Berikut ini 30 Fakta Tentang Belalang Sembah – Cangcorang

2 min read

Selain memiliki nama Cangcoran, Ada 31 Fakta Tentang Belalang Sembah yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Fakta Seputar Belalang Sembah

  1. Belalang Sembah juga disebut sebagai Belalang Sentadu yang merupakan serangga unik yang memiliki caara berburu paling berbeda diantara spesies belalang yang masih hidup di muka bumi.
  2. Ada sekitar 1.800 spesies Belalang Sembah di seluruh dunia.
  3. Belalang Sembah ditemukan di banyak habitat yang berbeda. Mereka umumnya berada di daerah yang lebih hangat, terutama garis lintang tropis dan subtropis. Sebagian besar spesies hidup di hutan hujan tropis, walaupun yang lain dapat ditemukan di padang pasir, padang rumput dan padang rumput.
  4. Meskipun berbagai jenis Belalang Sembah memiliki rentang kehidupan yang bervariasi, mereka biasanya hanya hidup sampai satu tahun. Dari tahun ini, hanya enam bulan yang dihabiskan ketika dewasa.
  5. Belalang Sembah panjangnya 2,5 sampai 15 sentimeter (1 sampai 6 inci), tergantung pada spesiesnya.
  6. Mereka memiliki enam kaki, dua antena kepala dan segitiga dengan mata melotot yang didukung pada leher yang fleksibel.
  7. Fitur yang paling ditangkap dari Belalang Sembah adalah kaki depannya yang membuat serangga ini terlihat seperti Berdoa. Serangga ini menggunakan kaki depannya untuk menangkap dan menahan mangsanya.
  8. Kebanyakan Belalang Sembah dewasa memiliki sayap (beberapa spesies tidak). Betina biasanya tidak bisa terbang dengan sayapnya, tapi jantan bisa.
  9. Beberapa memiliki bentuk tubuh yang menakjubkan yang membuat mereka terlihat seperti daun, cabang atau bunga.
  10. Hijau adalah warna yang paling umum untuk Belalang Sembah. Namun, itu bisa datang dalam berbagai corak dan warna kecoklatan untuk menyamarkan dirinya di lingkungannya.
  11. Mantis bunga adalah spesies Belalang Sembah yang meniru bunga. Pewarnaan mereka adalah contoh mimikri agresif, bentuk kamuflase di mana warna dan pola predator memikat mangsa. Misalnya, anggre (Hymenopus coronatus) ditandai dengan pewarnaan yang cemerlang dan struktur yang disesuaikan dengan halus untuk kamuflase, meniru bagian bunga anggrek.
  12. Belalang Sembah memiliki 5 mata! Seekor Belalang Sembah memiliki mata majemuk besar, yang mudah Anda perhatikan. Tapi mereka juga memiliki tiga mata kecil yang terletak di tengah kepala mereka. Mata tersebut digunakan untuk mendeteksi cahaya sedangkan mata besar adalah untuk melihat gerakan dan memiliki penglihatan mendalam. Banyak spesies serangga lainnya memiliki konfigurasi lima mata yang sama.
  13. Mereka adalah satu-satunya jenis serangga yang memiliki penglihatan stereo; Itu bisa terlihat dengan dua mata di tempat yang sama sehingga memungkinkan untuk menilai jarak dengan sangat akurat.
  14. Indera pendengaran mereka lemah, tapi sangat spesial di dunia serangga. Hampir semua serangga tidak bisa mendengar seperti kita, mereka hanya bisa merasakan getaran. Tapi Belalang Sembah benar-benar ada satu telinga, di tengah perut mereka, itu bisa merasakan nada tinggi kelelawar!
  15. Mereka bisa memutar kepala mereka 180 derajat-setengah lingkaran utuh. Semua serangga lainnya tidak bisa memalingkan kepala, leher mereka terlalu kaku untuk melakukannya.
  16. Seiring perburuan mereka sangat bergantung pada penglihatan,. Banyak spesies terbang waktu Malam, dan kemudian mungkin tertarik pada lampu buatan.
  17. Belalang Sembah adalah predator dengan diet karnivora. Mereka cenderung menyerang dan menyergap serangga lain yang bisa mereka ambil dengan kaki depan mereka. Begitu mereka mengaitkan kaki mereka, hampir tidak mungkin bagi mangsa untuk melarikan diri. Spesies tertentu mungkin juga memangsa laba-laba, burung kecil, kadal, tikus dan hewan kecil lainnya.
  18. Musim kawin di daerah beriklim sedang biasanya berlangsung di musim gugur, sementara di daerah tropis, perkawinan bisa terjadi kapan saja sepanjang tahun. Setelah melakukan perkawinan seksual, perempuan bertelur antara 10 dan 400 telur, tergantung pada spesiesnya. Telur biasanya diendapkan dalam buih yang diproduksi massal oleh kelenjar di perut. Sayap ini mengeras, menciptakan kapsul pelindung, yang bersamaan dengan massa telur disebut ootheca.
  19. Belalang Sembah melewati tiga tahap kehidupan: telur, nimfa, dan orang dewasa. Untuk spesies yang lebih kecil, telur dapat menetas dalam 3-4 minggu sedangkan 4-6 minggu untuk spesies yang lebih besar.
  20. Predator utama dari Belalang Sembah adalah katak, kelelawar, monyet, burung yang lebih besar, laba-laba dan ular.
  21. Kata mantis (Belalang Sembah) berasal dari mantikos Yunani, untuk peramal atau nabi.
  22. Belalang Sembah dianggap memiliki kekuatan supranatural oleh peradaban awal, termasuk Yunani Kuno, Mesir Kuno, dan Asyur.
  23. Belalang Sembah dianggap sebagai tuhan di tradisi Khoi dan San Afrika Selatan karena posturnya seperti berdoa; Kata untuk mantis/ Belalang Sembah di Afrikaans adalah Hottentotsgot (“dewa Khoi”).
  24. Dua seni bela diri yang dikembangkan secara terpisah di China memiliki strategi pertarungan berdasarkan Belalang Sembah
  25. Banyak tukang kebun dan petani menyambut Belalang Sembah, karena serangga yang mereka makan sering merupakan hama yang menganggu tanaman.
  26. Kerabat Belalang Sembah terdekat adalah rayap dan kecoak.
  27. Belalang Sembah adalah salah satu serangga yang paling sering dipelihara sebagai hewan peliharaan.
  28. The Independent menggambarkan ” Belalang Sembah Asia raksasa” sebagai “serangga tongkat bagian dengan sentuhan biksu Buddha”, dan menyatakan bahwa mereka membutuhkan vivarium sekitar 30 cm (12 inci) di setiap sisinya.
  29. Di dalam Tubuh serangga yang sudah dewasa ada parasit, bentuknya seperti lidi, tapi bisa bergerak.
  30. Kata Kunci yang Sering dicari orang-orang di google untuk Belalang Sembah adalah ” belalang sembah mengeluarkan cacing, belalang sembah masuk rumah pertanda, cerita belalang sembah, ciri khusus belalang sembah, klasifikasi belalang sembah, morfologi belalang sembah, jenis jenis belalang sembah”

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *