Desain Aquascape Tanpa Tanaman – Minimalis dengan Kesan Batu dan Tebing

1 min read

Ide desain Aquascape tanpa menggunakan Tanaman dan hanya pakai Batu

Dzargon – Aquascape adalah salah satu hobi yang tidak hanya mahal tapi juga butuh pengetahuan yang lebih. Apalagi kalau di dalamanya ada tanaman yang punya karakter tanam yang sulit.

Jika ada, maka Aquascaper harus mulai mempertimbangkan jenis tanah, soil, filter Canister, Rumah Bakteri sampai Urusan CO2. Hanya saja ini adalah bagian yang dipertimbangkan di awal membuat Aquascape, masalah perawatannya lain lagi.

Pada satu titik tertentu, kondisi tanah akan mencapai titik jenuh yakni ketika pori-pori tanah sudah mati dan udara tidak dapat keluar lagi. Kondisi ini membuat bakteri di bagian dalam tunah susah hidup dan lama kelamaan akan mati.

Jika sudah begini maka tanaman yang di tanaman di dalam Aquascape akan mati. Lama waktu sampai tanahnya jenuh memang tidaklah sama namun pada umumnya hanya bertahan sekitar 1 sampai 3 tahun. Pada kondisi maka hal yang dilakukan adalah mengulang dari awal lagi.

Nah sudah dalam posisi ini maka hal yang dipertimbangkan adalah membangun kembali Aquascape itu sama hal mengeluarkan uang ulang hanya saja tanpa membeli Tanki. Item lain sepeti Lampu, Filter, Difuse Carbon dioksida dan soil harus diibeli ulang.

Kita misalkan saja, built ulang Tanki Aquascape ukuran 100 cm x 45 cm x 40 cm itu butuh

  1. Soil 18 Liter = Rp. 400.000
  2. Pasir Malang 10 liter = Rp. 50.000
  3. Bakteri Starter = Rp. 30.000
  4. Difuser Carbon Dioksida = Rp. 100.000
  5. Lampu = Rp. 150.000
  6. Filter Canister = Rp. 300.000
Model Aquascape Iwagumi yang keren

Jadi hitung-hitung bisa habis satu jutaan lagi. Kalu lagi cuan kan gak masalah tapi gimana kalau kondisinya lagi Bokek. BIsa jadi brabe kan.

Nah sebagai alternatifnya ada baiknya untuk mengusung tema Minimalis di Aquascape tanpa tanaman, kalau ada ada tanaman mending pakai tanaman yang tidak butuh Konsentrasi Carbon diokasida tinggi seperti Buce, Java Moss, atau Anobisa. Tapi Anobisa memang mahal sih.

Kita bisa memangkas banyak teritama Soil dan Filter Canister yang maha mahal. Lulmayan kurang 700 ribu rupiah loh. Idenya yang buat saja seperti Iwagumi atau Siklik seperti gambar berikut ini :

Model Aquascae keren pakai Batu yang luar biasa handalnya

Penutup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *