Perang Dunia I – Perjanjian Versailles dan Kekalahan Jerman

1 min read

Perang Dunia I Perjanjian Versaille dan kekalahan Jerman

Dzargon – Perjanjian Versailles adalah perjanjian yang penting dalam mengakhiri perang dunia I setelah Jerman dan pihak sekutu menandatangani perjanjian di Istana Versailles pada 28 Juni 1919 tepat 5 tahun setelah peristiwa pembunuhan Archduke Franz Ferdinand. Sebelum Jerman, Pihak Block Sentral lainnya sebelumnya sudah menandatangani perjanjian perdamaian di Paris Peace Conference pada tanggal 11 November 1918.

Butuh sampai 6 bulan dari perjanjian pertama sampai akhirnya Perang Dunia I benar-benar berakhir. Perjanjian Versailles selanjutnya di daftarkan ke Liga Bangsa-bangsa pada tanggal 21 Oktober 1919.

Perjanjian ini berisi perintah pelucutan senjata dengan pasal yang paling kontroversial adalah “Mewajibkan Jerman untuk bertanggung jawab atas semua kerugian yang dirasakan oleh negara-negara pada pihak Sekutu sebagai akibat dari perang”. Pasal tersebut dimulai pada pasa 231 dan belakangan dikenal sebagai Klausal War Guilt.

Perjanjian ini mewajibkan Jerman untuk melucuti senjata, membatasi produksi senjata, membatasi jumlah tentara, menghapuskan angkatan udara dari Jerman dan membayar ganti rugi pembangunan pasca perang di negara-negara yang ada dipihak Sekutu.

Total biaya perang yang harus dibayar oleh Jerman setara dengan 132 Milliar Mark Emas atau setara dengan 442 Milliar USD pada tahun 2021. Banyak pakar Ekonomi pada masa itu menganggap bahwa pasal tersebut terlalu berat untuk Jerman, namun disisi lain seorang Ekonom dari blok Sekutu, French Marshal Ferdinand Foch nilai yang harus dibayarkan Jerman terlalu murah jika dibandingkan dengan kerusakan yang didapatkan setelah perang.

Dari sisi pihak yang kalah perang, Jerman sendiri merasa perjanjian tidak adil. Jerman terpaksa menerima perjanjian tersebut karena berada pada posisi pihak yang kalah perang. Di dalam negeri, Gerakan penolakan isi perjanjian sangat kuat bergejolak dan akhirnya membuat Parta Nazi tumbuh dengan pesat. Pandangan politik partai Nazy dianggap menjadi pemicu perang Dunia II, terutama setelah Adolf Hitler memimpin partai tersebut.

Sampul Perjanjian Versaille

Syarat Militer

Isi perjanjian berisi pelucutan dan pembatasan militer yang dialami Jerman. Adapun pembatasan militer yang dimaksud adalah :

  1. Wajib militer Jerman dihapuskan
  2. Jumlah maksimal angkatan darat adalah 100.000
  3. Jumlah maksimal angkatan laut adlah 15.000
  4. Jumlah kapal perang Jerman dibatasi dengan
    1. Tipe Bettleship dengan berat 10.000 ton maksimal 6 unit
    2. Tipe Cruiser dengan berat 6000 ton maksimal 6 unit
    3. Tipe Destroyer dengan berat 800 ton maksimal 12 unit
    4. Tipe PT Boats dengan berat 200 ton maksmial 12 unit
  5. Pembatasan pembuatan senjata berat dan Machine Gun tipe Maxim dan Rifle Gewehr 98
  6. Larangan memiliki pesawat tempur
  7. Larangan memiliki kapal selam
  8. Larangan memiliki gas beracun
  9. Larangan jual beli senjata
  10. Larangan memiliki mobil tank dan alteleri darat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *