Circular Reasoning – Jenis Logical Fallacy Paling Menyebalkan

2 min read

Cowok Bingung dengan Circular reasoning

Circular reasoning atau Penalaran Melingkar adalah salah satu jenis kesalaha logika (Logical Fallacy) dimana sebuah Promise akan berhakri ke promis baru bukannya ke kesimpulan. Bahkan premis yang disampaikan terkadang bertolak belakang dengan premis yang pertama.

Contoh dari Circular reasoning :

Jangan bingungkan saya dengan fakta karena saya sudah memahami-nya.

Kegagalan dan pernyataan di atas adalah dia takut dibingungkan oleh fakta padahal menurut dia sendiri sudah paham dengan masalahnya. Jika dia sudah paham masalanya maka dia sebenarnya tidak perlu khawatir dengan fakta lain.

Contoh lain misalnya :

Bible adalah catatan sejarah yang benar. Ayat di dalamnya mengatakan bahwa kitab ini adalah firman tuhan.

Nah dalam kasus ini Bible di ragukan keasliannya namun hal yang digunakan untuk meyakinkan adalah ayat yang ada di dalam Al Kitab.

Tipikal Lawan Debat Menyebalkan

Salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah berdebat di forum maupun di Facebook adalah melawan orang yang cacat logika. Apalagi lawan yang tidak sadar kalau dia menjatuhan pendapat sendiri namun tetap merasa paling benar.

Meme Lucu Cari kerja Logikal Falasi

Logical Fallacy itu sebernanya ada beberapa jenis, selaian dari Circular Reasoning. Misalnya saha Ad Hominem. Ad Hominem sendiri adalah kelakukan lawan debat yang lebih memilih menjelekkan atau mengejek lawan bicaranya dibandingkan dengan menjawab Argumen.

Misalnya nih Ustada Abdul Somad ditolak masuk ke Singapura namun lawan debat justru menjelekkan bentuk fisik Ustad Abdul Somad bukan malah mencari penyebab di cekalnya.

Selain itu ada Straw Man Fallacy yang lebih sulit untuk dideteksi, apalagi ketika emosi sudah mulai memanas. Akan tetapi, asalkan kita memiliki kepala dingin dan jeli membaca perdebatan yang terjadi, straw man fallacy dengan cepat bisa ditunjukkan.

Caranya dengan membandingkan antara argumen asli vs argumen straw man buatan lawan debat.

Kenapa circullar reasoning sangat menjengkelkan?

Buat TS pribadi, circullar reasoning adalah jenis logical fallacy yang paling menjengkelkan, karena sering kali orang yang menggunakan circullar reasoning itu tidak menyadari bahwa dia sedang sesat logika.

Kita bisa berdebat berjam-jam, tanpa orang tersebut sekalipun menyadari kesalahannya.

Bagi dia, logika yang dia gunakan sudah sangat kuat dan tidak tergoyahkan dan circullar reasoning memang memberikan ilusi yang sedemikian rupa. Ilusi itu muncul karena premis dan argumen saling membuktikan dirinya sendiri.

FaQ

Apa sih circullar reasoning itu?

Circullar reasoning adalah ketika seseorang berargumen bahwa sebuah proposisi benar, karena diajukan atas dasar logis yang kuat di atas beberapa premis yang menurut dia dijamin benar

Tentu saja proposisinya hanya akan benar, jika premisnya benar.

Namun ketika didebat untuk membuktikan kebenaran premisnya, maka premis dibuktikan dengan proposisi.

Dalam benak orang itu sendiri, proposisinya adalah benar, karena premisnya benar, sehingga itu artinya premisnya pasti benar karena premisnya benar bila proposisinya benar.

Pusing bacanya?

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Itulah yang menyebabkan, berargumen dengan orang yang tersesat dalam circullar reasoning sangatlah melelahkan.
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
Supaya tidak membingungkan, sepertinya akan lebih mudah kalau kita menggunakan contoh untuk membuktikan circullar reasoning.

Contoh circullar reasoning :

Seorang yang menganut agama kuno dari Mesir mengatakan :

Quote:

“Dunia dan seluruh isinya diciptakan oleh Atum, dewa dari heliopolis. Atum lahir dari kondisi alam semesta yang masih kosong, tidak berbentuk, dan kacau (chaos). Atum tidak dilahirkan dan tidak diciptakan.
Atum lahir dari Nun (chaos), atas usahanya sendiri.”

(proposisi)
Argumen lawan debat :
Apa buktinya kalau Atum itu yang menciptakan alam semesta dan segala isinya?

Quote:

Karena semua itu sudah dituliskan di dalam Kitab : Book of the Dead, dan semua yang tertulis di Book of the Deadpastilah benar, karena Book of the Dead tidak memuat kepalsuan dan hanya kebenaranlah yang tertuliskan di dalam Book of the Dead.

(premis)
Circullar Reasoning, Salah Satu Jenis Logical Fallacy yang Paling Menjengkelkan
Gbr diambil dr www.arce.org

Lawan debat memburu kebenaran dengan bertanya :
Kok bisa yakin bahwa Book of the Dead itu isinya benar?

Quote:

Isi Kitab Book of the Deadbisa dijamin kebenarannya, karena kitab tersebut ditulis dan diturunkan langsung oleh Atum, dewa pertama yang menciptakan alam semesta dan segala isinya.

Dengan kesal lawan debatnya bertanya :
Kok yakin kalau Atum itu ada dan dialah yang menciptakan alam semesta, kemudian menurunkan Kitab Book of the Dead?

Quote:

Atum itu nyata. Dialah pencipta alam semesta, semua kebenaran tentang Atum bisa dibaca di dalam Kitab Book of the Dead.

Sudah paham apa itu circullar reasoning? Belum?

Bagi yang sudah paham, semoga tercerahkan. Bagi yang belum paham setelah membaca contoh di atas, semoga tercerahkan juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.