Yuk Kenali Ikan Kuhli Loach – Primadona Ikan Air Tawar Penghuni Aquascape

1 min read

Ikan Kuhli Loach Ikan HIas Air tropis

Dzargon – Bingung mau isi Aquascape kamu, Kuhli Loach adalah ikan air tawar yang eksotik dan menarik. Ikan ini juga disebut sebagai Coolie Loach, Slimy Loach, Leopard Loac, Leopard eel, Pricklu Eye, dan Cinnamon Load dan sejenisnya. Ikan ini berbentuk panjang seperti belut dengan corak hitam dengan warna kulit kuning jadi seperti Leaopard.

Habitan asli dari ikan Kuhli Loach adalah Asia Tenggara khususnya di Sumatra, Singapura dan Malaysia barat. Ikan ini juga ditemukan di Jawa, Kalimatan dan Thailand meksipun dalam jumlah kecil. Hewan air tawar berbentuk seperti belut ini hidup di sungai-sungai hutan tropis dengan arus air lamban. Rawa berlumpur juga menjadi tempat pavorit ikan ini untuk berkembangbiak.

Di alam bebas, Ikan Kuhli Loach hidup dalam kelompok kecil di air dengan arus tenang dan banyak dedaunan untuk berlindung. Ikan aktif siang dan malam sehingga sangat cocok dijadikan ikan pengisi Aquascape, apalagi buat kalian yang memang tinggal di daerah Khatulistiwa yang hangat.

Nama Ilmiah : Pangio kuhlii
Nama : Kuhli LOach, Coolie Loach, Cinnamon Loach
Ukuran : 11 cm
Harapan Hidup : 10 tahun
pH = 5,5 – 6,8
Karakter : Tidak Agresif, Damai
Jenis Pakan : Omnivora

Ikan KOhle Laoch keren

Morfologi Ikan

Ikan Kuhli Load memiliki bentuk tubuh memancang seperti belut dengan sisik seperti ular. Karakter ini adalah ciri fisik ikan-ikan air tawar di Khatulistiwa dengan arus tenang. Siripnya berukuran kecil membuat aksen ikan ini semakin terlihat seperti belut. Empat pasang kumis yang ada di sekitar mulut. Terdapat motif hitan sejumlah 12 sampai 17 garis hitam mebuatnya tampak seperti macam.

Ikan ini bisa tumbuh sampai 10 cm dengan usia harapan hidup sampai 10 tahun. Jadi lumayan panjang kan untuk dijadikan ikan pengisi Aquarium.

Pakan

Hewan ini termasuk Karnivora dengan jenis makanan adalah :

  1. Udang kecil
  2. Larva
  3. Artemia
  4. Cacing Darah
  5. Daphina

Di Aquascape, ikan ini bisa diajar untuk makan pelet tipe tenggelam.

Perawatan

Ikan Kohli adalah ikan yang tipe passif dan tidak aggresif. Ukuran yang besar membuat kebutuhan air ikan relatif besar yakni sekitar 20 galon atau 75 Liter. Tanki perawatan sebaiknya di isi substrak agar kotoran ikannya tidak mengotori akuarium.

Bati kali dan kayu juga bisa menambah estetika dari Aquascape. Karena ikan Passif, ikan ini sangat senang dengan kondisi lampu redup. Hewan ini bisa hidup dipasangkan dengan tanaman air seperti Java Fern dan Java Moss. Tumbuh baik dengan pH air 5,5, sampai 6,8 dan suhu sekitar 23 sampai 30oC.

Berbeda dengan tomang, Ikan ini sebaiknya dirawat beritiga dalam satu tank, Lebih juga tidak masalah asal rasionya masih masuk akal. Kuhli Loach juga bisa dipelihara dengan hewan lain seperti ikan Cichlids, Mosquito, Chilli Rasbora, Danios dan sejenisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *