Mengenal Apa Itu Defenisi Aquascape

Dzargon – Berdasarkan asal katanya, Aquascape berasal dari dua kata yakni Aqua yang berasal dari bahasa latin yang berarti air dan Scape berarti pemandangan. Dengan demikian Aquascape berarti Pemandangan Air.

Dalam defenisi Istilah, Aquascape merujuk pada seni merangkai Tanki Aquarium berbahan kaca agar membentuk sebuah ekosistem air yang terdiri dari hewan dan tanaman air. Unsur estetika dimasukkan kedalam Aquascape selanjutnya disebut seni dekorasi aquascape atau Aquascaping.

Aquascape lebih menonjolkan sisi hardscape yang terdiri dari komponen tanaman dan Kayu dam Batu dari akuarium sehingga konsep-konsep Aquascape diberi nama berdasarkan komponen Hardscapenya. Misalnya saja Hardscape dari Iwagumi yang berarti bebatuan. Konsep Iwagumi merujuk pada bebatuan di tengah Aqiascape sebagai Point of Interest dari Aquascape.

Konsep Iwagumi Aquascape dengan batu Seryu

Aquascape juga dikenal dengan ciri-ciri miniatur alam yang dibawa masuk ke dalam tangki kaca-kaca. maka tidak heran kadang kita melihat konse pnaturalis seperti Rawa juga banyak digandrungi. Suasana gelapnya rawa dengan akar-akar pohon yang menembur air akan memberik estetika tersendiri bagi rumah anda.

Aquarium aquascape dengan tema RAwa Mangrove

Selain sisi estetika dari Aquascape yang terlihat dari seni meletakkan dan dekorasi hardscape, ada sisi balanced yang ahrus diperhatikan. Balanced dalam hal ini adalah memenuhi kebutuhan abiotik dari komponen Bioload yang ada di dalam tangki. Komponen inilah yang mendukung kehidupan yang ada dalam ekosistem.

Karena jumlah air dalam tangki Aquascape terbatas maka dibutuhkan bantuan mesin untuk memenuhi parameter abiotik yang sehat. Biasanya komponen tersebut adalah perlengkapan seperti Filter air, CO2, Pencahayaan dan Nutrisi tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.