Android milik Google.

Dilansir dari The Verge (7/8/2019), Salah satu flagship China yang sempat di blacklist di Pasar Amerika ini akan memboyong Hongmeng OSnya pada perhelatan Pengembangan Huawei pada 9 Agustus mendatang yang diselengarakan di Dongguan, China.

Menurut pengakuan Pihak Huawei, Hongmeng OS ini bukan diperuntukkan untuk smartphone, melainkan untuk smarttelevision yang diusung oleh teknologi IoT. Produk yang akan menjajal sistem operasi ini pertama kali adalah Televisi pintar milik Honor, dilansir dari laporan Reuters.

Kabar ini pun membuat opini baru mengenai perbandingan Hongmeng OS dengan Fuchsia OS yang saat ini dalam masa pengembangan oleh pihak Google dalam memberikan performa lebih baik lagi perangkat yang dukung oleh teknologi IoT.

Diketahui bahwa Fuchsia OS milik Google dirancang untuk mendukung segala bentuk perangkat yang menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan Hongmeng OS dalam mendukung segala jenis perangkat.

Hongmeng yang didesain dengan konsep mikrokernel sehingga memungkinkan untuk lebih memfasilitasi produk dengan kemampuan kecerdasan buatan dan dapat dioperasikan di berbagai platform.

Walaupun menurut pernyataan CEO Huawei bahwa Hongmeng OS hanya digunakan untuk teknologi IoT, tetapi ada kemungkinan di masa depan Hongmeng OS ini akan digunakan untuk mendukung sistem operasi ponsel pintar milik Huawei.

Saat ini, Huawei sedang sibuk melakukan uji coba produknya pada smartphone. Jika ini berhasil, maka kemungkinan smartphone yang akan dibekali sistem oprasi Hongmeng ini adalah Huawei Mate 30 Pro yang dijadwalkan akan rilis pada penghujung tahun 2019 ini.

Dalam acara peluncuran 5G di Tiongkok, Richard Yu selaku CEO Huawei sempat membagikan bocoran mengenai keperuntukkan Hongmeng OS nya.

“TV dengan layar pintar akan menjadi perangkat pertama yang akan dijajal oleh OS Hongmeng buatan perussahaan kami yang akan segera meluncur bulan depan di pasaran,” ungkapnya.

Walaupun demikian pihak Huawei sendiri belum memberikan penyataan lebih lanjut mengenai Hongmeng OS  hingga hari ini.

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *