Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Kelas Harganya

DzargonSclerophagus adalah Genus yang menunjukkan jenis-jenis ikan Arwana. Meskipun dikenal sebagai ikan hias dengan harga mahal, namun tidak semua ikan arwana bisa laku dengan harga tinggi.

Harga Ikan Arwana dijual dengan harga yang berjenjang tergantung dari jenisnya. Buat kalian para pecinta Ikan yang juga disebut sebagai Silat Naga, berikut ini adalah informasi seputar jenis dan harga ikan Arwana.

A. Jenis-Jenis Ikan Arwana

Ini bukan Artikel Biologi dan Zoologi jadi kami tidak akan menyusun sesuai dengan klasifikasi atau taksonomi yang hirarki. Kami akan mencoba membuat artikel tetang jenis Ikan Arwana berdasarkan harganya di pasaranya.

Artikel disusun berdasarkan harga Pasaran yang ada di Indonesia

1. Arwana Silver

Ikan Arwana perak yang paling banyak di jual di Indonesia berasal dari dua kategori yakni Arwana Silver Red Brazil (Osteoglossum bicirrhosum) dan Arwaran Silver Indonesia (Scleropages macrocephalus). Dua ikan arwana ini sanat mirip dan sepertinya Ikan Arwana Brazil dan Indonesia memang dari satu spesies hanya saja ditemukan di tempat berbeda.

Ikan Silver Red Arwana bisa dikatakan paling mirip dengan ikan Purba. Bentuk Ekornya masih seperti kebanyakan ikan Purba yakni Sirip panjang baik di daerah atas dan bawah. Berbeda dengan ikan air tawar modern yang siripnya pendek-pendek.

Ikan Arwana Silver Keren dengan warna tubuh cemerlang sisik sempurna

2. Green Pino

Disebut Green Pino (Scleropages formosus) karena ikan Arwana Jenis ini memiliki warna hijau yang eksotis. Sisiknya seperti ditumbuhi lumut berwarna hijau pekat.

Hanya saja, ikan ini agak unik karena pertumbuhan warnanya bisa jadi ke arah merah gelap dengan unsur kehijauan. Sehingga jika kita beruntung terkadang warna yang dihasilkan ikan seperti ikan Super Red dengan warna gelap, namun kebanyakan warnya kurang cemerlang alias buram sepeti ke arah Golden dan Pink.

Ikan arwan green Pino Scleropages formosus

3. Arwana Jardini

Ikan ini adalah ikan Endemik Papua yang banyak ditemukan di sungai dan danau tropis pegunungan Papua. Ikan ini memiliki warna hitam pekat dan disebut sebaga ikan Red Saratoga. Orang Biologi menyebutnya sebagai Scleropages jardinii.

Ikan ini bisa timbuh sampai 1 meter dengan warna hitam pekat dan seperti monster. Mereka yang suka dengan ikan predator seram pasti bakalan suka dengan rupa garang ikan ini. Pada usia dewasa, Akan ada totol hitam di bagian ekor, jadi orang Australia menyebutnya sebagai Northern Spotted Baramundi.

Awalnya ikan dijual di pasar dengan bebas di Papua sebagai ikan konsumsi namun karena sudah dimuliakan, saat ini banyak orang berburu Jardinii untuk dijual dan hasilnya ikan masuk dalam kategori ikan dilindungi dan dibatasi penjualnnya.

Arwana Jardini Mutiara Hitam dari Papua Keren Spptted Baramundi

4. Red Banjar

Red Banjar ini adalah ikan Arwan dari Genus dan Spesies yang sama dengan Ikan Super Red yakni Scleropages legendrei. Ikan ini hanya berbeda dari subspesies-nya dan lebih banyak di temukan di danau-danau Kalimantan, makanya di beri nama Red Banjar.

Warna sirip ikan ini juga berwarna merah namun tidak secemerlang Super Red. Warna merah agak ke Merah Lembayun atau Maghenta. Tapi dari sisi bentuk tubuh, ikan sangat mirip dengan Super Red.

Ikan Red Banjar Arwana keren ekor merah

5. Golden Red

Dinamakan Ikan Arwana Golde Red karena ikan Scleropages aureus ini memiliki sisik berwarna kuning dengan ekor berwarna merah. Ikan ini juga ini karena warnanya kadang menyimpan dimana ekornya tidak berwarna merah sama sekali alias kuning saja dan biasa disebut dengan istilah Arwana Golden 24K.

Selain itu, ikan ini juga kadang punya ekor yang berwarna sangat merah sehingga disebut juga dengan sebuat Golden Red Tail.

Ikan Arwan Golden Red Tail

6. Super Red

Si Naga Merah yang digemari. Tidak ada yang bisa menandingi keindahan dari Arwana Super Red ini. Bentuk tubuhnya yang indah dengan gerakan gemulai disertai sisik merah yang berkaliauan membuat ikan menjadi rajanya ikan Arowana.

Ikan ini adalah puncak dari keindahan Arwana yang bahkan pernah laku terjual di harga 220 Juta Rupiah.

Ikan Arwan aSUpre red keren dan handal

B. Daftar Harga Ikan Arwana

Berdasarkan pengalaman bergelut dengan Ikan Arwana, berikut ini adalah klasifikasi harga-harga ikan naga ini di pasaran.

NoJenisHarga Anakan (7 cm-10cm)Dewasa (> 20 cm)
1Silver RedRp. 75.000Rp. 350.000
2Green PinoRp. 150.000Rp. 700.000
3JardiniRp. 300.000Rp. 1.500.000
4Red BanjarRp. 600.000Rp. 2.500.000
5Golden RedRp. 900.000Rp. 3.500.000
6Super RedRp. 2.500.000> Rp. 20.000.000

Harga di atas adalah harga umum yang ditemukan di market Place dan pengalaman membeli ikan Arwana.

Jadi jangan tunggu lama-lama yuk mancing Ikan Arwana Yuk di Kali

CEwek cantik pamer paha mulus manicng ikan di empan

Sekian dulu, Jangan Salah Fokus, Kamu maunya ikan Arwana Kan? Bukan Ngajak Bini Berantem di rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.