Cara Budidaya Ikan Cupang

6 min read

Foto ikan cupang betina yang siap kawin

Dzargon – Yuk beternak Ikan Cupang. Ikan ini tidak hanya memiliki nilai estetika loh kalau dikembangkan dengan baik, tapi juga memiliki nilai ekonomis. Asal serius saja dan mengikuti cara Budidaya Ikan Cupang ala profesional dan yang sudah berpengalaman.

Ikan Cupang atau dengan Betta sp adalah ikan yang memiliki serit dan sisik yang indah. Warnanya vivid dan cemerlang sehingga tidak heran jika banyak orang yang akan dengan mudah jatuh cinta padanya. Hewan yang bandel dan tahan dengan berbagai perubahan suhu, membuat hewan ini jadi lebih populer lagi.

Berkenalan dengan Ikan Cupang

Ikan Cupang adalah ikan yang bisa bertahan hidup dengan kondisi air yang minim oksigen. Penyebabnya adalah labirin yang ada di atas kepala ikan cupang ini memungkinkan ikan ini bernafas langsung dari udara bebas. Jadi jangan heran kalau ikan ini mampu hidup di rawa-rawa padat tanaman air seperti enceng gondok atau sampai Nipa, sejenis tanaman palen yang tumbuh di rawa.

Meskipun masuk dalam kategori ikan rawa, namun jangan salah. Ikan bisa dikatakan memiliki kombinasi warna paling lengkap dari segala jenis ikan rawa.

Tidak Percaya?

Berikut ini adalah kumpulan jenis-jenis ikan Cupang yang sudah terkenal.

1. Cupang Halfmoon

Ikan Cupang ini memiliki bentuk ekor yang panjang dan melingkar hingga lebih dari 180o. Karena bentuknya yang unik dan menyerupai bentuk bulan, Jeff Wilson memberi nama ikan ini dengan sebutan “halfmoon” atau secara harfiah berarti bulan separuh.

Jenis Ikan Betta Cupang dengan waran badan yang keren halfmoon

2. Halfmoon Doubletail

Sebutan double tail (cagak) diberikan pada ikan yang memiliki sirip ekor sebanyak dua buah. Akibatnya, ikan ini seperti memiliki sirip ekor yang terbelah sehingga disebut juga dengan istilah “fin split”. Setiap sirip ekor (belahan) tersebut memiliki ukuran yang sama besar dan sama lebar. Diduga, cupang cagak merupakan mutan dari halfmoon yang memiliki satu sirip ekor (single tail).

3. Plakat

Plakat berasal dari istilah di Thailand yang artinya kurang lebih adalah tarung atau laga. Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang ini biasa digunakan sebagai cupang aduan. Thailand memang memiliki tradisi adu cupang yang sudah melegenda.

Sirip dan ekor cupang plakat biasanya pendek tidak menjumpai seperti serit dan halfmoon. Karena pendek, sirip tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar. Gerakan ikan cupang plakat tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar.

4. Kuping Gajah (big ear)

Sama seperti Plakat. cupang ini juga mempunyai ekor yang pendek. namun sesuai namanya, ikan ini mempunyai sirip yang besar seperti gajah. ikan ini juga nampak anggun karna ketika berjalan atau ngedok ikan ini nampak membelai belaikan siripnya yang panjang. Untuk jenis ini harganya masih lumayan mahal, karna masih jarang ditemui di toko ikan hias.

5. Serit (Crown Tail)

Ikan jenis ini mempunyai pangkal ekor yang lancip seperti sisir serit dan umumnya membentuk silang . Ikan ini adalah ikan asli indonesia, yang pertamakali di ternakan di kompleks Bulog, Rawamangun, Jakarta Timur

Pada awal kemunculan nya ikan ini menjadi bahan tertawaan dan ejekan di kontes ikan cupang di Bali. Mereka beranggapan bahwa ikan ini adalah ikan cacat dan tidak masuk dalam katagori kontes. Seiring berjalannya waktu ikan ini menjadi idola dan diburu para penghobi cupang karna bentuknya yang khas.

6. Giant

Ikan Cupang Giant bukanlah teman Suneo yang suka Nge Bully Nobita tapi Ikan Cupang yang ukurannya relatif besar dibandingkan dengan ikan cupang yang lainnya. Sangkin besarnya, ikan ini bisa tumbuh sampai 12 cm meskipun rata-rata hanya tumbuh sampai 10 cm.

7. Slayer

Cupang ini adalah cikal bakal dari halfmoon. jenis ini mulai dilupakan karna kurang menarik. Bentuk ekornya yang menguncup membuatnya terkesan layu.

8. Cupang Liar

Ini adalah cikal bakal dari cupang hias yang ada saat ini, keadaanya semakin langka dan sangat sulit membudidayakannya membuat ikan jenis ini sangat mahal, harganya bisa mencapai jutaan Dolar Rupiah.
Saat ini mulai banyak orang yang mecoba untuk membudidayakannya, ikan ini belum bisa dibudidayakan secara buatan.

Jenis Ikan Cupang Berdasarkan Warnanya

Ikan Cupang hias juga bisa dibedakan berdasarkan warna yang mereka miliki.

1. Dragon

julukan Dragon atau Naga diberikan karna jenis ikan ini mempunyai sisik yang berselimut Titik-titik seperti mutiara dari ujung kepala sampai pangkal ekor. Warna sisik yang mengkilat, terlihat tebal dan menonjol disekujur tubuh membedakannya dari cupang hias biasa.

Warna sisik dan warna sirip membedakan penamaan cupang naga ini, seperti red dragon: cupang naga bersirip merah, yellow dragon: cupang naga bersirip kuning. Cupang naga mulai diperkenalkan di Aquarama tahun 2005 dan saat ini menjadi trend cupang hias di Indonesia.

2. Fancy

Ikan cupang Plakat Fancy merupakan salah satu jenis cupang plakat yang memiliki banyak corak warna. Corak warna yang dimiliki paling sedikit sekitar 3 corak warna yang terdapat dibagian tubuh, ekor dan sirip ikan. Warna itu yang membuat ikan ini menjadi unik dan cantik.

3. Koi

Hamir sama seperti plakat. yang membedakan pada ikan ini Corak pada ikan ini yang (ngeblok) seperti ikan koi. Warna ini yang membuat ikan terlihat unik seperti ikan koi tapi dalam versi mini-nya.

4. Marbel

Jenis marble mempunyai corak warna yang sembarangan dan terkesan kusam yang membuat ikan ini terkesan klsik.

5.Super Red

Meskipun namanya Super Red namun ikan cupang ini tidak hubungan dengan ikan Arwana Super Red. Ikan Cupang ini hanya memiliki warna merah tanpa warna lain jadi seperti merah-nya darah

6. White

Sama seperti saudaranya Super Red. Cupang jenis ini mempunyai warna dasar putih polos

7. Solid Black

Ikan Cupang Solid Black adalah ikan cupang eksotis yang memiliki warna sisik hitam polos. Sepeti ayam cemani, nuansa hitamnya sangat kental.

8. Blue

Ikan Cupang Blue memiliki warna sisik yang didominasi warna biru.

Cara Budidaya Ikan Cupang

Setelah mengenal jenis-jenis ikan cupang selanjjutnya mari kita mulai mencari tau tata cara bertenak ikan cupang.

A. TEMPAT ATAU WADAH PIJAH

Wadah yang digunakan umumnya berukuran PxLxT 20x15x12. Jika terlalu kecil ikan akan kesulitan bergerak. Jika terlalu besar ikan akan kesulitan mengejar pasangannya

B. AIR

Air yang digunakan harus mengandung PH yang stabil. Air yang bersih menjadi pendukung keberhasilan memijahkan. Biasanya peternak menggunakan daun ketapang untuk menyetabilkan PH air dan membunuh bakteri yang dapat membusukkan telur. baca juga Manfaat Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang. Tinggi air juga turut mempengaruhi. Biasanya tinggi air yang ideal antara 15-20cm. Jika terlalu tinggi akan membuat burayak susah mencapai permukaan air nantinya.

C. MEMILIH INDUKAN

Indukan yang baik dan berumur sangat berpengaruh terhadap hasil telur yang didapat. Semakin tua indukan menyimpan telur maka ia semakin siap dipijahkan. Usia mapan cupang jantan adalah diusia 4bulan lebih. Dan pada betina 6 bulan lebih.

Pilih indukan yang sehat, mempunyai warna cerah dan tidak cacat. Perlu diketahui agar tidak mengawinkan ikan yang satu indukan yang sama (satu lubuk) karna dapat mengakibatkan ikan cacat. pilihlah indukan perempuan yang mempunyai perut gendut (full telur). Perlu anda ketahui bahwa usia ikan mempengaruhi jumlah telur yang dihasilkan. Usahakan padasaat mengawinkan ikan, Pilhlah jantan yang lebih besar dari betinanya.

Ciri-ciri cupang jantan

  1. Bentuk tubuh ramping dan atletis
  2. Geraka cupang Agresif dan lincah
  3. Ekosn (Caudal Fin) dan Sirip lebar dan panjang
  4. Warnnya cemerlang

Ciri-ciri cupang betina

  1. Bentuk badan gempal
  2. Gerakan anggun dan lambar
  3. Ekor (caudal fin) dan sirip (ventral fin/dasi).
  4. Warna kurang menarik.Ada titik putih di perut :

D. TEMPAT MEMBUAT SARANG

Biasanya berupa tanaman air, Foam busa, Plastik, dll yang bersifat mengambang di permukaan air.

BERSIAPLAH

Terdapat dua temat yang cocok untuk pemijahan. Didalam ruangan (INDOOR) dan luar ruangan (OUTDOOR). Tempat outdoor lebih disarankan karna ikan lebih mod untuk bercumbu. Usahakan tempat pemijahan harus tenang, Sepi dari lalu lalang, Gelap, Dan mendapat sinar matahari secara tidak lansung.Penggunaan Tanaman air lebih dianjurkan daripada plastik atau busa foam. karna pada akar tanaman terdapat tempat untuk berlindung dan mencari makan bagi burayak nantinya. Berikut adalah langkah langkanya.

Pertama kita siapkan tempat pemijahan sesuai syarat diatas tadi. Kemudian masukanlah pejantan terlebih dahulu di hari pertama agar ia menguasai wilayah barunya. Setelah itu masukanlah ikan betinanya, Dengan cara memisahkannya secara tidakl angsung dengan gelas AKUA plastik bekas minuman ringan (lihat foto).

Jika pejantan sudah membuat sarang dengan adanya Busa-busa dipermukaan air dan pejantan tampak mengejar betina, Maka ikan betina siap untuk benar benar disatukan. Biasanya ikan ini akan kawin pada pagi dan sore hari. Biasanya setelah jantan membuahi betina, Betina langsung melepaskan telurnya dan sang jantan akan memunguti telurnya untuk menaruhnya disarang. Jika sudah bertelur (ditandai dengan adanya titik putih di sarang cupang yang merupakan telur). Segeralah angkat sang betina karna sangjantan akan menjaga telur nya dan menyerang sang betinanya Hingga Tewas.

Telur ikan akan menetas dalam waktu 1 sampai 3 hari. Setelah menetas, Burayak akan berenang tanpa arah. Dan sang ayah akan mengajarinya berenang. Diusia 3 Hari burayak sudah bisa berenang lincah dan bisa diberi makan berupa kutu air yang disaring sampai halus, kuning telur, Artemia, Infusoria, dan Mikroorganisme lainnya.
Mengangkat induk jantan, Sampai saat ini masih simpangsiur tentang kapan waktu yang tepat untuk mengangkat sang jantan, ada yangmenyebutkan 3 hari setelah burayak menetas, Ada yang bilang 1 minggu, Adapula yang bilang 1 bulan. Saya lebih memilih 3 hari setelah burayak menetas, karna tugas induk jantan telah selesai menjaga telurnya. Pada usia 15 hari pertama burayak mengalami masa keritis (rawan mati). Pada usia 15 hari kedua dia sudah mulai kuat karna sudah dapat makan dengan sempurna. Pada usia 1 bulan ikan sudah dapat dipisahkan wadahnya agar lebih cepat tumbuh. Ikan yang dipisah lebih cepat tumbuh daripada yang disatukan. diusia 2,5-3 bulan ikan sudah bisa dipasarkan.

Perlu anda ketahui bahwa ikan cupang betina yang baru pertama kalinya bertelur (After virgin) akan menghasilkan jumlah cupang Jantan lebih besar jumlahnya daripada cupang betina. Dan pada pemijahan berikutnya jumlah jantan yang dihasilkan semakin berkurang dan menjadi tidak ada (hasil anaknya betina semua).

Menurut pengalaman yang saya dapat dari pengalaman beternak ikan cupang. Para peternak cupang jarang memberikan/menjual cupang betina yang masih perawan (virgin). Bahkan takjarang mereka enggan untuk menjual Cupang betinanya dengan alasan enggan produk cupang nya dicetak orang lain, karna biasanya peternak mencetak sendiri warna dan fisik cupang kontesnya untuk di jual dengan harga yang WAW.

PEMASARAN

Banyak strategi pemasaran yang dilakukan, Bisa menggunakan Internet, Menawarkannya pada toko ikan, dan Membuka toko sendiri. Pemasaran Melalui Internet sangat Dianjurkan karna lebih mudah menemukan pembeli yang sama sama penghobi. Dan juga keuntungan menggunakan internet adalah harga ikan stabil tidak ditawar murah. Biasanya ikan ditawarkan dengan strategi lelang. Situs yang biasanya digunakan adalah

  1. Aquabid.com
  2. Facebook Market Place
  3. Toko Online seperti Buka Lapak, Sopie, dll
  4. FJB Kaskus

JASA PENGIRIMAN LUAR NEGRI

Biasanya para kurir jasper enggan mengirim ikan hias dengan alasan ikan akan mati. untuk pengiriman luar nergi biasanya menggunakan layanan cargo agar mendapat sertifikat dan izin. contoh pengiriman luar negri yang saya percayai adalah Jotyabetta Gallery.

Demikian cara agar kita dapat mendulang uang dari usaha ternak Ikan cupang.

Cara Menanam Anggur Bagi Para Pemula

Cara menanam anggur bisa dilakukan dengan metode stek, cangkok, maupun biji. Apapun metode yang digunakan, ada prosedur utamanya. Anda yang melakukan penanaman tanaman anggur...
Admin
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *