Harga Rata-Rata Sewa Jasa Fofografer – Pemula sampai Porfesional

1 min read

Harga Jasa Fotografi di Indonesia dan makassar

Dzargon.com – Haraga sewa jasa fotografer di Indonesia bervariasi namun pada umumnya untuk kategori profesional berkisar 1 sampai 2 juta rupiah per jamnya. Hal ini tergantung dari popularitas, tingkat keahlian dan peralatan yang digunakan oleh fotografer. Fotografer even misalnya seperti pernikahan atau acara kantor biasanya mematok tarif mulai dari 700.000 sampai dengan 2,5 juta rupiah per jam dengan minimal sewa dua jam.

Harag Sewa Jasa Fotografer di Indonesia

Harga Rata-rata Tarif Jasa Fotografer / Jam

Rata-Rata Tarif Fotografer NasionalRp. 700.000,-
Tarif TerendahRp. 200.000,-
Tarif TertinggiRp. 2.000.000,-
Rata-rata Taris Sewa JasaRp. 500.000,-

Fotografi adalah pekerjaan seni yang sulit untuk dilakukan standarisasi harga karena setiap hasil karya memiliki penggemar dan penikmatnya tersendiri, sebut saja misalnya Fotografer dengan karakter foto yang Low Key mungkin saja berbeda dengan Karakter High Key. Keduanya punya pasar masing-masing, dan sulit mengkompare apple to apple diantara keduanya.

Beberapa faktor yang mungkin membuat jasa Sewa Fotografer bisa naik adalah :

  1. Konsep yang ingin diterapkan klien
  2. Lokasi Pemotretan
  3. Jarak lokasi pemotretan dari Studio
  4. Waktu Pemotretan.
  5. Layanan Postprocessing seperti editing, cetak dan bingkai foto.

Setiap fotografer profesioanl akan membuat karakter foto yang unik dan berbeda dari fotografer lain. Hal ini bisa dilihat dari protofolio yang mereka kerjakan dalam bidang seni melukis degan cahaya ini.

Tingginya jasa sewa Fotografer profesional ini mengikuti tuntutan dunia digital yang semakin meningkat. Life style juga menjadi salah satu alasan mengapa seseorang bersedia menyewa jasa fotografer dengan harga tinggi. Harag jasa fotografi di kota Makassar untuk Paket Wedding saja sudah menembus angkay 50 juta per packet, namun beberapa fotografer amatir masih bersedia memotret dengan harga jasa mulai dari 3 juta rupiah per paket.

Dampak Covid dengan Dunia Fotografi

Wabah Pandemic Covid 2019 juga berpengaruh pada bisang jasa termasuk fotografi. Sejak perekonomian dunia menurun drastis dengan adanya pembatasan kegiatan. Perputaran uang semakin lambat. Peminat jasa fotografi profesional pun semakin berkurang dan mengakibatkan jasa sewa juga ikut menurun.

Sebuat saja salah seorang fotografer kelas menengah di kota Makassar mengatakan bahwa sebelum Pandemic mereka biasanya menerima jasa foto Weeding pada harga 8 juta sampai 25 juta per paket, saat ini kebanyakan kliennya mereka hanya ingin membayar 5 juta rupiah per paket. Namun pada pertengahan tahun 2021, harga jasa sewa fotografi berangsur-angsur naik meskipun belum kembali normal seperti sebelum pandemic terjadi.

Lain kota tentu saja lain cerita, misalnya di daerah ibu kota Jakarta, jasa sewa fotografer tentu saja memiliki range yang lebihajuh di bandingkan dengan Makassar, namun biaya operasional juga bisa jadi lebih besar seperti sewa studio dan gaji karyawan yang terlibat dalam pemotretan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *