Jenis Jenis Jilbab Kantor Cewek Manis

Bentuk dan Jenis Jilbab

Sejak menjadi salah satu fashion item wanita, perkembangan bentuk dan jenis jilbab juga ikut beragam. Perkembangan sudah sampai pada aktivitas yang ingin dikerjakan. Apa saja jenis -jenis hijab tersebut? Berikut ini ulasannya.

Jenis Jilbab

1. Jilbab Bergo (Kerudung Instan)

Jilbab bergo dikenal sangat praktis. Jilbab model itu tidak hanya digunakan untuk kesempatan santai saja, tetapi juga bisa dikenakan dalam acara formal. Kerudung praktis atau bergo. Sesuai namanya, kerudung ini sangat praktis dan mudah dalam pemakaiannya. Tidak butuh tutorial yang bermacam-macam karena memakainya tinggal masukkan saja ke kepala. Kalaupun mau dimodifikasi, bisa ditambahkan pin atau bros yang akan menambah cantik kerudung praktis ini.

Kerudung praktis ini sekarang banyak modelnya, tidak polos begitu saja. Ada yang bordiran, rampel, tali, maupun sulam pita. Ukurannya pun bermacam-macam, ada yang ngepas di kepala, ada yang lebar dan panjangnya bisa sampai ke betis. Bahannya pun beraneka ragam. Mulai dari bahan kaos, bahan spandek, katun dan sebagainya. Tips memilih kerudung praktis: pilihlah kerudung yang bahannya mudah menyerap keringat, nyaman dipakai dan tidak kekecilan.

Salah satu bentuk jilbab bergo adalah yang memiliki pet atau bantalan spon di bagian atasnya (umumnya berbentuk setengah lingkaran). Fungsinya sebagai pembentuk bagian atas bergo supaya terlihat rapi saat dikenakan.
Misalnya, pet yang lebar dan panjang cocok dikenakan oleh mereka yang wajahnya agak besar dan lebar, sehingga dapat menutupi sebagian wajah agar tampak lebih tirus. Sedang pet yang lebar kecil cocok dikenakan oleh mereka yang berwajah kecil dan tirus supaya wajahnya tampak lebih berisi.

Jilbab Bergo cewek manis dan seksi

Cara memakai:

Ambil bergo, letakkan hingga pas di kepala. Tarik ke bagian tengkuk kepala, kemudian ikat di bagian dalam agar tampak rapi. Atau, bila memakai busana berkerah Shanghai, bergo bisa diikat di bagian luar dan sisanya bisa dimasukkan ke dalam kerah.

2. Jilbab Rajut

Jilbab rajut berbentuk persegi panjang seperti pashmina. Biasanya digunakan oleh mereka yang menyukai gaya kasual dan sering dipakai untuk sehari-hari, sebagai pengganti bergo.

Cara memakai:

Pakai ciput lebih dulu untuk menutupi rambut dan agar jilbab tampak lebih rapi. Kemudian, kenakan jilbab. Tarik ke bagian belakang tengkuk, kemudian dipeniti. Selanjutnya, ambil satu sisi, silangkan untuk menutup leher, sedang sisi yamg lain untuk menutup bagian dada.

3. Jilbab Segiempat (Pashmina)

Atau biasa juga disebut Pashmina. Bentuknya memang persegiempat. Tapi, bila akan digunakan, harus dilipat dulu sehingga berbentuk segitiga. Biasanya, jilbab jenis ini digunakan untuk acara semiformal atau acara formal. Kerudung segiempat, atau disebut juga kerudung paris (karena biasanya terbuat dari bahan kain paris) adalah jenis kerudung standard yang biasa digunakan oleh para hijabers. Untuk kreasi masa kini, Anda bisa menggunakan macam-macam kain untuk membuat tampilan kerudung paris

Paris adalah kain yang paling sering digunakan sebagai bahan variasi kerudung segiempat. Jilbab pashmina motif dan bahannya bermacam-macam sesuai dengan perkembangan model fashion. Kerudung jenis ini jika dimodifikasi akan tampak cantik dan elegan. Hanya, memang harus memilih yang lebih panjang dan lebar supaya tidak terlihat kecil saat dipakai.

Biasanya bahan dari kain paris berbentuk segi empat , ukurannya beda beda, 173 x 51 cm, 174 x 70 cm, 115 cm x 115 cm, 110cmx115cm, 110cm x 110cm ada juga yang ukuran panjang 168 cm dan lebar 70 cm, Karena bentuknya hanya berupa selembar kain, maka kerudung segi empat lebih bisa dimodifikasi dengan tambahan bros misalnya. Bahannya juga ada yang tebal, ada yang tipis. Maka, tips memakai kerudung jenis ini adalah perhatikan ketebalan bahannya. Kalau agak tipis, bisa disiasati dengan memakai dalaman yang lebih tebal. Kalau dasar bahannya sudah cukup tebal dan tidak transparan, cukup memakai dalaman biasa saja.

Cara memakai:

Ambil jilbab, letakkan hingga pas di kepala. Tarik ke bagian tengkuk kepala, kemudian satukan dengan peniti atau jarum pentul.

Kedua sisi kain yang tersisa boleh dibentuk dengan cara melilitkan secara menyilang dengan menjepit menggunakan jarum paku tepat di bagian rahang. Jika masih ada sisi kain yang belum dibentuk, mainkan dengan membentuk bandana secara menyilang, kemudian jepit.

4. Jilbab Segitiga

Biasanya jilbab jenis ini sudah ada bandananya berupa list, sehingga memudahkan pemakaian dan terkesan lebih mewah, sehingga cocok digunakan untuk acara resmi atau pesta. Bahan yang digunakan biasanya katun Paris, katun serat, polyester, dan sutra.

Jilbab segitiga sangat cocok untuk para muslimah yang ingin tampil simpel dan praktis. Sekarang koleksi kerudung segitiga sudah hadir dengan model dan motif yang lebih mengikuti perkembangan mode. Dengan ciput dalaman dan busana muslim yang pas, kerudung ini akan menjadi sebuah jilbab cantik yang cocok untuk Anda.

Cara memakai:

Karena sudah ada list seperti bandana, setelah pas di kepala bisa langsung ditarik ke bagian tengkuk, kemudian kedua sisi list diikat. Kemudian, sisa list bandana bisa dihias menjadi bandana tambahan dengan cara menariknya ke atas, kemudian bentuk seperti bandana dan jepit dengan jarum pentul.

Semua jenis kerudung itu bervariasi lagi warna dan motifnya. Kita bisa memilih mana saja yang sesuai selera kita selama tetap syar’i. Pemilihan warna juga penting. Kita pilihlah warna yang tidak norak supaya tidak mencolok mata. Penambahan aksesoris juga sah-sah saja, semisal bros bunga. Sesuaikan saja warnanya dengan kerudung yang kita pakai.

Membeli jilbab tidak sesulit membeli baju. Jika saat memilih busana muslim Anda harus memikirkan pas atau tidaknya di badan, ketika membeli jilbab, Anda tidak perlu pusing memikirkan ukuran. Dengan bermodalkan gambar sebagai acuan warna, Anda bisa membeli jilbab cantik lewat toko online bahkan Anda bisa beli dengan harga grosir di grosir jilbab online. Produk-produk jilbab yang dijual online pun harganya bersaing dengan yang disediakan di toko-toko konvensional.

5. Jilbab Syiria (Jilbab Instan).

Jilbab model syiria termasuk jilbab instan yang mudah dipakai. Model Syiria ini hampir sama dengan model bergo yaitu langsung pakai hanya perbedaannya adalah tidak ada bergonya (bantalan busa di ujung kepala. gambarannya bisa di lihat pada gambar dibawah ini :

Semoga dengan mengenali bentuk wajah, Anda bisa tampil semakin modis dan trendy sehingga tidak menjadi korban mode. Semoga cara memilih jilbab diatas bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

6. Jilbab Jumbo

Jilbab Jumbo adalah jilbab dengan ukuran besar, minimal panjangnya adalah seperut, atau istilahnya jilbab Syar’i karena menutupi dada kebawah. Jilbab Jumbo biasanya dari bahan yang adem misal Bahan Della, Bahan Jersey, bahan spandek sutra.

7. Jilbab Lengan

Jilbab Lengan yaitu jilbab dengan ikutan kerutan lengan, jadi jilbab pemakainnya sudah ada lengannya biasanya berukuran Jumbo.

Cara Memilih Jilbab Berdasarkan Bentuk Wajah

Agar Anda tidak menjadi korban mode, maka sebelum memilih jilbab sebaiknya kenali terlebih dahulu bentuk wajah Anda. Karena jika memakai jilbab yang kurang pas maka akan terlihat terlalu memaksakan. Sehingga penampilan Anda akan sedikit terganggu. Mengikuti trend mode memang tidak salah, namun sebaiknya disesuaikan dengan Anda. Berikut ini cara memilih jilbab sesuai bentuk wajah.

Wajah oval

Jenis wajah ini cocok memakai berbagai macam jenis jilbab. Jika Anda memiliki wajah jenis ini, tinggal menyesuaikan dengan busana muslim yang Anda kenakan.

Wajah Bulat

Untuk wajah jenis ini, jilbab yang cocok adalah jilbab yang ada pet atau jilbab yang menggunakan ciput. Sehingga wajah Anda akan terkesan panjang. Anda bisa menarik pada bagian pipi sehingga separuh bagian pipi tertutup, sehingga Anda tampak mungil.

Wajah panjang/lonjong.

Untuk wajah bentuk panjang atau lonjong, jilbab yang cocok adalah jibab turkish style. Karena akan memberikan kesan padat dan penuh pada wajah.

Wajah kotak/segitiga.

Anda dapat menggunakan jilbab bentuk bulat untuk menyamarkan garis wajah Anda sehingga terlihat anggun. Sebaiknya hindari penggunaan warna yang mencolok dan gunakan warna pastel atau soft.
Diambil dari berbagai sumber Semoga bermanfaat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *