Manfaat dan Efek Minuman Kopi bagi Kesehatan Tubuh Manusia

2 min read

Jenis dan cara menyajikan kopi

Dzargon. Minuman yang terbuat dari ektrak biji yang digiling dan dijadikan minuman berwarna hitam ini memang memiliki banyak penggemar. Rasa dan wangi khas dari Kopi membuatnya memiliki penggemar dibelahan dunia manapun di dunia.

Minuman yang menjadi teman duduk dan ngobrol paling akrab ini memiliki cita rasa khas selain itu seseorang meminum kopi dengan tujuan memanfaatkan kahsiat dari kandungan kafein yang terkandung dalam secangkir kopi. Yah apalagi jik abukan menjadi teman begadang yang paling baik.

Selain menjadi teman begadang yang baik ternyata kopi juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh anda namun tetap saja aturan umum berlaku, apa saja yang berlebih itu tidak baik mari kita simak beberapa manfaat dari kopi bagi tubuh manusia versi Dzargon. Selain baca juga artikel cara membuat kopi yang baik.

1. Mengurangi resiko Diabetes

Secangkir kopi hangat mengandung sebuah zat yang dikenal dengan nama klorogenat. Kandungan ini merangsang kinerja kelenjar dalam memproduksi peningkatan Insulin yang merubah kadar gula dalam darah.

Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 yang menemukan bahwa rutin meminum kopi setiap hari menurunkan resiko terserang diabetes hingga 50 % yang dipublikasikan dalam JAFC atau Journal of Agricultural and Food Chemistry.  

2. Menurunkan Resiko Kanker

Kopi memiliki sejenis zat karsinogen yang berperan besar dalam penurunan resiko kanker, lever, kanker usus besar, kanker Prostat, dan kanker payudara. Selain dari Karsinogen, Kopi juga mengandung antioksidan yang membantu proses pengeluaran racun keluar dari tubuh melalui proses detoksifikasi alami dalam tubuh.

Sebuah hasil penelitian di jepang menunjukkan bahwa dua gelas kopi sehari membuat sejumlah wanita mengalami pengurangan kanker usus besar hingga 25 %, sejalan dengan penelitian, sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia juga menunjukkan menurunkan dampak resiko penyakit kanker jika menkonsumsi 2 sampai 3 cangkir kopi dalam sehari.  

3. Minuman energy Drink Alami

Sudah menjadi pengetahuan umum jika kopi adalah minuman dengan sumber cafein yang sangat tinggi yang dapat meransang jantung dan zat adenosine dalam tubuh. Adenosine adlaah senyawa yang menurunkan kinerja sel sehingga menghasilkan efek lelah meskipun tubuh masih memiliki banyak energy.

Cafein dalam kopi melawan zat adenosine dan meberikan sinyal bahwa tubuh memiliki energy lebih sehingga seseorang dapat segar lebih lama, hanya saja hal tidak begitu baik dilakukan dalam jangka panjang karena tubuh tidak mengetahui kapan seseorang betul betul kekurangan energi.  

4. Meningkatkan Mood dan Depresi

Beberapa orang mengaku mengalami peningkatan mood yang siginifikan setelah menikmati segelas kopi. Para ahli berdependapat bahwa hal ini disebabkan oleh antioksidan dari kopi yang berfungsi meningkatkan konsentrasi dan jug amemberikan kolerasi yang kuat terhadap keceriaan. Meskipun demikian penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian behavioristik murni yang menanyakan pendapat.

Dampaknya pada tahun 2011 sebuah hasil studi menunjukkan bahwa wanita yang meminum kopi 2 sampai 3 cangkir kopi dalam sehari terbukti mampu menurunkan tingkat depresi hingga 15 % daripada wanita yang tidak menkonsumsi kopi sama sekali.  

5. Menjaga Kesehatan

Kopi memiliki efek sebagai obat kumur yang baik karena dapat menyembuhkan gigi berlubang dan mencegah pembentukan plak dan karam pada gigi. Meminum kopi juga dapan mengobati infeksi pada gusi dan juga resiko kanker mulut yang sangat baik dan ramah terhadap penikmat kopi.

6. Mengurangi Resiko Serangan Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer adalah penyakti yang serin gmenimpa orang tua yang berusia di atas 65 tahun di Indonesia sendiri diberi nama pikun. Sebuah penelitian yang dilakukan Radiological Society of North America menemukan bahwa menkonsumsi 2 atau 3 cangkir minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan reaksi dan ingatan seseorang.

Penelitian lebih lanjtu dilakukan 2 tahun selanjutnya menemukan bahwa 3 cangkir kopi sehari yang dikonsumsi manula berusia 65 tahun akan meningkatkan daya ingat dibandingkan mereka yang tidak menkonsumsi kopi.  

7. Mengurangi Resiko Liver

Kopi adalah minuman yang sangat baik dalam mencegah kerusakan hati dan juga mencegah gangguan fungsi hati seperti penyakit liver. Antioksidan serta kandungan cafein yang tinggi dalam kopi ditengarai memiliki effek yang baik pada pertumbuhan dan regenerasi sel hati.

8. Mencegah Batu Ginjal

Harvard University melakukan sebuah penelitian terkait wanita yang menkonsumsi 4 cangkir kopi setiap hari terbukti mengurangi serangan batu Ginjal berkurang hingga 25 %. Selian Harvard ada banyak lembaga kesehatan sejenis yang melalukan penelitian dan menemukan hasil yang sama.

9. Mencegah Serangan Penyakit Jantung dan Menurunkan Resiko Stroke

Salah dampak yang paling baik dari kopi adalah kemampuan dalam melawan penyebab penyakit serangan jantung dna juga resiko Stroke. Hasil penelitian yang dilakukan Universitas California – San Fransisco menunjukkan bahwa cafeein pada minuman kopi tidak menyebakan ganguan detak jantung manusia.

Hasil ini didapatkan setelah sampel sebanyak 1.388 orang dengan usia rata0rata 72 tahun. 60 % orang tua lebih dari 72 tahun yang meminum kopi tidak ditemukan peningkatan resiko penyakit gagal jantung, penyempitan pembuluh darah dan juag jantung coroner.

10. Meminum Kopi Mempertajam Ingatan

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Radiological of North America menujukkan hasil yang positif terhadap penikmat kopi yang meminum kopi lebih dari dua cangkir sehari.

Cafein memberikan manfaat yang baik terhadap ingatan jangka panjang dan juga ingatan jangka pendek. Hal yang unik ternyata hal ini hanya berlaku bagi kaum wanita sedangkan untuk kaum pria tidak sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *