Mengapa Air Laut Tidak Boleh Diminum?

1 min read

Dzargon – Pernahkah anda mendengar manusia kekurangan air bersih untuk dijadikan air minum? Kalau memang pernah mungkin anda heran dengan pernyataan bahwa 70 persen pemukaan Bumi dipenuhi oleh air.

Yah tentu saja hampir 100 % dari 70 % tersebut adalah air laut, sisanya mungkin terismpan sebagai Air Danau, Air Bawah Tanah dan Air di sungai. Jumlah air sedikit ini yang bisa diminum sedangkan air luat tidak boleh diminum.

Mengapa Air Laut Tidak Boleh Diminum?

Pada dasarnya air laut sebenarnya bisa diminum dan manusia tidak akan langusng mati ketika meminum air laut, seperti pada saat kita tidak sengaja meminum air laut ketika asik bermain air di pantai. Hanya saja kandungan garam yang tinggi pada air laut membuat Fungsi Air tidak bisa digantikan dengan air laut.

Dengan kata lain manusia membutuhkan sejumlah air bergantung dari kondisi tubuhnya, namuan rata-rata membutuhkan air minum sebanyak 2 liter/hari. Meminum 2 Liter Air Laut sehari berarti anda tetap butuh air minum 2 Liter atau bahkan lebih karena air laut yang ada dalam tubuh tidak sehat.

Dampak meminum Air laut

Air Laut memiliki tingkat keasinan 4 kali lebih asin dibandingkan cairan yang ada di tubuh manusia. meminum Air laut akan membuat larutan air dalam tubuh menjadi lebih kental dan akan menggangu kinerja sel dan organ tubuh manusia.

Hal ini membuat tubuh memberi sinyal ke otak jika Cairan dalam tubuh terlalu kental dengan garam dan harus segera di encerkan. Perintah ini akan diterjemahkan oleh otak sebagai rasa haus dan membuat orang akan ingin minum lagi.

Apa Jadinya Jika Kita Terus Menerus Minum Air Laut

Jika perintah haus dari otak ini diterjamahkan oleh rasional kita untuk meminum air laut lagi maka Hal ini akan berskilus dan kita akan terus menerus merasa haus.

Parahnya, dampak meminum air laut membuat kinerja Ginjal semakin berat karena fungsi utama ginjal adalah membuat zat berlebih seperti garam keluar dari tubuh. Ginjal akan mengeluarkan banyak cairan untuk membuang garam-garam tersebut dan membuat tbuh kita semakin dehidrasi.

Jika dehidrasi ini dibiarkan terus menerus Sistem Ginjal akan rusak dan akan berujung pada kematian. Jadi sebaiknya hindari minum Air Garam mending minum Air Mineral alami tanpa garam saja.

Lantas, kenapa Ikan baik-baik saja?

Pertama Karena mereka adalah ikan dan kita manusia, oleh karena itu ikan akan baik-baik saja meminum air yang memiliki banyak garam.

Ikan laut memiliki sistem sekresi yang berbeda dengan manusia, sebut saja ingsang yang berfungsi menfilter garam yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Air yang sudah disaring melalui insang yan memiliki kandungan garam yang sedikit yang selanjutnya akan masuk ke ikan.

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *