5 Hewan yang Beradaptasi dan Hitung dalam Koloni

1 min read

Dzargon – Berikut ini jenis hewan yang hidup dalam koloni yang dapat membangun benteng agar bertahan hidup dan ber adaptasi dari pemangsanya.

Pengertian umum koloni berdasarkan biologi adalah sekumpulan spesies atau makhluk hidup yang saling membutuhkan satu sama lain. Selain memiliki hubungan sangat dekat dalam kelompok yang membedakan koloni dengan selompok hewan lain secara umum. Keunikan hewan yang beradaptasi dengan cara hidup berkelompok dalam koloni memiliki struktur alami.

Misalnya koloni mempunyai ratu, pejantan hingga pekerja.

Kita mengetahui hewan yang beradaptasi dengan cara hidup berkelompok dalam koloni terdapat pada semut.

Tahukah Anda spesies makhluk hidup yang memiliki kesamaan cara hidup beradaptasi secara kelompok dalam koloni ternyata masih banyak lagi.

5 Hewan yang beradaptasi dengan cara berkelompok dalam koloni

1. Rayap

Mirip seperti semut, koloni rayap memiliki struktur yang sama dengan ratu, raja, pekerja hingga prajurit.

Umur ratu rayap bisa hidup mencapai 50 tahun dan menjadi rayap yang terlama di banding kasta lain dalam kelompok rayap.

Raja dan ratu akan terus menghasilkan keturunan baru dan jumlah koloni rayap bisa ribuan hingga jutaan.

Perbedaan pekerja rayap dengan pekerja semut dan lebih adalah jenis betina atau jantan. Umumnya koloni semut dengan lebah memiliki pekerja betina. Sementara pekerja rayap dapat berasal dari jantan atau betina.

Pekerja dalam kelompok rayap setelah masuk usia tertentu akan menjadi laron yang kita kenal selama ini.

2. Tikus mol Damaraland

Tikus mol Damaraland memiliki keunikan dari tikus secara umum. Jika kita mengenal tikus rata-rata hidup secara individu, tikus mol Damaraland merupakan hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara hidup berkelompok dalam sebuah koloni.

Tikus mol Damaraland dikenal sebagai hewan yang beradaptasi dengan cara hidup berkelompok dalam koloni yang memiliki ratu hingga pekerja. Populasi koloni tikus mol tersebut rata-rata berjumlah 70 hingga 200 ekor dalam satu koloni.

3. Udang pistol

Selain Semut, 5 Hewan yang Beradaptasi Dengan Cara Hidup Berkelompok di Koloni

Udang pistol memiliki kemiripan seperti lobster dalam spesies keluarga udang. Hal unik dari udang pistol adalah cara mereka mengeluarkan suara keras melalui katupan capit mereka yang besar sehingga disebut udang pistol.

Koloni udang pistol terdiri dari ratu hingga pekerja. Cara menemukan udang pistol jenis penjaga dalam kelompok mereka adalah bentuk capit yang lebih besar dan biasanya bekerja sebagai prajurit.

4. Ubur-ubur Portugis

Selain Semut, 5 Hewan yang Beradaptasi Dengan Cara Hidup Berkelompok di Koloni

Masyarakat sebagian mengenal ubur-ubur Portugis. Kelompok Physalia Physalis ini ternyata bukan keluarga ubur-ubur mesti punya kemiripan.

Ubur-ubur Portugis merupakan hydrozoa yang memiliki cara hidup beradaptasi dan melakukan perkembangbiakan dalam kelompok koloni.

5. Lebah

Selain Semut, 5 Hewan yang Beradaptasi Dengan Cara Hidup Berkelompok di Koloni

Selain semut ada makhluk lain yang melakukan cara hidup dalam koloni di kelompok mereka adalah lebah.

Sebagai kelompok serangga karena sifatnya berkelompok, lebah terdiri dari ratu lebah, lebah betina, lebah jantan dan lebah pekerja.

Populasi terbanyak dalam koloni lebah adalah jenis betina dan dikenal sebagai pekerja yang bisa mencapai puluhan ribu.

Demikian tulisan tentang hewan yang beradaptasi dengan cara hidup berkelompok dalam koloni. Semoga bisa memberi manfaat untuk Anda.

Terima kasih kk sudah membaca tulisan sederhana ini. Jika artikel dunia hewan bermanfaat, jangan lupa juga dibagikan ke teman yang membutuhkan informasi ini. Indahnya berbagi….

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *