Berapa Hari Ikan Cupang Bertahan Tanpa Makan?

1 min read

Ikan Cupang indha dan ekor rombeng panjang

Dzargon – Memberi makan adalah salah satu kewajiban saat memelihara ikan Cupang namun terkadang kita bertemu beberapa kendala yang membuat kita sulit memberikan pakan kepada ikan cupang peliharaan kita.

Misalnya saja pada saat hari sedang hujan yang membuat kita malas mencari jentik nyamuk atau malah harus keluar kota selama beberapa hari namun tidka seorang pun dirumah yang bisa dimintai tolong untuk merawat ikan cupang tersebut.

Tentu saja akan muncul pertanyaan berapa lama ikan cupang bisa tahan hidup tanpa makan?

Tentu saja sangat sulit menjawab pertanyaan ini karena dibutuhkan banyak data yang akurat tentang jenis cupang, usia cupang dan kondisi cupang itu sendiri. Kalau semisal ikan cupang tersebut statusnya memang sedang sakit maka jangan ditingal tanpa makan 5 hari, diberi makan saja, ikan cupang tersebut tetap bakalan mati.

Tapi mari kita sama-sama asumsikan ikan cupang yang dimaksud adalah ikan cupang dewasa dalam keadaan sehat wal afiat. Tidak kudisan, kondisi air bersih dan suhu lingkungan tidak ekstreem tidak seperti di Merkurius atau masih di rawat di Indonesia.

Jawaban dari pertanyaan sebaiknya di jawab berdasarkan pengalaman saja.

Ikan Cupang dari Surabaya ke Makassar

Pada dasarnya di kota saya, sebagian besar ikan cupang yang dijual di pasar Hoby atau sentar ikan cupang dipasok dari wilayah Surabaya. Ikan cupang ini dikirim dalam kontainer yang berisi ikan dalam kantong plastik seukuran es batu.

Ikan cupang dikirm dari Surabaya melalui jalur laut dan dari proses pengiriman sampai naik di atas kapal di pelabuhan Tanjung Perak. Dari Tanjung perak ikan akan membutuhkan waktu sekitar 23 jam sampai di pelabuhan Soekarno Harta Makassar. Lau dari Pelabuhan Makassar butuh waktu paling cepat 15 jam sampai ikan lolos dari balai karantina. Kontainer kemudian dibawah ke gudang ekspedisi dan dari Ekspedisi ikan di jemput oleh penjul ikan.

Jika proses tersebut diakumulasi, maka paling cepat ikan cupang dari pengirim di Surabaya sampai ke Penjual di Makassar paling cepat 4 hari. Hal ini belum ditambah satu hari puasa dari ikan agar tidak banyak poop selama dalam masa pengiriman.

Mengapa ikan harus dipuasakan satu hari sebelum dikirim?

Jawabannya sederhana, karena kotoran ikan termasuk Ikan cupang mengandung amonia yang beracun bagi ikan jika konsentrasinya terlalu tinggi. Kotoran dalam wadah kecil akan jauh lebih berbahaya daripada bahaya ikan cupang tidak makan.

Ikan cupang dalam kondisi solitare di wadah kecil juga kurang bergerak berbeda dengan konidi ikan cupang yang hidup di wadah yang besar. hal ini memabntu dalam hal mengurangi konsumsi energi.

Akhir Kata

Berdasarkan pembahasan di atas, Ikan cupang dalam kondisi sehat bisa beratahan tanpa makan sampai lima hari dan di hari ke lima ikan cupangnya masih hidup. Jika kondisi ini diteruskan ikan cupang masih bisa bertahan selama 2 sampai 3 hari hanya saja ikan cupang akan memiliki kondisi yang buruk.

Jadi sebaiknya jika ada kemampuan mungkin ada baiknya untuk membeli feeder otomatis jika kamu punya rencana keluar kota dalam waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *