Budidaya dan Cara Ternak Ikan Pbass Untuk Pemula

1 min read

Cara Beternak dan budiday ikan Pbass

Dzargon – Pbass atau Peacok Bass adalah ikan dari keluarga Cichlid yang memiliki karakter predator namun bukan ikan teroritorial. Hal ini membuat ikan ini bisa dirawat di akuarium dengan jenis ikan yang banyak.

Di habitat aslinya yakni Sungai Amazon dan Orinoko di Benua Amerika, Ikan Pbass hidup berkelompok dengan jumlah yang lumayan besar.

A. Karakter Ikan PBass

Ikan Pbass adalah predator yang sifatnya memangsa ikan-ikan kecil. Ikan ini berkembang biak dengan baik di daerah sungai arus tenang dan tumbuh di sungai arus deras.

Ikan Pbass berkembang biak dengan cara bertelur pada musim hangat. Ikan Pbass yang siap bertelur akan mencari daerah luas dengan tekstur dasar yang berpasir. Setelah bertelur ikan Pibass akan merawat anaknya hingga cukup dewasa dan bisa bertahan hidup sendiri. Kadang-kadang mereka akan membuat koloni Pbass baru jika terdapat gen jantan unggul.

Ciri-ciri ikan Pbas Kantan sebagai berikut :

  1. Bentuk Kepala Kotak
  2. Perut datar
  3. Bentuk tubuh agak ramping dan memanjang

Ciri Ciri ikan Pbass betina

  1. Bentuk kepala agak oval
  2. Perut oval dan gemuk
  3. Bentuk tubuh pendak dan melebar

Agar lebih mudahnya gambar berikut ini menunjukkan perbedaan antara Pbass jantan dan betina

Ikan Pbass Jantan dan Betina

Ikan Pbass dengan ukuran lebih kecil berjenis kelamin jantan sedangkan yang agak bulat adalah Ikan Peacok bass Betina.

B. Cara Bertenak Ikan Pbass

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk beternak ikan Pbass adalah mempersiapkan tempat pemijahan. Kolam atau aqurium berukuran 100 x 50 cm sudah cukup untuk berkembang biak namun semakin luas semakin baik.

Selanjutnya adalah memlih indukan. Ikan Pbass dapat berkembang biak dengan biak dengan baik pada saat ukurannya mencapai 30 cm. Semakin besar ukuran semakin banyak pula telur yang dihasilkan.

Setelah mendapatkan indukan yang baik, maka tarulah sepasang indukan pada wadah pemijahan. Tidak ada aturan ketat dalam menaruh ikan, boleh betina lebih dahulu atau jantan juga tidak masalah.

Pada saat sudah berada di dalam wadah, ikan Pbass tidak langusng kawin tapi saling penjajakan terlebih dahulu. Jika penjajakan sudah berhasil maka mereka akan terlihat akur-akur saja, namun jika tidak mereka akan berantem atau saling kejar kejaran meskipun tidak intensif.

Jika anda berada dalam posisi ini maka sebaiknya pisahkan PBass tersebut lalu coba kawinkan pekan depan atau duapekan ke depan.

Ikan Pbass yang suskes kenalan akan melalui proses pemijahan dan proses kawinya sama seperti ikan Louhan. Setelah itu telur akan diletakkan oleh betina di dasar kolam. Telur ikan Pbass berwarna Kuning dan melekat pada bebatuan, kayu atau dasar kolam seperti gambar berikut :

Foto telur ikan Pbass yang melekat di batu
Gambar telur ikan Peacock Bass

Setelah bertelur indukan ikan pbass bilah diambil kembali. Telur ikan Pbass akan menetas dalam waktu 2 sampai 3 hari. Tugas breder adalah menjaga kondisi air ikan Pbass tetap baik selama proses penetasan.

Tipsnya mungkin bisa diberi aerator dan suhu airnya dijaga hangan sampai tumbuh jamur.

Telur ikan Pibass yang menetas akan mengeluarkan burayak PiBass yakni bayi ikan pbass yang di badannya masih terdapat kuning telur. Kuning telur ini berperan sebagai cadangan makanan burayak sampai akhirnya kuning telur ini jatuh.

Burayak Pbass akan mulai makan ketika kuning telurnya sudah hilang. Pakan yang cocok adalah kutu air merah dan artemia. Pada usia 3 sampai 4 minggu Anakan Pbass sudah bisa diberi maka cacing sutera dan jentik nyamuk.

Cara Menggunakan Heater Penghangat Pada Aquarium Air Tawar

Berikut ini adalah cara memasang heater dna pengahangat Aquarium untuk ikan hias Air tawar agat tidak terjadi kesalahan
Admin
1 min read

Cara Mudah Meningkatkan Warna dan Jenong Ikan Louhan

Cara meningkatkan warna pada ikan Louhan bisa dilakukan dengan memperhatikan pakan, air, kandungan protein dan juga pemebrian cermin
Admin
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *