Belajar Jenis-Jenis Komposisi Pencahayaan Fotografi Indoor

1 min read

Dzargon – Tidak hanya foto yang memiliki komposisi, pencahayaan juga memiliki beberapa jenis-jenis pencahayaan terutama jika pemotertan dilakukan di dalam studio. Setiap posisi Flash dan Ligthing akan mempengaruhi hasil pencahayaan.

Komposisi pencahayaan fotografi sangatlah banyak, namun dalam artikel ini paling tidak ada beberapa jensi komposisi yang akan saya tunjukkan yang terbatas karena kurangnya peralatan Lighting di studio.

Baca juga : Aturan Dasar Lighting Pada Fotografi Indoor

1. Front Light

Front Light adalah teknik yang pencahayaan yang paling dasar dimana flash diletakkan tepat di depan model. Teknik sangat sederhana karena fotografer hanya perlu mencari exposure yang tepat agar seluruh detail tubuh dan fashion item yang digunakan oleh model terlihat jelas pada foto.

Model manis dan seksi  Front Light

Ide posing dengan  Front Light indoor photoshoot

2. Butterfly Light

Butterfly Light adalah teknik lighting dimana flash akan diletakkan sedikit lebih tinggi dari kepala model sehingga menghasilkan arena bayangan di bawah hidung model yang mirip dengan kupu-kupu. Teknik ini juga menghasilkan area gelap di bagian bawah pipi model.

Tekni Komposisi Butterfly Light

Komposisi Pencahayaan Fotografi Butterfly Light

3. Outline Lighting

Outline Lighting didapatkan dengan teknik Back Light yakni lampu atau flash diletakkan di bagian belakang model. Lampu akan menghasilkan garis yang kontras dibagian tepi model sehingga diberi nama Outline Lighting.

Jumlah lampus yang digunakan tentu saja harus lebih dari satu karena satu lampu sudah difungsikan untuk sebagai Outliner sedangkan bagian depan tentu saja tetap butuh lampu agar muka model tampak jelas dan jadi Back Light.

Outline Lighting dengan komposisi pencahayaan pada fotografi

Teknik Indoor photoshtudio Outline Lighting

Outline Lighting dengan hair light yang keren dan manis

4. Rembrendt Ligth

Rembrant Ligth adalah teknik meletakkan lampus atau lighting di depan model namun posisi-nya tidak strike to the point, tapi agar serong ka salah satu sisi sehingga menghasilkan Resiprocal Shadow dan Highlight area.

Teknik ini juga dikenal dengan nama Third-Quarter Lighting karena proporsi bayangan yang dihasilkan ke model sebanyak 3/4 bagian

Rembrant Ligth cewek manis dan seksi imut

Akhir Kata
Nah itu dia empat jenis komposisi lighting dasar dengan jumlah lampu maksimal 2 unit. Kalau ada kekurangan silahkan titipkan di kolom komentar di bawah ini.

James Bond – No Time to Die Bakalan Ditemani…

Dzargon – Wabah Corona Virus Disease 2019 atau COvid-19 telah berhasil mengubah tatanan sosial dunia. Salah satu dampak buruknya juga terasa sampai ke industri...
Ahmad Dahlan
1 min read

Kumpulan Foto Hijaber Cantik Indonesia Yang Tidak Terkenal Tapi…

Dzargon – Indonesia memang terkenal dengan banyak cewek-cewek cantik yang tersebar di seluruh penjur tanah air. Apalagi cewek-cewek cantik yang mengenakan hijab yang sering...
Ahmad Dahlan
27 sec read

72 Fakta Unik Tentang Pengatahuan Umum yang membuatmu Tercengan

Dzargon – Bumi ini adalah satu-satunya planet yang dihuni lebih dari 7,5 milliar orang. Sehingga sangat wajar jika tingkah laku dari setiap jiwa dari...
Ahmad Dahlan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *