Lesung Pipi – Cacat Anatomi Wajah yang Buat Kamu jadi Manis

1 min read

Nasyla Marcella artis cantik dan manis rambut Keriting dan senyum manis

Dzargon – Teman dengan lesung pipi di wajah mereka seperti memiliki senyum yang lebih manis dan imut ya. Paling tidak, imej tersebut hampir berlaku umum di Indonesia. Tapi kok hanya sebagian orang punya lesung di pipi mereka ya?

Apa itu Lesung Pipit?

Lsung pipih adalah lekukan yang terbentuk di bagian waha biasanya bagian pipi. Lekukan ini paling jelas terbentuk saat seseorang tersenyum, sehingga bagian daerah pipi mereka akan masuk membentuk lesung di masing masing pipi.

Meskipun membuat kamu cantik dan lebih manis saat tersenyum dengan lesung pipimu, namun percayalah lesung pipi bukanlah sebuah kelebihan. Paling tidak hal ini berdasarkan teori anatomi tubuh.

Lesung pipi adalah cacat wajah yang dikenal dengan sebutan Deformitas otot wajah. Deformitas sendiri adalah perubahan struktur tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan fungsi atau kestabilan otot saat berkontraksi atau berelaksasi.

Penyebanya tentu saja bisa alami dan juga bisa buatan. Untuk proses alami disebabkan oleh kegagalan DNA memberikan informasi ke oran tubuh sehingga berkembang berbeda dari seharusnya.

Kembali ke masalah awal, Lesung Pipi terjadi karena deformtitas terjadi di otot pipi manusia yang disebut zygomaticus major. Otot ini membentang dari tulang pipi ke tulang rahan bagian dekat bibir.

zygomaticus major otot pipi penyebba kesung pipi

Umunya manusia hanya punya satu otot zygomaticus major di sisi kiri dan kanan, namun untuk kasus manusia berlesung pipi, otot terbagi menjadi dua bagian. Bentuk belahan dari otot inilah yang menentukan karakter dari lesung pipi. Meskipun masuk dalam kategori Deformatis, namun lesung pipi tidak mengurangi fungsi kerja ototo wajah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka Lesung pipi bisa dikategorikan sebagai salah satu cacat wajah yang muncul akibat dari kelainan genetika. Jenis dari cekukan di pipi ini juga ada banyak macam terkadang hanya muncul di satu pipi atau bisa jadi lebih dari satu lesung di setiap pipinya.

senyum menawan artis cantik dan manis Alessia Soebandono

Jumlah Manusia berlesung pipi.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh The Daily Health, terdapat 20 % populasi bumi memiliki lesung pipi, jadi fenomena ini tidak termasuk langka.

Lesung pipi yang terbentuk secara alami itu sebabkan kelainan gen yang dibawa dari gen resesif. Artinya lesung pipi tidak akan muncul jika gen hanya muncul 1. Agar lebih jelas, Masih ingat dengan teori mendel?

Misalanya gen pipi seorang dibagi ke dalam tiga jenis berdarakn kombinasi letat dan resesif. Sebut simbol Lesung pipi itu p (huruf kecil)

GenPPPppp
WajahNormalNormalLesung Pipi

Jika ibu kita memiliki wajah normal, bukan berarti anaknya tidak bisa memiliki lesung pipi karena ada kemungkinan masuk di kategori Pp, dan jika ayah kita berasal kategori Pp, maka ada kemungkinan 25 % anak kita memiliki lesung pipi, namun jika ayah kita dari PP, maka tidak mungkin anak kita berlesung pipi.

Jika Ibu kita Normal Pp, sedangkan ayah kita adalah pp, maka anaknya memiliki peluang 50 % berlesung pipi, begitu jika orang tua kita ke duanya berlesung pipi, maka anaknya akan memiliki lesung pipi.

Ribet? Gak sudha dipikirkan, toh ini juga bukan artikel ilmiah. Ini hanya memberikan penjelasan mengenai apa itu lesung pipi dan mengapa seseorang bisa memiliki lesung pipi secara alami.

Akhir Kata

Nah sudah tahukan mengapa seorang anak bisa memiliki lesung pipi? Jadi tidak pelru percaya mitos lagi yah jika anak kamu tusuk-tusuk dengan cabai waktu bakalan memiliki lesung pipi. ketika besar. Kemungkinan pasti 0, kecuali kamu tusuk pakai pisau dan bisa merobek otot zygomaticus major secara permanen.

Tidak hanya lesung pipi yang didapatkan, bisa juga berpotensi cacat seumur hidup. Jadi tidak usah dilakukan, toh setiap anak itu punya kecantikan alaminya sejak lahir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *