Cara Mengobati Tanduk Sapi yang Lepas dengan PK dan Alkohol

1 min read

Bagan tanduk sapi yang bisa terkelupas


Dzargon – Bagi anda yang memiliki hewan ternak Sapi, mungkin pernah mengalami tanduk sapi yang terlepas. Lepas dalam hal ini tidaklah patah akan tetapi lapisan luarnya terkelupas sehingga nampa tanduk sampai seperti daging yang rapuh.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya bergesekan dengan kandang atau malah berantem dengan sapi lain.

Tanduk memiliki lapisan tebal yang terbuat dari zat kitin sama seperti kuku manusia. Lapisan keras ini besa terlepas karena benturan benda keras sama seperti kuku, termasuk dengan darah yang akan mengalir deras ketika tanduk ini terkelupas.

Jika terjadi hal demikian, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah menghentikan aliran darah yang keluar. Karena jika dibiarkan sapi akan merasakan sakit yang lebih lama dan akan berdampak pada kondisi emosional sapi.

Cara mengibati bisa dengan obat PK yang banyak dijual di Apotik. Di sebut sebagai PK karena singkatan dari Permanganas Kalium yang berperan sebagai anti septik pada luka luar yang menganga. Obat ini bisa ditemukan dengan mudah karena sudah umum digunakan sebagai obat untuk menghentkan pendarahan dan mencegah infeksi.

Obat PK untuk mengobati infeksi luka terbuka

Harga obat PK terbilang mulai yakni mulai dari 8.000 sampai dengan 18.000 rupiah. Bentuk obat PK seperti serbut berwarna ungu yang digunakan dengan cara dicampurkan ke dalam air. Air campuran ini kemudian diteteskan pada luka dengan bantuan kain.

Namun hati-hati dalam pengunaannya. Karena rasanya akan sedikit perih sehingga sapi akan sedikit memberontak. JIka cara meneteskan air susah, cara lain bisa digunakan dengan cara menuangkan dalam bentuk serbuk ke luka sapi.

Alkohol

Jika sudah berhenti sebaiknya luka dibungkus dengan kain kasa, agar luka yang tadi terbuka tidak dihinggapi serangga seperti lalat. JIka disingahi lalat, maka ada kemungkinan lalat akan bertelur di sana. Telur ini selanjutnya akan berubah menjadi ulat. Jka hal ini terjadi ini terjadi basuk luka dengan alkohon 70 sampai 90 % yang dijual di apotik.

Kandungan anti septik alokohol ini juga membantu membuat luka jadi semakin cepat kering karena mematikan bakteri di sekitar luka. Jika sudah sembuh lapisan kitin di tanduk sapi ini akan tumbuh perlahan-lahan sampai akhirnya utuh kembali.

Cara Menanam Anggur Bagi Para Pemula

Cara menanam anggur bisa dilakukan dengan metode stek, cangkok, maupun biji. Apapun metode yang digunakan, ada prosedur utamanya. Anda yang melakukan penanaman tanaman anggur...
Admin
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *