Cara Mudah Meningkatkan Warna dan Jenong Ikan Louhan

4 min read

Dzargon – Flowerhorn atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ikan Louhan adalah salah satu jenis Ikan Hias Air Tawar yang sangat populer di Indonesia. Warna yang indah, dengan sisik berwarna merah, ikan ini seperti memiliki ornamen orientalis pada tubuhnya. Hal ini yang membuat ikan dengan Jenong indah banyak disukai.

Hal yang menarik dari ikan ini terletak pada Warna dan Jenongnya yang unik. Warna merah pada Ikan Louhan sendiri memiliki makna fengsui tersendiri bagi etnies Tionghoa, jadi jangan heran jika banyak Koko dan Baba yang suka banget merawat ikan ini di rumah mereka. Bahkan nama Louhan itu sendiri diambil dari bahasa Mandaring yakni HUa Louhan yang tidak lain adalah Dewi Pelindung.

Menurut pengalaman penulis, memelihara ikan hias Louhan itu termasuk gampang-gampang susah. Gampang karena ikan Louhan termasuk ikan hias yang bandel dan tidak rewel dalam segala kondisi air dan pakan. Ikan louhan dapat terus hidup dalam rawatan yang sangat minimal sekalipun.

Susahnya jika kita ingin mendapatkan kualitas keindahan dan keunggulan maksimal ikan Louhan kesayangan kita, keunggulan ikan louhan seperti keindahan warnanya dan corak motif sisik tubuhnya (marking, mutiara, warna). Jenong atau dahi yang besar yang merupakan ciri louhan berkualitas.

Sering terjadi Louhan yang telah kita beli yang sebelumnya sangat indah dan berkualitas, tetapi begitu masuk aqurium di rumah tiba-tiba berubah. Warna menjadi pudar (pucat), jenong seperti mengempes turun. Tentunya ini akan membuat kita merasa kesal dan ikan Louhanpun terlihat seperti tidak berharga lagi. Nah untuk mengatasi hal tersebut di sini admin akan mencoba membahas mengenai Cara Menambah Warna dan Jenong atau Jidat (Nongnong) Pada Ikan Louhan. Berikut ulasanya.

A. Cara Menambah Warna Pada Ikan Louhan

Secara umum untuk menambah warna dan kualitas kecerahan warna ikan Louhan kesayangan anda dapat dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut ini;

1. Makanan/pakan

Salah satu yang mempengaruhi kuwalitas warna ikan Louhan adalah makananya. Karena ikan louhan yang tumbuhnya kurang maksimal akan memiliki warna yang pucat yang lama kelaman akan memudar. Makanan yang dipercaya mampu memberi kwalitas warna pada ikan Louhan adalah pakan yang banyak mengandung sepirulina, ini banyak terkandung dalam udang dan telur udang, cacing darah, serta hati sapi karena juga mengandung banyak karotin. Pakan Pelet buatan pabrik juga bagus karena mengandung komposisi lengkap nutrisi untuk Louhan. Pilih pakan yang spesial meningkatkan dan mencerahkan warna Louhan secara aman, biasanya para produsen Pakan Louhan akan memasang lebel dalam kemasan yang betuliskan formula Hyper Red, Red Up atau Colour enacour.

2. Kerikil atau Batu

Beberapa hobiis sering menyarankan agar memberikan dasar akuarium berupa kerikil berwarna terang, seperti merah dengan harapan akan memicu warna ikan. Tetapi pemberian batu-batuan berwarna di dasar aquarium perlu dipertimbangkan karena, perlu juga diketahui bahwa indukan asli ikan luohan berasal dari lingkungan perairan dengan bebatuan berwarna pucat, sehingga tidak tertutup kemungkinan pemberian dasar atau dekorasi ber warna-warni malah akan menyebabkan ikan tersebut sulit beradaptasi dan menjadi stress.

3. Beta Karoten

Untuk memicu warna, berikan pakan yang memiliki kandungan beta karoten, atau astaxhantin tinggi. Bahan ini tidak dapat diproduksi oleh ikan, sehingga perlu ditambahkan pada pakannya. Meskipun demikian perlu diketahui bahwa bahan ini hanya akan digunakan oleh ikan seperlunya saja. Pemberian yang berlebihan akan dibuang oleh ikan dalam bentuk kotoran (faeces).

Komposisi yang yang pas untuk makanan ikan Louhan berupa pelet adalah yang mengandung zat-zat vitamin dan unsur-unsur seperti ; Protein khusus ikan(Fish Protein), Fish Meal, Egg yolk, Wheat germ, Dried yeast, Wheat flour,. Soybean, meal, shrimp paste, while shrim, Enzym protein, Protesea. Organic Mineral 16 Vitamin and natural color. Juga diberikan tambahan khusus berupa; shrimp meal, Blodd worm, Spirulina. Betacarotine, Astaxantine algae.

4. Lampu UV

Untuk memicu warna pada ikan Louhan bias juga dilakukan dengan cara memasang Lampu UV pada Akuarium. Lampu-lampu ini berfungsi untuk memicu pertumbuhan kilat warna pada tubuh ikan louhan. Sebaiknya Lampu UV tidak dinyalakan terus menerus sepanjang hari, karena jika dinyalakan terus menerus, ikan louhan akan terangsang untuk terus bergerak tanpa istirahat dan ini menyebabkan ikan mengalami kelelahan secara fisik. Selain itu juga panas yang ditimbulkan cahaya lampu UV dapat mengurangi kandungan oksigen dalam air aqurium karena menguap akibat panas yang berlembihan.

B. Cara Meningkatkan Jenong/ jidat

Secara umum untuk meningkatkan dan membesarkan jidat / Jenong ikan Louhan kesayangan anda dapat dilakukan dengan memperhatikan dan melakukan hal-hal berikut ini;

1. Pemberian makanan/ Pakan

Kemudian untuk menambah jidatnya bisa dilakukan dengan cara memancing amarah atau memberi pakan khusus. Dengan memancing marah, semua sirip dan otot pada ikan louhan dapat mengencang. Sehingga dapat memcancing Nongnong keluar. Kemudian jika ingin menggunakan makan, maka harus memberi makan yang banyak mengandung lemak dan protein karena di dalam nongnong louhan sendiri merupakan tempat penyimpanan jaringan otot lembut dan lemak sehingga jika memberi makan tersebut maka pertumbuhan daging dan lemaknya akan bertambah sehingga merangsangnya peningkatan pertumbuhan jenong jidat ikan Louhan.

2. Cermin

Sebagian hobbis pencinta ikan hias Louhan ini percaya bahwa dengan memberikan rangsangan terhadap naluri menyerang ikan, dapat memicu pertumbuhan jenong ikan Louhan. Karenanya perlu sekali-sekali ikan Louhan saling berhadapan untuk bertarung dengan kaca yang disekat. Para hobbis kebanyakan menggunakan cermin untuk membuat ikan louhan marah dan merasa seperti bertarung, dengan bayangannya dicermin Louhan merasa itu adalah ikan Lain yang berada di daerahnya. Karena dengan melihat cermin (gambarnya sendiri) ikan louhan akan marah dan dengan demikian dapat membuat jidat bertambah besar.

3. Vitamin

Selain makan berlemak dan protein dapat juga dilakukan dengan cara memberi Vitamin dan mineral seperti misalnya K3 atau bias menambahakan Valin, metionin, Ca-panthotenat, tripthopan, garam Na, k dan Mg.

4. Air

Faktor terpenting dari kesemua cara dan perlakuan ikan Louhan di atas, baik cara meningkatkan warna maupun Jenong adalah menjaga kualitas air yang sesuai untuk ikan Louhan kesayangan kita. Pengalaman penulis sendiri, air sangat berpengaruh besar terhadap penampilan ikan baik warna maupun jenong, ikan louhan juga peka terhadap kondisi air, terutama ikan Louhan yang memiliki Jenong tipe Air, akan sangat mudah sekali kempes dan mengecil jika kualitas air aquarium jelek.

Air sendiri sangat berpengaruh langsung terhadap vitalitas ikan Louhan, dimana kualitas air yang baik akan membuat ikan terlihat sehat dan bersemangat, sehingga mencarkan warna dan jenongnya secara maksimal. Pun sebaliknya kualitas air yang jelek bisa menyebabkan timbulnya berbagai masalah, khususnya masalah gangguan kesehatan pada ikan, yang tentu saja berimbas pada penampilan ikan secara keseluruhan.

*) Catatan:
Pakan buatan dapat berupa pelet yang mengandung hormon atau pelet yang mengandung spirulina. pelet yang demikian dapat memicu pertumbuhan warna louhan, sehingga louhan menjadi lebih cemerlang dan indah. Pemberian pakan buatan mempercepat perkembangan warna louhan. Banyak pakan/pelet buatan untuk Ikan Louhan yang beredar di Pasaran, tinggal anda sendiri yang harus selektif memilih mana pakan yang cocok dan berkualitas untuk ikan Louhan kesayangan anda.

Aneka Macam pakan-pelet Buatan Pabrik Untuk Louhan
Perlu diperhatikan, pemberian pakan/pelet buatan hendaknya secukupnya saja dan jangan berlebihan. Karena dalam beberapa kasus pemberian pakan yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek negatif yang berbahaya bagi Ikan. Misalnya, pertumbuhan yang tidak proporsional ditubuh ikan karena lemak, munculnya warna di tempat yang tidak diinginkan (dibibir dan sirip). Bahkan jika over dosis dapat menyerang lever dan menyebabkna kematian. Oleh sebab itu, pemberian pakan yang bervariasi akan menjamin kecukupan asupan vitamin dan gizi yang diperlukan louhan.

Pakan yang paling pas untuk menambah warna pada Ikan Louhan adalah pakan alami dapat berupa jentik nyamuk (cuk), kutu air, udang, ulat jerman, dan cacing (Cacing tanah, cacing Sutra, cacing darah). Karena pakan alami kurang higienis, sebagian dicuci atau dibersihkan dari kuman dan bakteri sebelum diberikan kepada louhan, untuk pakan menggunakan cacing menurut pengalaman penulis yang teraman adalah memberikan pakan cacing beku saja.

Demikian cara meningkatkan warna dan jenong ikan Louhan Kesayangan anda, semoga bermanfaat, terimakasih.

Cara Menggunakan Heater Penghangat Pada Aquarium Air Tawar

Berikut ini adalah cara memasang heater dna pengahangat Aquarium untuk ikan hias Air tawar agat tidak terjadi kesalahan
Admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *