10 Cara Menghilangkan Kecoa yang Efektif

3 min read

Kehadiran kecoa,lipas atau coro dalam hunian dan lingkungan tidak boleh dianggap enteng. Kecoak sebagai salah satu ordo serangga (Blattodea) heminetabola memiliki sekitar 4000 spesies yang berasal dari kelas insecta.

Taksonomi dari kecoa berdasarkan urutan teratas hingga yang terendah adalah kerajaan Animalia, Filum Arthropoda, Kelas Insecta, dan Ordo Dictyoptera Blattodea.

Habitat kecoa yang berkembangbiak hampir di seluruh wilayah. Umumnya termasuk hewan yang menyukai keadaan gelap, berantakan dan ventilasi yang buruk dalam hunian manusia.

10 Cara Menghilangkan Kecoa yang Efektif

Metode mengusir kecoa ternyata bisa dilakukan dengan kebiasaan sederhana jika memahami proses yang perlu diketahui.

Salah satu penyebab kecoa yang terlihat dalam ruangan memerlukan cara yang tepat membersihkan mereka adalah bakteri dan mikroba yang terbawa di tubuh mereka bisa mengundang penyakit tertentu.

Kehadiran kecoa selain membuat perasaan geli untuk sebagian individu. Biasanya bisa memicu reaksi alergi, asma dan penyakit berasal dari Salmonella hingga E. Coli.

Penyakit dari kecoa yang bisa terjadi pada manusia

Beberapa jenis penyakit memiliki faktor pengaruh yang menjadi sumber penyebab utama. Misalnya gangguan kesehatan pada manusia yang disebabkan oleh lipas diantaranya:

  1. diare
  2. disentri
  3. kolera
  4. kustatifus
  5. penyakit polio
  6. peradangan dan gatal

Cara mengenali kecoa datang dalam ruangan

Secara umum aktivitas kecoa bergerak saat malam hari. Saat ruangan seperti dapur, kamar belakang hingga ruangan tertentu sudah gelap. Mereka akan muncul beberapa menit kemudian.

Cara sederhana untuk mengenali adanya kecoa dalam ruangan rumah adalah melihat langsung kehadiran mereka saat Anda menyala lampu.

Lampu yang menyala akan membuat mereka berlari ke tempat yang gelap seperti belakang lemari atau di bawah peralatan lain.

Beberapa tips lainnya mengetahui kehadiran kecoa dalam ruangan tersebut biasanya mereka meninggalkan petunjuk seperti jejak bubuk yang mirip kopi atau adanya hewan tersebut yang sudah tergeletak karena terkena bahan yang membahayakan mereka.

10 Cara mengusir dan membasmi kecoa dengan ampuh

Dilansir situs dunia hewan tentang kecoa. Ada 10 metode yang bisa Anda terapkan dengan ampuh untuk membasmi mereka.

1. Kebiasaan membersihkan sisa makanan

Salah satu sasaran yang diincar kecoa ketika mengalami perkembangbiakan cukup pesat. Mereka mencari makanan tanpa penutup dan sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan benar.

Model sederhana untuk membersihkan kecoa dalam rumah adalah menerapkan pengamanan penutup pada makanan yang ada di atas meja.

Cara menghilangkan kecoa secara ampuh lainnya dengan kebiasaan teratur membersihkan sisa makanan yang jatuh di lantai.

Tips lainnya meniadakan kecoa dalam rumah dengan membuang sampah atau sisa makanan di luar rumah atau mengikat rapat rapat dengan plastik khusus sampah sehingga tidak mengundang kecoa.

2. Merapikan barang tidak terpakai

Kegemaran dari kecoa adalah bersembunyi di tempat yang kotor dan cenderung gelap serta lembab.

Cara menghilangkan kecoa yang ampuh dari rumah Anda adalah membiasakan melakukan kerapian pada barang yang tidak terpakai sehingga tidak digunakan oleh mereka sebagai tempat tinggal.

Kemampuan yang dimiliki lipas atau coro bertahan hidup yakni bisa tanpa makan dalam waktu yang lama.

Metode yang penting sebagai model memberantas kecoa dari rumah dengan merapikan barang yang tidak terpakai seperti majalah, kertas dan peralatan lainnya.

3. Mengeringkan genangan air

Salah satu kemampuan kecoa bertahan hidup menggunakan air yang terdapat dalam lingkungan mereka. Oleh karena itulah rata-rata mereka datang jika lokasi tersebut banyak genangan air dan mendukung kelembapan dan gelap.

4. Menemukan pintu masuk kecoa

Selain pintar bersembunyi di tempat yang gelap dan lembab, kecoa biasanya senang memilih lokasi yang sulit di jangkau oleh manusia.

Cara mengatasi kecoa di rumah Anda sebaiknya mulai menemukan pintu masuk yang dipakai oleh mereka seperti lubang kecil yang mungkin ada pada pintu atau dinding.

5. Menggunakan soda kue

Dari sekian banyak makanan yang dipilih lipas. Mereka cenderung mencari makanan mengandung aroma manis dibandingkan aroma yang lain.

Tips sederhana mengusir kecoa di rumah bisa dengan menyiapkan makanan manis tersebut dengan di campur atau ditaburi soda kue.

Metode memberantas makhluk tersebut dengan soda kue bisa juga ditaburkan pada tempat yang kita duga menjadi pintu masuk.

6. Bahan khusus pengusir kecoa

Ada banyak bahan yang diformulasi secara khusus untuk mengusir kecoa agar tidak datang kembali ke dalam rumah Anda.

Kunjungi toko yang menyediakan cairan pemberantas kecoa.

Cara membersihkan kecoa dengan bahan khusus tersebut sebaiknya mempertimbangkan keamanan dan keselamatan anak kecil dan hewan peliharaan jika Anda merawat mereka dalam rumah.

7. Memakai minyak atsiri (essential oils)

Manfaat minyak atsiri atau essential oils biasanya dipakai manusia sebagai aroma terapi. Namun untuk kecoa, minyak tersebut tidak disukai mereka.

Bahan lain yang bisa Anda pilih mengusir kecoa selain essential oils yakni tea tree, citronella hingga peppermint.

8. Pasang jebakan pelengket

Salah satu cara yang cukup ampuh dan aman dipakai dalam rumah adalah membuat jebakan secara khusus untuk kecoa.

Pilih ukuran kotak tripleks, kardus atau bahan lain dengan ukuran yang cukup, lalu melingkari bahan lengket di sisi perangkap tersebut dengan meletakkan makanan kesukaan kecoa di bagian tengah. Letakan di kolong dan wilayah yang tidak terjangkau oleh anak atau hewan peliharaan.

9. Memakai cairan pelicin pakaian

Bahan yang efektif dan ampuh mengatasi kecoa dalam rumah dengan cairan pelicin pakaian. Pilih pelicin pakaian yang beraroma harum dan menyemprotkan di tempat yang menjadi persembunyian mereka.

10. Cara ke 10 untuk mengatasi kecoa yang bersembunyi di ruangan sulit terjangkau dengan meminta bantuan tenaga profesional.

Jika Anda menilai populasi dan perkembangbiakan kecoa demikian banyak sehingga sulit di berantas dalam waktu singkat. Bisa mencari jasa pembasmi kecoa.

Demikian tulisan cara menghilangkan kecoa yang ampuh. Semoga metode dan membasmi mereka bisa mengatasi sekaligus mengusir dari ruangan rumah sehingga memudahkan Anda membersihkan penyakit lain.

Sejarah Berdiri dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi salah satu Organisasi Modern yang dibangun pada masa pembentukan gerakan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 masih berdiri...
Arwini Puspita
1 min read

Teori Neurosains dalam Pendidikan dan Pembelajaran

1. Sejarah Perkembangan Neurosains Neurology dimulai ketika Cajal, ilmuwan Spanyol ( pemenang Nobel 1906/ menemukan 4 doktrin Neuron sbb: Sel saraf, sebagai unit sinyal...
Arwini Puspita
12 min read

Laporan Praktikum Menentukan Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter

1. Judul Percobaan   Menemukan  Kalor Jenis Logam dengan Kalorimeter 2. Tujuan Percobaan Menganalisis keberlakuan asas black pada proses pertukaran kalor menentukan kalor jenis logam...
Arwini Puspita
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *