Daftar Area dan Tempat Wisata Camping Ground di Makassar, Gowa dan Maros

2 min read

Camping Ground di daerah Makassar dan sekitarnya

Dzargon. Camping adalah salah satu hobi yang paling asik dilakukan bersama teman. Apalagi jika kamu punya waktu liburan panjang seperti liburan akhir tahun.

Buat kalian para pecinta camping yang tinggal di wilayah Makassar dan sekitarnya, berikut ini ada beberapa lokasi camping yang cocok buat para pemula dan belum bisa menaklukkan tingginya Gunung Bawakaraeng atau Lompo Battang. Tidak ada salahnya mencoba salah satu dari daftar berikut ini .

1. Kawasan Benteng Somba Opu

Kawasan Benteng Somba Opu adalah kawasan benteng yang masih memiliki ruang terbuka hijau dan lapangan yang luas. Di depan baruga Somba Opu terdapat sebuah lapangan rumput yang lumayan datar dan sering dijadikan area camping ground oleh anak Pramuka.

Hanya saja ada beberapa titik di area Benteng ini yang terlarang untuk dijadikan tempat camping seperti di depan Lapangan Utama, di daerah makam pahlawan dan benteng utama. Alasannya tentu saja karena area tersebut terdapat situs cagar budaya yang harus dijaga.

Buat kalian yang ingin camping disini, butuh izin dari pihak pengelola. Tujuannya agar mendapatkan jaminan keamanan. Soalnya kalau tengah malam banyak orang yang mengaku pihak pengelola yang meminta sejumlah uang sewa dari para pengunjung.

BEnteng Somba Opu keren

2. Pantai Layar

Kawasan Pantai Layar terletak satu kompleks dengan pantai Tanjung Bayang, Akkarena dan Tanjung Merdeka. Pantai layar terletak paling ujung di dekat muara sungai Je’ne berang. Diberi nama pantai layar karena adanya tugu layar yang berdiri kokoh di pantai ini.

Pantai ini sebenarnya memiliki pantai yang cukup datar dan asik dijadikan sebagai tempat camping, apalag menikmati pemandangan sunset yang cetar membahana. Hanya saja akhir-akhir ini banyak kasus kiriminal disana dan kurang direkomendasikan, kecuali kalian buat tendanya rema-rame.

3. Air Terjun Parangloe

Parang Loe adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa. Lokasinya berada di jalan Poros Malino dan berjarak sekitar 45 km dari kota Makassar. Di kecamatan ini terdapat sebuah Air Terjun bertingkat dan dikenal sebagai air terjun Parang Loe.

Dari sisi keindahan, Air Terjun mungkin paling unik di wilayah Ma’minasata. Tidak heran jika ada banyak pengunjung datang ke tempat ini untuk wisata. Hanya saja karena butuh jalan sekitar 40 menit dari jalan Poros Malino, Tempat ini masih cukup sunyi untuk para Camper, tapi justru disini keasyikan saat camping karena suasananya cukup nyaman.

Di Area Air Terjun Parang Loe terdapat tiga titik Camping yang cukup luas dan diperkirakan mampu menampung sekitar 2.000 orang sekaligus. Suasana-nya pun cukup nyaman dengan tanah lapang yang dikelilingi oleh pohon yang tinngi yang teduh.

Air terjun PArang Loe Camping ground keren

4. Bislab

Bislab adalah singkatan dari Biseang Laboro atau secara harfiah berarti kapal karam atau kapal pecah. Bislab berada di daerah Maros jalan menuju Cambayya. Pintu masuk dari Bislab tempat di depan Water Boom Maros.

Di tempat ini terdapat sebuah sungai yang besar dengan air jernih yang mengalir keluar dari sebuah gua di bawah batu besar. Air ini langsung bisa di minum. Saat ini Bislab sudah sangat ramai dengan pedagang penganan bagi mereka yang ingin membangun tenda di Bislab.

sungai jernih di area Bislab

5. Goa Saripa

Lokasi Goa Saripa tidak begitu jauh dari Bislab, Goa Saripa di ambil dari nama seorang wanita yang menjadi legenda dari goa tersebut. Terdapat sebuah camping ground yang terletak di depan goa saripha yang menyediakan pengalaman camping tersendiri. Jika anda pernah menghabiskan beberapa malam di tempat ini tentu saja selalu ada pengalaman yang sulit digambarkan dengan kata-kata oleh karena itu silahkan mencobanya sendiri.

6. Pantai Barombong

Pantai Barombong terletak berdekatan dengan BPLP Barombong. Untuk mencapai tempat ini paling tidak kita harus menempuh sekiat 15 km dari pusat kota Makassar melalui jalur metro tanjung. Pantai ini dulu sering dijadikan tempat camping ground oleh penulis bersama teman teman SMA sekitar akhir tahun 2005. Cukup nyaman menghabiskan alam ditempat ini hanya nyamuknya di tempat lumayan besar jadi siapkan pencegahnya.

7. Lembanna

Bagi para pecinta alam, tempat ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi anda. Lembanna adalah kaki gunung bawakaraeng yang terletak di kecamatan Tinggimoncong yang berjarak sekitar 85 km dari kota Makassar. Lemabanna menjadi desa terakhir yang ditemui jika kita melakukan pendakian ke Gunung Bawakaraeng atau ke Lembah Ramma.

Beberapa kali penulis menghabiskan malam di Lemabanna tepatnya di daerah Pinus yang sedikit datar sebelum naik ke Bawakaraeng. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi pemula karena tidak begitu jauh dari rumah penduduk.

Cewek manis pakai Hijab di Lembanna

8. Rammang-Rammang

Rammang-Rammang terkenal sebagai hutan Karts namun jauh sebelum terkenal sebagai hutan karst, Para pecinta alam sering menjadikan sebagai tempat latihan dasar para anggota barunya. Pada tempat ini terdapat sebuah goa dan telaga bidadari yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam dari rumah penduduk. Terdapat banyak kera di tempat ini bahkan sampai sekarang jadi berhati meletakkan barang-barang di depan tenda pada saat membangun camp di tempat ini.

Akhir Kata

Nah itulah 8 tadi delapan tempat camping ground bagi anda yang masih pemula. Carilah informasi mengenai kemana untuk masing masing tempat camping ground tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk membangun tenda di tempat tersebut. Namun beberapa tempat yang sangat direkomendasikan adalah Parangloe, Rammang-Rammang, Lembanna, dan Bislab sangat direkomendasikan oleh penulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *