Cara Menanam dan Merawat Java Moss – Aquascape Aquatic Plant

1 min read

Tanaman Java Moss yang melekat di batu

Dzargon – Java Moss adalah tanaman sejenis lumut yang memiliki nama ilmiah Taxiphyllum barbieri. Tanaman ini sangat banyak disukai oleh para pecinta aquascape karena metode perawatan terbilang mudah. Tanaman terbilang mudah ditanam dan menghasilkan kesan tanaman pendek yang estetik di komposisi aquascape.

Java moss menjadi salah satu tanaman yang tidak butuh injeksi Carbon Dioksida dan kebutuhan cahaya yang rendah sehingga konsep Aquascape Low Tech juga bisa menggunakan Java moss. Hal ini disebabkan daya adaptasi tanaman dari kelas Bryophyta yang sangat tinggi terhadap perubahan kondisi lingkungan.

Kendati demikian daya tumbuh tanaman ini terbilang cukup rendah. Tanaman ini memiliki bentuk berbuku-buku sehingga memudahkan untuk ditanama diaman buku tersebut bisa tumbuh menjadi tanaman baru.

Peran udang pada tanaman Java Moss

Cara Menanam Java Moss

  1. Siapkan bibit java moss bisa dari tanaman induk yang dipotong atau dalam bentuk gumpalan.
  2. Lekatkan pada bagian yang ingin ditanami seperti batang kayu atau batu. Jika sulit, bisa dibantuk dengan lem Korea dan jumlah sedikit.
  3. Letakkan pada aquarium yang dinginkan. Semua daun java moss adalah aquatic leaves.

Perawat Java Mos

Java Mos cukup dirata dengan beberapa langkah sederhana, yakni :

  1. Wajib gunakan mesin air yang mengalir agar parameter air bisa terjaga.
  2. Beri pupuk cair yang dilarutkan dalam air
  3. Pangkas java moss jika terlihat sudah cukup tua. Biasanya ditandai dengan daun berana coklat.
  4. Taruh beberapa ekor udang kecil untuk membersihkan daun java moss dari serangan alga.
Tanaman Bonsai Aquascape dengan daun Java Mosss

Java Mos adalah tanaman yang memiliki banyak kegunaan. Selain sebagai pakan Udang dan penyumbang Oksigen di dalam Aquarium, tanaman ini bisa dengan mudah di bentuk menjadi dekorasi aquascape seperti daun pada bonsai Aquascape yang mayoritas menggunakan Java Moss.

Tips : Sebaiknya cuci Java Moss sebelum ditanam karena ada kemungkin beberapa butir telur siput dan cacing juga ikut ke dalam aquascape sehingga bisa mengundang hama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *