5 Film dengan Plot Time Loop

2 min read

Dzargon – Film bertema time loop adalah film dimana karakter mengalami kejadian dan rentang waktu yang berulang-ulang. Karakter terjebak dalam sebuah lingkaran waktu dimana Ia harus mengalami hal yang sama berulang-ulang. Berbagai cara pun dilakukan agar bisa keluar dari siklus pengulangan tersebut sambil mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Jadi film ini bukan film time travelatau perjalanan waktu seperti Back to The Future atau X Man: Days of Future Past dimana karakter sengaja bepergian melintasi waktu. Film bertema time loop memang selalu mind blowing dan memiliki plot twist yang mengejutkan. Karena itu TS tertarik untuk membahas 5 film bertema time loop terbaik menurut TS.

1. Edge of Tomorrow (2014)

Pertama ane langsung teringat dengan Edge of Tomorrow yang dibintangi oleh Tom Cruise dan Emily Blunt. Film dengan jargon “live, die, repeat”ini berlatar di masa depan dimana Bumi telah dikuasai alien dan manusia berada diambang kepunahan. Tom Cruise yang berperan sebagai Mayor William Cage kemudian ditugaskan untuk memimpin pasukan dan terjun di medan perang. Karena tidak memiliki kemampuan sama sekali, Cage pun tewas dalam hitungan menit. Anehnya, setelah tewas Cage malah terbangun kembali tepat sebelum perang dimulai. Sejak kejadian itu Cage kembali mengulang waktu dihari Ia meninggal. Dengan kemampuannya itu Cage berusaha mencari cara untuk memenangkan perang dan keluar dari lingkaran waktu tersebut.

2. Source Code (2011)

Berikutnya ada Source Code yang juga dibintangi oleh selebriti papan atas hollywood Jack Gyllenhaaldan Michelle Monaghan. Jack Gyllenhaal yang memerankan Kapten Colter Steven terkejut saat terbangun di sebuah kereta dan diajak berbincang oleh seorang wanita yang tidak dikenalnya. Beberapa menit kemudian kereta yang ditumpanginya meledak dan menewaskan seluruh penumpang termasuk dirinya. Colter pun semakin terkejut saat Ia kembali terbangun di kereta dengan kondisi yang sama seperti sebelumnya. Colter kemudian mengetahui bahwa Ia harus mencari pelaku pengeboman yang meledakkan kereta tersebut. Belakangan Colter juga mengetahui bahwa dirinya tidak sedang berada di dalam tubuhnya sendiri dan hanya memiliki waktu 8 menit sebelum kereta meledak dan kembali mengulang waktu dimana Ia terbangun di kereta.

3. ARQ (2016)

Film bertema time loop terbaik berikutnya adalah ARQ (Automatic Repeat Request) yang menceritakan tentang Renton (Robbie Amell) yang terbangun disamping kekasihnya Hannah (Rachel Taylor). Mereka berdua kemudian dikejutkan oleh sekelompok orang yang tiba-tiba mendobrak kamar dan menyandera mereka. Orang-orang ini mengincar sebuah mesin bernama ARQ yang disebut Renton sebagai mesin lingkaran waktu yang dapat mengulang kembali secara otomatis.

Renton pun kemudian tewas saat berusaha mempertahankan diri, kekasihnya dan mesin tersebut. Renton yang terbangun kembali disamping Hannah kemudian menyadari bahwa Ia sudah terjebak dalam lingkaran waktu. Ia pun berusaha menyingkirkan sekelompok orang yang ingin mencuri mesin tersebut dan keluar dari lingkaran waktu yang menjebaknya. Menariknya setiap kali Renton tewas dan mesin tersebut mengulang, masing-masing karakter juga semakin sadar bahwa mereka sedang berada dalam pengulangan waktu.

4. Before I Fall (2017)

Before I Fall merupakan film bertema time loop terbaik yang bernuansa drama remaja. Menceritakan tentang seorang remaja wanita berusia 17 tahun bernama Samantha Kingston (Zoey Deutch) yang merupakan seorang cewek dari geng populer dan disegani. Samantha bersama geng populernya kerap membullyorang-orang yang tidak mereka sukai.

Film ini diawali dengan Samantha yang bangun sedikit terlambat kemudian menjalani hari seperti biasanya hingga akhirnya Samantha tewas karena kecelakaan mobil pada akhir hari. Film kemudian berlanjut dengan Samantha yang kembali terbangun sedikit terlambat pada hari yang sama saat Ia meninggal.

Samantha selalu mengulangi kematiannya pada akhir hari meskipun tidak selalu dengan penyebab yang sama dan kembali terbangun dihari saat Ia meninggal. Belakangan Samantha kemudian sadar bahwa ini mungkin kesempatannya untuk memperbaiki diri.

5. Triangle (2009)

Yang terkahir tapi nggak kalah mind blowingadalah Triangle yang tayang pada tahun 2009. Film ini menceritakan tentang Jess (Melissa George) yang sedang berlayar bersama teman-temannya Victor (Liam Hemsworth), Greg (Michael Dorman), Sally (Rachael Carpani), Downey (Henry Nixon), dan Heather (Emma Lung). Ditengah perjalan tiba-tiba badai datang dan menenggelamkan kapal kecil mereka. Heather hilang setelah peristiwa tersebut dan mereka pun terombang-ambing di tengah laut.

Setelah cukup lama akhirnya sebuah kapal pesiar melintas, Jess dan teman-temannya pun masuk untuk mencari pertolongan. Anehnya di kapal yang cukup besar itu tidak terlihat seorang pun penumpang atau awak kapal, meskipun tersisa makanan yang cukup banyak di ruang makan. Jess kemudian menyadari bahwa ada yang sedang mengawasi mereka dan melakukan teror yang mengancam nyawa. Yang paling mengagetkannya adalah peneror yang tidak pernah disangka oleh Jess dan bahwa Ia terjebak dalam sebuah lingkaran waktu.

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *