CEO Apple Kritik Industri Teknologi Yang Sering Buat Rusuh

1 min read

Tim Cook – 9to5mac.com
Dzargon – Tim Cook merupakan CEO Apple yang membeberkan kecaman pedas untuk industri-industri teknologi yang beberapa kali ikut serta dalam kasus. Menurut Cook industri-industri itu harus bertangggung jawab atas kerusuhan yang disebabkan oleh pembaharuan yang dia lakukan.
Teguran yang disampaikan oleh CEO Apple tersebut, saat dirinya menyampaikan orasi di wisuda Stanford University. Meskipun Cook tidak menyebut secara detail atau nama industri itu secara spesifik, dalam orasinya Cook menyebut kebocoran data, pencabulan privasi, dan bukan hanya itu ia juga membuat referensi soal Theranos, startup kesehatan yang polemis.
“Belakangan ini perusahaan tersebut menjadi lebih dikenal dengan pembaharuan yang kurang mulia, keyakinan bahwa kalian dapat mengklaim kredit tanpa menerima tanggung jawab,” ujar CEO Apple itu. 

“Kami melihatnya setiap hari dengan setiap kebocoran data, setiap pencabulan privasi, setiap mata yang beralih ke ujaran kebencian, berita palsu meracuni percakapan nasional, mukjizat palsu dengan setetes darah kalian,” tambahnya.

Hal ini bukan pertama kalinya disampaikan oleh Cook mengenai ideologi kritisnya kepada keamanan data digital. Selain itu Cook juga pernah memberikan kritikan terhadap teknologi raksasa yaitu Facebook dan Google sebab kedekatan mereka atas rumor privasi data pengguna yang beberapa kali menyebabkan skandal.

Memang untuk saat ini sebagai industri teknologi, Apple sudah menjadi privasi sebagai jualan utamanya. Bahkan Apple usai mempromosikan privasi sebagai fitur utama yang dipegang iPhone. Tak hanya menyinggung industri teknologi, namun CEO Apple ini juga memperingatkan kepada lulusan Stanford bahwa pengawasan digital dapat menjatuhkan pembaharuan dan berpeluang untuk hentikan Silicon Vallely sebelum dilakukan atau dimulai.

“Jika kita menerima hal itu secara normal dan tidak terhindarkan bahwa segala sesuatu di hidup kita bisa dikumpulkan, dijual dan bahkan bocor jika terjadi peretasan, maka kita kehilangan lebih banyak daripada data. Kami kehilangan kebebasan untuk menjadi manusia,” ungkap pria berkacamata ini, Tim Cook.

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *