13 Fakta Unik Bikini yang Menarik

3 min read

Miss Bikini Asia Seksi dan manis

Bikini merupakan fashion item yang paling pas dikenakan pada musim panas pada saat berada di Pantai. Pakaian ini memang menonjolkan sisi feminis dari seorang wanita sehingga pria akan sulit berpaling darinya. Terutama Two Pieces Bikini yah akan membuat suasan semakin panas. Nah sangat cocok dikenakan pada saat berenang, berikut ini beberapa 13 Fakta unik dan menantik tentang Bikini yang mungkin saja kamu tidak ketahui.

1. Louis Réar

Bikini adalah apakaian yang pertama kali diperkenalkan pada 5 Juli 1946 oleh Louis Réar. Uniknya beliau adalah seorang Insinyur Mekanik dari Perancis namun memiliki ketertarikan tinggi dengan dunia fashion.

2. Bikini Atoll

Nama bikini diambil dari sebuah pulau di Micronesia yakni Bikini Atoll. Pulau ini terletak di tengah Samudra pasifik yang menjadi terkenal karena Amerika Serikat menjadikan pulau tropis ini sebagai lokasi uji coba ledakan Bomb Atom Hidrogen yang 1000 kali lebih besar dari Bomb Atom Nagasaki dan Hiroshima.

Louis Réar kemudian terinspirasi dari kejadian yang mengguncang dunia tersebut dan memilih menggunakan nama Bikini untuk pakaian yang ia rancang. Maknanya agar pakaian tersebu bisa menimbulkan “ledakan” dan “reaksi budaya” yang sama menggelegarnya dengan ledakan Bikini Atoll.

Nah buat kalian yang suka Nonton Film Sponges Bob, nama Bikini Bottom itu diambil dari Bikini Atoll, karena sang pengarang adalah seorang Doktor Zoologi Laut yang melakukan banyak penelitian di Bikini Atoll.

3. Micheline Bernardini

Pada awal kali ingin diperkenalkan, hampir tidak ada model yang bersedia mengenakan bikini di depan kamera. Namun hal ini membuat Reard tidak kehabisan akal. Ia lalu mencari wanita penari Striptease atau penari Telanjang di Perancir. Micheline Bernardini adalah penari yang menyambut baik tawaran tersebut.

Setelah kejadian tersebut Micheline Bernardini tercatat sebagai wanita yang pertama kali mengenakan Bikini di dunia.

Penampakan Wanita dengan Bikini Pertama di dunia Louis Réar
Micheline Bernardini

4. Dr. No

Meskipun diperkenalkan oleh Louis Réar, namun Ursula Andress lah yang membuat bikini menjadi terkenal di seluruh dunia. Hal ini karena Ursula mengenakan bikini dalam film James Bond yang berjudul Dr. No. Ursula menjadi women interest dari agen Inggris dengan code sign 007 dengan perannya yang sangat keren karena banyak membantu sang detektif.

Hasilnya Bikini diasosiasikan dengan wanita keren yang mandiri dan durabel karena bisa ikut mengambil bagian dalam misi-misi berbahaya.

Ursula Andress Dalam Film Jame Bond Dr No
Ursula Andress

5. Kiki Hakansson

Ajang Miss World tahun 1951 menjadi ajang yang unik di mana pemenangnya jatuh pada Kiki Hakansson. Tanpa diduga, Panitia penyelenggarakan meminta proses penobatan juara menggunakan pakaian Bikini.

Hal tersebut justru memancing kemarahan dari umat Katolik sedunia. Paus pin mengeluarkan kecaman terhadap ajang tersebut. Kecaman ini memicu kecaman dari negara-negara dengan penduduk katolik besar seperti Spanyol dan Irlandia.

Akibat hal tersebut, Kiki Hakansson menjadi pemenang terkahir yang dilantik menggunakan bikini.

Kiki Hakansson Dalam Penaobatan Miss World 1951 mengenakan Bikini
Kiki Hakansson (Tangah) di Ajang Miss Wolrd 1951

6. Miss World

Meskipun mendapatkan kecaman besar pada tahun 1951, namun yayasan Penyelenggara Miss World ternyata tetap menjadi Bikini menjadi salah satu pakaian wajib yang dikenakan konstestan di ajang tersebut.

Tentu saja banyak dari konstestan dari negara Mayoritas Muslim yang menuai kontroversi sesi Bikini tersebut. Miss World ke 63 yang diadakan di Bali, Indonesia tahun 2013 silam banyak ditentang oleh umat Muslim yang ada di Indonesia.

Riak ini membuat Julia Morley terpaksa tidak menyelenggarakan sesi Bikini dan diganti menjadi pakaian Panti. Ajang menjadi Miss Wolrd pertama yang selenggerakan tanpa Bikini.

Sesi Fashion Kostum Pantai Beach Costum Miss Wolrd 2013 di Bali
Parade Pakaian Pantai di Bali

7. Amerika Serikat Melarang Bikini

Pada awal kali diperkenalkan, pakaian ini di cap sebagai warisan iblis karena sengaja mengumbar aurat wanita dan menggoda pria. Hal ini membuat beberapa negara melarang penggunaan Bikini seperti Spanyol, Italia, Portugal dan Asutralia. Negara Bagian Amerika Serikat, Florida sendiri sempat memenjarakan para wanita yang kedapatan mengenakan Bikini di pantai.

Venice FL model Bikin FLorida yang super maskulin dan seksi dengan kulit coklat
Venice FL

8. Bikini Termahal

Susan Rosen dan Steinmetz Diamonds menjadi desaigner yang menjual Bikini termahal. Harganya pun tembus 30 Juta USD atau setara dengan 450 Milliar rupiah. Kalau uang dipakai buat beli Bikini normal bisa sampai 1 pulau tersisi bikini.

Hal ini karena bikini tersebut terbuat dari berlian 150 karat dengan tali ayng terbuat dari Platinum. Jadi useless yah karena gak bisa dipakai. Kalau dipakai pasti kegek mulu dengan berliannnya.

9. Bikini di Johannesburg

November 2009 di Johannesburg, Afirka Selatan adalah tanggal dimana parade bikini terbesar di dunia dilaksanakan. Ajang tersebut bahkan tercatan dalam Guinnes Wolrd Record dengan menghadirkan 287 wanita berparade dengan bikini.

Ajang tersebut dilaksanakan bertepatan dengan hari Kanker Payudara Sedunia dimana wanita diharapkan lebih sadar akan kesehatan payudara mereka yang indah.

Namun rekor ini berhasil dipecahkan oleh Panama dengan melibatkan 450 wanita dalam parade tersebut.

Parade Bikini paling besar di Panama
Parade Bikini Panama

10. Bikini di Australia

Berbeda dengan Parade, Cosmopolitan berhasil memengang rekor pemotretan Bikini terbesar di dunia yang diselenggarakan di Sidney pada 25 September 2001. 1000 wanita tercatat mengikuti ajang pemotretan ini dan menjadi ajang dengan wanita berbikini terbanyak sampai saat ini.

11. Tyra Banks

Tyra Banks menjadi mode wanita Afrika-Amerika pertama yang menjadu Cover Model di majalah Sports Illustrated edisi bikini. Pemotretan ini dilakukan 1997 dan memceahkan rekor wanita berkulit gelap pertama yang mengisi sampul depan majalah tersebut. Setelah itu disusu oleh Beyonce Knowles, 10 tahun berikutnya.

Tyra Banks Sampul Majalah Sport Ilustrated Amerika

12. Bikini dan Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara dengan pengguna Bikini paling besar di dunia, khususnya pada tahun 2009. Menurut data keuangan Amerika Serikat, penduduk negara ini menghabiskan 4,3 milliar Dollar Amerika untuk membeli Bikini.

dua cewek pakai Bikini di Pantai Saint Pete Florida

13. Bikini dan China

Meskipun Amerika sebagai negara pengguna Bikini terbesar, namun ternyata China menjadi negara dengan ekspor Bikini terbesar di udnia. 70% pasar global Bikini di kuasai oleh China.

Cewek China pakai Bikini Two Pieces seksi di pantai

Nah itu dia 13 fakta unik dengan tentang Bikini yang mungkin saja kamu tidak ketahui. Gimana? Menarik bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.