5 Hewan yang Beradaptasi dan Hitung dalam Koloni

1 min read

Dzargon – Berikut ini jenis hewan yang hidup dalam koloni yang dapat membangun benteng agar bertahan hidup dan ber adaptasi dari pemangsanya.

Pengertian umum koloni berdasarkan biologi adalah sekumpulan spesies atau makhluk hidup yang saling membutuhkan satu sama lain. Selain memiliki hubungan sangat dekat dalam kelompok yang membedakan koloni dengan selompok hewan lain secara umum. Keunikan hewan yang beradaptasi dengan cara hidup berkelompok dalam koloni memiliki struktur alami.

Misalnya koloni mempunyai ratu, pejantan hingga pekerja.

Kita mengetahui hewan yang beradaptasi dengan cara hidup berkelompok dalam koloni terdapat pada semut.

Tahukah Anda spesies makhluk hidup yang memiliki kesamaan cara hidup beradaptasi secara kelompok dalam koloni ternyata masih banyak lagi.

5 Hewan yang beradaptasi dengan cara berkelompok dalam koloni

1. Rayap

Mirip seperti semut, koloni rayap memiliki struktur yang sama dengan ratu, raja, pekerja hingga prajurit.

Umur ratu rayap bisa hidup mencapai 50 tahun dan menjadi rayap yang terlama di banding kasta lain dalam kelompok rayap.

Raja dan ratu akan terus menghasilkan keturunan baru dan jumlah koloni rayap bisa ribuan hingga jutaan.

Perbedaan pekerja rayap dengan pekerja semut dan lebih adalah jenis betina atau jantan. Umumnya koloni semut dengan lebah memiliki pekerja betina. Sementara pekerja rayap dapat berasal dari jantan atau betina.

Pekerja dalam kelompok rayap setelah masuk usia tertentu akan menjadi laron yang kita kenal selama ini.

2. Tikus mol Damaraland

Tikus mol Damaraland memiliki keunikan dari tikus secara umum. Jika kita mengenal tikus rata-rata hidup secara individu, tikus mol Damaraland merupakan hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara hidup berkelompok dalam sebuah koloni.

Tikus mol Damaraland dikenal sebagai hewan yang beradaptasi dengan cara hidup berkelompok dalam koloni yang memiliki ratu hingga pekerja. Populasi koloni tikus mol tersebut rata-rata berjumlah 70 hingga 200 ekor dalam satu koloni.

3. Udang pistol

Selain Semut, 5 Hewan yang Beradaptasi Dengan Cara Hidup Berkelompok di Koloni

Udang pistol memiliki kemiripan seperti lobster dalam spesies keluarga udang. Hal unik dari udang pistol adalah cara mereka mengeluarkan suara keras melalui katupan capit mereka yang besar sehingga disebut udang pistol.

Koloni udang pistol terdiri dari ratu hingga pekerja. Cara menemukan udang pistol jenis penjaga dalam kelompok mereka adalah bentuk capit yang lebih besar dan biasanya bekerja sebagai prajurit.

4. Ubur-ubur Portugis

Selain Semut, 5 Hewan yang Beradaptasi Dengan Cara Hidup Berkelompok di Koloni

Masyarakat sebagian mengenal ubur-ubur Portugis. Kelompok Physalia Physalis ini ternyata bukan keluarga ubur-ubur mesti punya kemiripan.

Ubur-ubur Portugis merupakan hydrozoa yang memiliki cara hidup beradaptasi dan melakukan perkembangbiakan dalam kelompok koloni.

5. Lebah

Selain Semut, 5 Hewan yang Beradaptasi Dengan Cara Hidup Berkelompok di Koloni

Selain semut ada makhluk lain yang melakukan cara hidup dalam koloni di kelompok mereka adalah lebah.

Sebagai kelompok serangga karena sifatnya berkelompok, lebah terdiri dari ratu lebah, lebah betina, lebah jantan dan lebah pekerja.

Populasi terbanyak dalam koloni lebah adalah jenis betina dan dikenal sebagai pekerja yang bisa mencapai puluhan ribu.

Demikian tulisan tentang hewan yang beradaptasi dengan cara hidup berkelompok dalam koloni. Semoga bisa memberi manfaat untuk Anda.

Terima kasih kk sudah membaca tulisan sederhana ini. Jika artikel dunia hewan bermanfaat, jangan lupa juga dibagikan ke teman yang membutuhkan informasi ini. Indahnya berbagi….

Kebudayan Masyarakat Arab Mekkah Pada Masa Pra Islam

Berikut ini adalah kehidupaan dan budaya Masyarakat Arab Mekkah Pada Masa Pra Islam. Kondisi ini memebrikan gambar
Admin
8 min read

Berikut ini 30 Fakta Tentang Belalang Sembah – Cangcorang

Selain memiliki nama Cangcoran, Ada 31 Fakta Tentang Belalang Sembah yang jarang diketahui oleh banyak orang. Fakta Seputar Belalang Sembah Belalang Sembah juga disebut...
Admin
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.