Mengenal Jenis-Jenis Buah Berry dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

3 min read

Jenis-Jenis Buah Berry dan Manfaat Bagi Sehetana Rasp Berry

Dzargon. Berry adalah jenis tanaman semak yang banyak tersebar di daerah tropis dan sub tropis. Tanaman ini memang sudah sangat dekat kehidupan sehari-hari, seperti menjadi cemilan, diolah menjadi minuman atau bahan pembuatan kue.

Buah berry yang paling terkenal dengan kehidupan kita mungkin adalah Strawberry, Blackberry, dan Gooseberry. Tiga jenis Bearberry tersebut bisa jadi buah yang paling banyak dijadikan perasa makan dan minuman kemasan baik tradisional dan modern.

Namun apakah hanya ada tiga jenis buah berry yang ada di dunia? Berikut ini adalah kumpulan buah Beery sesuai dengan data yang dikumpulkan Dzargon.com

1. Bearberry

Bearberry (raw eatable) adalah tanaman semak dengan daun berwarna hijau berbentuk ovale yang licin. Batangnya keras khas tanaman perdu. Buah Bearbeery matang berwarna merah dengan kulit licin rasanya agak manis namun dominan kecut.

Bearberry Fruit Plant

Ukuran diameter buah berry tidak lebih dari 1 cm atau seukuran kelereng. Buahnya tumbuh di pucuk yang biasanya muncul 3 sampai 6 biji dalam satu pucuk.

Kandungan Kimia :

  1. asam ursolat
  2. asam tanat
  3. asam galat
  4. resin
  5. hidrokuinon (terutama arbutin, hingga 17%)
  6. tanin (hingga 15%),
  7. glikosida fenolik
  8. flavonoid.

Kegunaan Bearberry

Daun Bearberry banyak dipetik selama musim panas kemudian dijemur dan dijadikan teh dan juga obat tradisional. BEarberry aman dikonsumsi dalam jumlah besar hanya saja konsumsi berlebih dapat menyebabkan mual,muntah, demam, sakit punggung dan tinitus.

2. Barberry

Barberry (raw eatable) biasa juga dikenal sebutan Berberis merupakan tanaman dari genus semak yang bisa tumbuh setinggi 5 meter. Tanaman banyak tersebar di daerah beriklim subtropis kecuali di Australia. Tanaman ini memiliki banyak duri di daerah ranting hingga tepian daun.

Buah Barberry memiliki rasa asam, pekat dan sedikit manis. Bentuk buah lonjong dan berwarna merah ketika matang, Barberry memiliki banyak spesies namun yang banyak tumbuh dari spesies Barberis Vulgaris.

Bentuk buah Barberry di atas pohon

Kandungan Kimia

  1. Alkoloid Isoquinolone
  2. Berberine
  3. Vitro

Kegunaan Barberry

Barberry banyak digunakan sebagai obat herbal dan juga obat cacin. Ekstrak tanaman Barberry banyak mengandung Vitro yang merupakan anti bakteri yang baik digunakan sebagai obat anti Infalamasi jiak dicampurkan dengan etanol. 

3. Blueberry

Blueberry (raw eatable) merupan tanaman semak dengan ketinggian 10 cm sampai dengan 4 meter. Batangnya kecil berkayu namun tidak begtu keras sehingga kadang sebagian batangnya menjuntai ke tanah.

Blueberry yang matang memiliki buah berwarna biru dan ungu. Tanaman Daun tanaman berwarna hijau dengan panjang 1 sampai 8 cm dan banyak tumbuh di sekitar Amerika Utara dan Canada.

Buah Blueberry segar di atas pohon

Tanaman Blue berry memiliki rasa yang lezat dengan paduan manis dan kecut yang pas. Hal tersebut membuat buah ini banyak dijadikan perisa pada cuisine atau kue-kue manis seperti roti dan juga minuman. Hasilnya tanaman banyak dibudidayakan baik rumahan maupun industri besar.

Kandungan Buah Blueberry

  1. Karbohidrat (14%)
  2. Protein (0,7%)
  3. Lemak (0,3%)
  4. Air (84%)
  5. Vitamin C
  6. Vitamin K
  7. Serat

Kegunaan Blueberry

Rasanya yang manis membuat buah banyak dijadikan sebagai selai yang kaya akan sumber vitamin. Selain itu banyak ditemukan minuman dengan varian rasa Blueberry sebagai alternatif dari strawberry.

Akar tanaman Buah Blueberry banyak dijemur oleh orang-orang indian kemudian dijadikan teh. Orang-orang Indian percaya teh Buah Blueberry sangat baik bagi kesehatan.

Olahan dari Buah Blueberry

4. Crowberry

Crowberry memiliki nama latin Empetrum nigrum. Buah ini adalah tanaman semak yang banyak tumbuh di Amerika Utara termasuk daerah hangat di Alaska.

Tanaman ini memiliki aroma sedikit haru dengan rasa manis sehingga membuat banyak burung-burung memakannya dan bijinya berpindah dari habitat aslinya dna kini juga bisa ditemukan di Falkland.

Tanaman Crowberry berbentuk semak dengan daun yang tipis seperti cemara namun tumbuhnya tidak begitu tinggi hanya msapi 2 meter. Buahnya kecil dengan diameter hanya 6 mm.

Crowberry tanaman buah semak asli Alaska

Kegunaan Crowberry

Dinginnya suhu di daerah Alaska membuat Crowberry memiliki banyak peran sebagai bahan makanan suku Inuit dan Sami yang banyak tinggal di daerah sana. Tanaman ini banyak dipetik pada musim semi sampai musim gugur lalu bisa disimpan untuk dimakan di musin dingin. Buah yang tidak dipetik pada musim gugur dapat bertahan di pohonnya sampai musim semi berikutnya.

5. Blue-Elderberry

Sambucus cerulea atau Blue Elderberry adalah tanaman yang mampu tumbuh hingga ketinngian 20 meter. Hal ini membuatnay disebut sebagai Elderberry karena menjadi satu-satunya Berry dengan jens pohon bukan semak.

Elderberry bebruah dalam bentuk malai menyerupai anggur. Buahnya berwarna ungu namun diselimuti lapisan berwarna keputihan. Bentuk buahnya hampir sama dengan Blueberry hanya saja ukurannya lebih kecil.

Buah Blue-Elderberry rasa buah segar

Kegunaan Blue-ElderBerry  

Orang-orang Amerika banyak mengeringkan buah ini untuk dijadikan kismis, namun Blue-ElderBerry juga bisa dikonsumsi langsung.

Batang pohon Blue-Elderberry yang besar membuat tanaman ini lebih banyak dimanfaatkan kayunya untuk furniture dan juga bahan dasar pembuatan alat musik.

6. Gooseberry

Gooseberry adalah tanaman semak dengan buah yang berbentuk kelereng berwarna hijau. Buah yang atang berwarna merah. Daunnya berbulu berwarna hijau sama dengan bentuk menjari.

Goosyberry berasal dari daerah Eropa, Caucasus, dan Afrika Utara, lalu buah dibawa oleh orang eropa ke Amerika Latin. Tanaman banyak di jual bebas di china sebagai cemilan.

Buah dan tanaman Goosyberry

Kandungan Buah Goosyberry

  1. air (88%)
  2. karbohidrat (10%)
  3. Protein (1%)
  4. lemak (0,6%l)
  5. Vitamin C

Kegunaan Goosyberry

Goosyberry banyak dijual di daerah chian sebagai cemila untuk dimakan langsung namun kandungan karbohidrat yang tinggi dari buah ini membuatnya banyak dijadikan bahan dasar pembuatan Wine.

Rasa yang kuat dari Goosuberry ini banyak digunakan oleh masyarakat di China dan Eropa sebagai perisa Cuisine dan juga minuman bersoda. Selain itu, Goosyberry ini bisa dijemur dan dijadikan sebagai kismis.

7. Lingonberry

Lingonberry secara fisik memiliki penampilan serupa dengan Bearberry, warnanya merah dengan bentuk daun yang relatif sama. Perbedaan teletak pada pusar buahnya dimana Lingonberry memiliki pusar buah mekar.

Lingonberry adalah tanaman semak yang dapat tumbuh sampai 40 cm. Daunnya berbentuk oval dengan panjang 5 – 30 mm. Buah yang berwarna merah terang dan dapan langsung dimakan. Rasa asam dengan sedikit manis dan bau yang tajam.

buah Lingoberry matang
Shrubs and wild berries lingonberries in the forest close up

Kandungan dari Lingonberry

  1. Asam organik
  2. Vitamin C
  3. Vitamin A (sebagai beta karoten)
  4. Vitamin B (B1, B2, B3)
  5. Kalium
  6. Kalsium
  7. Magnesium
  8. Fosfor.

Kegunaan Lingonberry

Lingonberry banyak digunakan sebagai pemanis dari makanan. Lingonberry banyak dijadikan selai dan juga perisa berbagai produk seperti minuman kemasan.

Dalam dunia kesehatan tradisional, Lingon bery banyak digunakan sebagai obat apéritif, astringent, antihemorrhagic, anti-debilitive, depurative, antiseptic (terutama untuk uretra), diuretik, tonik untuk sistem saraf, dan dalam berbagai cara untuk mengobati kanker payudara, diabetes mellitus, rematik, dan berbagai kondisi urogenital termasuk mengobati demam.

8. Strawberry

Strawberry adalah jenis buah berry paling populer diantara di seluruh dunia. Stroberi ini merupakan buah majemuk berwarna merah berwarna manis sedikit asam. Aroma yang khas membuat buah ini cocok untuk dijadikan bahan makanan dan minuman.

Strawberry adalah tanaman semak dengan batang lembut yang berkayu namun dominan tidak. Tanaman ini bisa tumbuh samapi 40 cm lalu berkembang biak melalui biji dan juga runduk.

Strawberry bukanlah satu-satunya jenis BUah Berry ada lebih puluha jenis dari jenis buah berkelas semak ini. Salah satu yang paling

Kandungan Strawberry per 100 gram

  1. Gula – 4,89 g
  2. Serat – 2 g
  3. Thiamin (B1) – 0,024 mg
  4. Riboflavin – 0,022 mg
  5. Niacin – 0,386 mg
  6. Pathotenich Acid (B5) – 0,125 mg.
  7. Vitamin B6 – 0,047 mg
  8. Folate (B9) – 24 µg
  9. Choline – 5,7 mg
  10. Vitamin C – 58,8 mg (71 % akg)
  11. Vitamin E – 0,29 mg
  12. Vitamin K – 2,2 µg
  13. Kalsium
  14. Zat Besi
  15. Magnesium
  16. Porfor
  17. Potasium
  18. Zinc
  19. Floride

Manfaat Strawberry

Strawberry menjadi buah berry yang paling banyak dikonsumsi. diseluruh dunia. Usaha pembudidayaan Strowberry sudah dilakukan hampir di seluruh duni ameskipun belum jadi sentra produksi massal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *