Fakta Unik Tentang Ikan Cupang atau Ikan Petarung (Betta Sp)

1 min read

Ikan Cupang Lokal Warna Hijau Terang

Dzargon. Entah sejak kapan popularitas ikan cupang mulai digemari di Indonesia, yang pasti Ikan Cupang selalu dicari dari generasi ke generasi tidak peduli seberapa modern zaman ini. Selain dari kebiasaan unik yakni suka bertarung ikan cupang memiliki banyak warna yang membuat dia terlihat sangat menarik. Warna cemerlang dari sirip-sirip yang tumbuh pada ikan cupang membuat ikan ini adalah salah satu ikan pengisi akuarium yang cantik.

Ikan Cupang berasal dari perairan berawa di asean seperti Kamboja dan Indonesia. Pesebaran jenis ikan cupang hampir mencapai 50 jenis cupang. Tumbuh dengan ukuran bisa mencapai 8 cm untuk tipe Giant ternyata ikan cupang memiliki banyak fakta lain yang mungkin anda tidak ketahui. Berikut ini beberapa fakta unik tentang ikan cupang.  

1. Usia Harapan Hidup Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki usia harapan hidup normal selama 2 sampai 3 tahun, jadi cukup panjang untuk dijadikan hewan peliharaan. Bahkan untuk kondisi tertentu, ikan cupang bisa bertahan hidup sampai 5 tahun.

2. Ikan Cupang Bernafas di Udara

Ikan cupang memang memiliki insang yang digunakan oleh ikan untuk menyaring oksigen dari air. Selain insang, Ikan Cupang memiliki labirin yang letaknya ada di daera atas kepala ikan cupang.

Labirin ini digunakan oleh ikan cupang untuk menghisap oksigen langsung di udara. Habitat asli ikan cupang yang ada di rawa membuat pasokan oksigen sangat kurang dari air, sehingga mereka beradaptasi dengan cara menambah pasokan oksigen dari udara langsung.

Ikan Cupang Lokal warna Biru Cyan

3. Gradasi Warna.

Ikan cupang menjadi ikan yang sangat cantik karena siripnya bisa tumbuh menanjang dengan warna-warna yang indah. Gradasi warna yang dihasilkan oleh sirip ikan cupang bisa mencapi 25 warna namun yang paling banyak muncul adalah biru, merah, orange, hijau, kuning, ungu, hitam dan putih.

4. Ikan Teritori

Ikan cupang adalah jenis hewan teritorial yakni hewan yang lokasi hidupnya dibatasi oleh daerah tertentu. Satu teritori mungkin hanya 20 sampai 50 cm bujur sangkar dan akan dipimpin oleh satu cupang jantang dewasa.

Jika terdapat dua ekor cupang jatang dewasa dalam satu daerah teritori mereka akan otomatis beradu sampai salah satu ikan cupang meninggalkan teritori tersebut.

Sifat ini banyak disalahgunakan oleh hobiis untuk diadu samapi salah satu cupang mati karena mereka ditaurh dalam wadah kecil dimana cupang jantang yang kalah tidak bisa kabur dan akan menjadi bulan bulanan cupang dominan.

5. Jantan Perawat

Meskipun Cupang Jantan akan merupakan jenis ikan teritori namun Ikan Cupang Jantang hanya kawin dengan satu betina saja, lalu sang betina akan kabur setelah kawin dengan cupang.

Anak-anak ikan cupang akan dirawat oleh ikan cupang jantang di buih yang telah dibuat cupang jantang. Tujuannya adalah agar anak ikan cupang ini bisa bernafas. Anak ikan Cupang / Burayak Cupang sangatlah rentang dengan kematian.

Buih dan Busa ikan Cupang jantan siap bertelur

Burayak cupang bahkan tidak bisa bernasa sendiri karena ingsangnya belum tumbuh sempurna. Jika burayak cupang jatuh dari ke dasar, maka Induk Jantan cupang akan mengambilnya dengan mulut lalu membawanya kembali ke permukaan air.

James Bond – No Time to Die Bakalan Ditemani…

Dzargon – Wabah Corona Virus Disease 2019 atau COvid-19 telah berhasil mengubah tatanan sosial dunia. Salah satu dampak buruknya juga terasa sampai ke industri...
Ahmad Dahlan
1 min read

Kumpulan Foto Hijaber Cantik Indonesia Yang Tidak Terkenal Tapi…

Dzargon – Indonesia memang terkenal dengan banyak cewek-cewek cantik yang tersebar di seluruh penjur tanah air. Apalagi cewek-cewek cantik yang mengenakan hijab yang sering...
Ahmad Dahlan
27 sec read

72 Fakta Unik Tentang Pengatahuan Umum yang membuatmu Tercengan

Dzargon – Bumi ini adalah satu-satunya planet yang dihuni lebih dari 7,5 milliar orang. Sehingga sangat wajar jika tingkah laku dari setiap jiwa dari...
Ahmad Dahlan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *