Mencegah dan Mengobati Pop Eye Ikan Cupang

1 min read

Ikan CUpang Sakit Pop Eye

Dzargon – Pop Eye adalah penyakit Mata Bengkak karena ada inflamasi di dalam mata ikan. Penyakit banyak menyerang ikan air tawar dan hias termasuk ikan Cupang. Penyakit ditandai dengan mata ikan cupang membengkak baik salah satu atau kedua matanya. Penyakit bis amembuat ikan cupang malas makan dan berakhir pada kematian jika tidak diobati.

A. Pencegahan Pop Eye

Pencegahan Penyakit Pop Eye pada ikan cupang dapat dilakukan dengan cara

  1. Ganti air yang digunakan secara berkala. Penyakit ini disebabkan oleh kondisi air yang asam dan kotor jadi cara ini adalah cara paling ampuh untuk mencegah sakit mata Pop Eye.
    • Jika kamu memelihara ikan cupang secara solitaire di wadah kecil kurang dari 4 liter. Ganti 50 % airnya setiap minggu dengan air bersih.
    • Jika dirawat di akurium besar dengan ukuran lebih dari 10 liter cukup ganti 10 % sampai 25 % dari total air di akurium dalam kurung waktu 2 minggu.
  2. Bersihkan Wadah dan akuarium paling tidak sebulan sekali.
  3. Jaga suhu air tetap hanya pad asuhu kamar yakni 23 sampai dengan 28 derejat Celcius.
  4. Jaga pH air sekitar 6,5 sampai 7, jika terllalu asam, tambahkan sedikit baking soda ke dalam air.
  5. Kontrol dH air maksimla 25, jika berlebih tambah Magnesiun dan Calsium yang banyak pada garam ikan hias.

B. Mengobati Pop Eye

  1. Jika dirawat bersama ikan lain, Segera isolasi ikan karena penyakit ini bisa menular selain itu ikan cupang lain bisa saja meneyerang ikan sakit in karena kondisinya yang lemah
  2. Taruh garam Magnesium (Garam Epsom) dengan kadar 1 sendok maka untuk 20 liter air. Ulangi setiap jari langkah ini. Magnesium sangat efektif dalam menghilangkan cairan yang ada di dalam mata ikan yang membengkak.
  3. Tambah sedikit anti biotik ke dalam air ikan. Anti biotik yang digunakan bisa Ampicilin, ekmudian ganti air setiap tiga hari. Selain ampicilin bisa juga digunakan erythromycin, minocycline, trimethoprim, atau sulfadimidine
  4. Jika sudah sembuh kembalikan ikan ke tempat asalnya. Jika tidak yah pasti selamat tinggal karena ikan sudahnya wafat.
Ikan Cupang skit karean Pop Eye mata bengkak

Salah satu kunci keberhasilan mengbatai Pop Eye dari Ikan Cupang adalah segera mendekteksi penyakit sebelum nafsu makan ikan cupang hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *