Mengenal Nano Aquascape yang Minimalis dan Super Murah

1 min read

Nano Aquascape ukuran kecil yang indah

Dzargon – Nano Aquascape adalah Aquascape dengan tanki kecil yang volume airnya kurang dari 20 liter. Nano Aquascape ini menjadi salah satu trend Aquascape yang kini banyak digemari.

Hal ini terlihat dari semakin banyaknya toko-toko yang menyediakan perlengkapan memelihara hewan dan tumbuhan dalam tanki kaca. JIka tidak percaya, silahkan cek deh di Market Place Fecebook, kamu bakalan takjub jika ternyata di kota kamu ada beberapa orang menjual ikan hias jenis Afrika atau ikan Guppy yang unik-unik.

Penyebab trend ini tentu saja karena Aquascape dianggap menjadi salah satu pelepas penat di tengah padatnya kehidupan kota dan pekerjaan yang menumpuk. Hijaunya tanaman dan aktifitas ikan menjadi salah satu spot yang membuat kita bisa melupakan sejenak masalah yang ada. Aquascape memang sangat efektif menjadi spot relaksasi dan hiburan sederhana di rumah sendiri.

Handalnya karena semakin banyak yang jualan peralatan Aquascape, hal ini membuat ukuran Aquascape sudah bukan masalah lagi. Bahkan kita bisa membuat Aquascape untuk ukuran nano atau ukuran super kecil. Sangking kecilnya jika bisa bawa kemana-mana.

Nano Aquascape adalah Aquascape yang diset pada tangki ukuran kurang dari 20 cm, jadi kalau di total mala volume tidak lebih dari 20 cm x 20 cm x 20 xm = 8.000 cm3 atau kurang dari 8 liter air. Isinya pun terbilang sederhana karena tanaman yang bisa tumbuh baik pada ukuran tersebut paling jenis Bryophyta atau lumut-lumutan seperti Java Most atau Carpet Plant yang bibitnya di jual 8.000 rupiah perbotolnya.

Sedangkan untuk Bioloadnya paling banter isinya Udang hias seperti Red Cherry Shrimp. Beberapa ekor Guppy juga bisa kok di masukkan kedalam Nano Aquascape. Jika mau Biodeversity-nya lebih tinggi, beberapa ekor keong sebagai Cleaner juga cantikkok.

Selain dari ukuran yang kecil, Bajet yang dikelaurkan untuk membuat Nano Aquascape juag terbilang murah kok. Sebut saja Tangki Aquarium panjang terlebar 20 cm bisa didapatkan dengan harga 10 sampai 20 ribu rupiah. Coba bandingkan dengan tanki ukuran 100 cm yang keterbalan kacanya harus 8 mm, bisa mencapai 1.500.000 rupiah.

Karena ukuran kecil, filter gantung saja sudah cukup bahkan untuk jenis mesin Amara 500 dan 501 saja sudah cukup Dua jenis mesin FIlter ini dijual dengan harga kurang dari 65.000 rupiah. Yah paling banyak kamu hanya perlu merogoh kocekmu 250 rupiah sudah sangat lengkap termasuk jenis lampunya.

Nano Aquascape Keren dengan satu ekor ikan cupang

Jadi sangat menarik bukan? Untuk ide, desian dan konsepnya kamu bisa cek di Google kok atau di Instagram biar lebih banyak inspirasi dalam setting Nano Aquascape kamu. Hanya saja karena ukurannya yang mini membuat Parameter air jadi sulit diautr sehingga kamu harus sering-sering ganti air. Toh volumenya kurang dari 8 liter kok, jadi mudah. Hal ini juga memembuat Nani Aquascape tidak masuk kategori Lowtech Natural Aquascape, meskipun biaya pembuatan terbilang murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *