Cara Mengenali Tanda-Tanda dan Mengatasi Ikan Cupang Sakit

1 min read

Ikan Cupang Terapung Warna Merah Terapung

Dzargon. Ikan cupang adalah hewan peliharaan yang sangat keren karena bentuk sirip yang full color dan indah sehingga banyak orang senang menempatkannya di sudut ruangan atau dekat meja kerja. Namun tidak sedikit dari mereka harus kecewa ketika menemukan cupang mereka malas makan, atau mengalami perubahan warna sampai akhirnya mati, padahal mereka sudah merawat dan memberi makan yang lebih dari cukup.

Perawatan ikan cupang dilakukan dengan cara yang benar adalah cara yang jarang diketahui oleh para pecinta cupang.   Ikan cupang yang sering dipelihara secara terpisah dari ikan lain lebih rentang mengalami stress dan terserang penyakit.

Hal ini yang menyebabkan banyaknya ikan cupang mati tanpa sebab. Untuk menghidari kematian tersebut ada baik anda mengenali tanda-tand adan penyebab ikan cupang mati. Berikut ini ini cara mengenali tanda-tanda ikan cupang yang mengalami gangguan kesehatan.

Warna Memudar

Tanda-tanda pertama ketika cupang diserang panyakit, parasit, gangguan pencernaan atau sedang stress adalah perubahan warna dan kehilangan kecerahan tubuh. Warna akan berubah menjadi lebih pucat dan memudar.

Ikan cupang hitam Biru Sakit warna pudar

Periksa Sirip

Periksa bagian sirip atas dan sirip bawah. Tanda-tanda kerusakan bisa dalam bentuk sirip sobek ditengah meskipun cupang belum pernah di adu sebelumnya, kemudian sirip kuncup dan jarang mekar.

Cara mengecekanya dengan menaruh cermin dakt ikan cupang sampai cupang mengembangkan siripnya. Jika tidak mengembang atau ditemukan sobek maka cupang dalam keadaan sakit.

Sisik Ikan NEnas TErkelupas Ikan Cupang Sakit

Suka Mojok

Ikan cupang yang sedang mengamali gangguan kesehatan cendering lebih sering dipojokan dan passif. Gerakannya lambat lebih dari biasanya dan malas untuk naik mengambil oksigen di udara.

Kehilangan Nafsu Makan

Ikan cupang adalah ikan yang rakus bahkan meskipun sudah kenyang akan tetap makan. Jika ikan cupang enggan makan meskipun perutnya buncit maka kemungkinan besar ikan sedang sakit atau ikan cupang dalam keadaan Stress. Terutama pada pakan ikan cupang diberi makan jentik nyamuk.

Sisik Ikan Cupang Rusak karena penyakit

Terapung

Terapung adalah kindisi dimana ikan sering berada dipermukaan dan mengeluarkan mulurnya dari air. Tujuannya adalah untuk mengambil oksigen langsung dari udara, jika ikan cupang sering munucl kepermukaan kemungkinan ikan cupang diserang infeksi pada ingsan atau kualitas air yang gunakan jelek.

Menggaruk Badan

Tentu saja ikan cupang yang sedang sakit tidak menggaruk badan dengan tangan, namun ikan cupang akan menggosokan badanya ke bagian tertentu dari akuarium dengan cepat. Jika dibiarkan maka sirip dan tubuh ikan cupang akan luka. Dalam keadaan ini ikan cupang dihinggapi parasit.  

Cara Mengenali Tanda-Tanda dan Mengatasi Ikan Cupang Sakit sakit dihinggapi parasit

Kerusakan Organ

Pada kondisi kerusakan organ sangat jelas dapat dilihat yakni terdapat luka di sekujur tubuh atau termakan parasit. Perubahan warna mata menjadi merah karena darah atau membengkan bahkan pecah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *