Ikan Cupang Jantan – Male Betta sp

1 min read

Ikan cupang ekor meran bitta fish yang keren

Dzargon – Ikan Cupang (Betta sp) Jantan memiliki warna yang lebih cemerlang dan bentuk ekor yang lebih indah dibandingkan ikan cupang betina. Sebagai gambaran umumnya berikut ini perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina.

IKAN CUPANG BETTA FEMALE DAN JANTAN

Dari gambar di atas terlihat jika ukuran jantan dan betina jelas tampak berbeda. Dari segi layar, ukuran fin janta terlihat lebih mendominasi dibandingkan ukuran fin betina. Bentuk jantan terlihat lebih kokoh dan garang sebagaimana namanya ikan cupang atau ikan aduan.

Ukuran penjatan harus lebih mendominasi betina karena proses berkembang biak ikan cupang sangatlah dramatis dan terkadang disertai dengan kekerasan. Jika ukuran betina lebih besar, proses pemijahan dan perkwaninan kemungkin besar gagal.

Dirawat Soliter

Ikan Cupang jantan terkenal tempramental dan garang. JIka terdapat ikan cupang lain maka secara psikologis mereka merasa disaingin. Hasilnya ikan cupang jantan dewasa harus dirawat secara terpisah. Jika tidak mereka akan bertarung satu sama lain sampai satu sama lainnya cedera berat bahkan sampai mati.

Ikan cupang dirawat secara solitare di tanki aquarium terpisah

Bubble Nest

Bubble nest adalah busa yang dibuat hanya oleh ikan cupang jantan. Busa menjadi tanda jika ikan cupang jantan sudah dewasa dan siap berkembang biak. Ketika busa ini sudah jadi, maka ikan cupang Jantan akan terus berada di bahwa buble tersebut. Secara Naluri iakn cupang jantan akan menjaga busa tersebut terutama setelah ikan cupang jantan kawin.

Tugas ikan cupang jantan dalam proses berkembang biak lebih berat dari betina. Tugasnya adalah merawat burayak ikan cupang mulai dari dibuahi, menetas dan tumbuh menjadi ikan cupang. Burayak adalah kondisi paling rentang dari ikan cupang. Jika burayak ini jatuh ke dasar lantai maka ia tidak bisa naik untuk mengambil nafas. Ikan cupang jantan akhirnya berenang ke bawah untuk membawa burayak ini dasar dasar ke permukaan air.

Hatching Baby Bettas

Male betta fish will place the eggs into a bubble nest, which he will create. The baby betta fish will hatch in about three days. As they hatch, male betta fish will watch and remain under the bubble nest, catching any eggs that fall out. Once hatched, the babies are called “fry” and are very tiny. Neither parent will care for the babies – they will find their own food as they grow.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *