Manfaat Tanaman Java Moss Bagi Udang Aquascape

1 min read

Java Moss dan udang di Dalam Tanki Aquascape Taxiphyllum barbieri

Dzargon – Jika kamu memiliki beberapa ekor udang di Aquarium kamu maka jangan ragu untuk menanam Taxiphyllum barbieri atau yang lebih dikenal dengan nama Java Moss. Kalau kalian pergi ke toko Aquasqape cukup bilang moss saja mereka sudah mengerti kok.

Java Moss sebernanya adalah tanaman wajib untuk yang memiliki banyak udang dalam tanki Aquaspace mereka, selain memeperindah tanki, Java Moss juga bisa menjadi tempat sembunyi udang. Ingat udang berada di rantai paling bawah rantai makanan, makanya jangan heran jika udang yang ada di Aquascape sering terlihat berada di balik batu, sekalipun tidak ada pemangsanya di sana.

Merawat Java Moss

Java Moss menjadi salah satu tanaman yang mudah di rawat karean tidak membutuhkan penanganan khusus seperti injek CO2. Tanaman ini juga hanya membutuhkan sedikit cahaya dan nutrisi. Banyak yang menyebut put and forget, karena kita cukup menaruhnya di dalam tanki lalu biarkan begitu saja. Tanaman ini akan tumbuh degan sendirinya.

Tanaman ini bisa dengan mudah meleat di kayu, batu dan lantasi dasar Aquascape. Cara melekatnya pun terbilang mudah, cukup dengan lem dengan mengguakan Superglue cepat kering. Bahasa sininya disebut lem Korea. Jika jumlah udang tidak cukup banyak maka kemungkinan kamu harus rutin melakukan pemangkasan, yah munkin dua bulan sekali, namun jumlah udangnya cukup banyak. Ekosistem Aquascape akan teratur dengan sendirinya.

Kerakteristik Java Moss

Tingkat Kesulitan : Sangat Mudah
Ligthing : Rendah
Penempatan : Dimana saja
Suhu : 17°C – 30°C
pH (Keasaaman ) : 5 – 8

Baca Juga : Cara Merawat Java Moss

Kegunaan Jawa Moss

JaVa mos memiliki banyak manfaat bagi para pecinta udang terutama bagi mereka yang sudah dengan udang.

Java mos sangat banyak dijadikan bahan dekorasi aquascape mulai menjadi rumput sampia dijadikan daun bagi tanaman bonsai buatan. Bentuk morfologi tanaman ini sangat efektif mengurangi arus air sehingga banyak udang dan ikan kecil akan berkeliraran di dekatnya. Tujuannya untuk melindungi diri dari predator.

Java Moss juga dijadikan sebagai tempat berkembang biak Udang dan ikan kecil. Jika kalian perhatikan ada Udang kecil di sekitar Java Moss atau masuk ke semak-semaknya, kemungkinan besar dia sedang berusaha berkembang biak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *