Tips Menjadi Selebgram Model

Lama banget yach kita nggak update, nggak ngetwit dan facebook juga lumayan lama terlantar… Berikut ini kami akan ulas singkat seputar kiat sukses menjadi seorang remaja fesyen (Pemula) yang bercita-cita meniti karir di dunia modeling profesional, atau minimal menjadi pribadi yang layak disebut Model. Memang sih banyak kiatnya, tergantung skill dan motivasi masing-masing individu. Namun berikut ini kami jelasin sedikit gambarannya, berdasarkan pengalaman banyak rekan model yang sudah berpengalaman. Semoga memperkaya wawasan sobat muda yang ingin menekuni dunia fesyen di kota dingin ini, atau dimanapun kalian berada 🙂

Nah berikut ini kiat – kiat yang perlu diperhatikan bagi remaja atau peraga busana pemula yang serius belajar. Bacalah dengan seksama karena pemahaman yang utuh akan membuatmu sukses dalam merintis karir di panggung modeling profesional. 

Ada beberapa alasan dan keuntungan bagi kamu yang memilih mendalami modeling: 

1) Bisa memahami bagaimana cara berpenampilan yang baik, cantik, serasi dan menarik perhatian. 2) Bisa mengerti model busana dan keserasian dalam berpakaian. 3) Bisa mengerti tentang cara merias diri. 4) Bisa melatih bakat sehingga terbiasa bila ingin orbit di segmen akting Memiliki rasa percaya diri, terbiasa tampil dimuka umum. 5) Bisa lebih menghargai dan mencintai diri sendiri dan melindungi kesempurnaan yang dimiliki. 6) Bisa eksis dan populer karena harus diakui dunia model adalah dunia yang memiliki level lebih wah dari lainnya, dunia yang menarik hati semua orang dan yang pasti mengangkat citra kecantikan. 7) Bisa menghasilkan uang bila memasuki dunia peragaan busana profesional. 8) Lebih berpeluang bisa bekerja di berbagai bidang di luar model seperti SPG, Resepsionis, MC, Reporter, Penari/ Dancer, bintang iklan dst. 9) Kalau sudah senior ntar bisa menjadi guru modeling atau membuka sanggar model sendiri untuk membina model-model muda. Memperkuat potensi untuk bekal menjadi orang sukses di dunia entertain. 

Perhatikan beberapa hal dibawah ini agar bisa menapak ke dunia model profesional dengan sukses (jangan bosen membacanya yach): 

  • Pertama persiapkan dirimu dan mantapkan niat, “saya ingin mahir / pintar fashion, saya benar-benar berminat dengan modeling.”
  • Cari tahu dulu info yang lengkap tentang dunia modeling, terutama di agency mana tempat untuk belajar, berapa biayanya, berapa lama kira-kira waktu belajarnya dan siapa saja di lingkungan terdekat yang mendukungmu. 
  • Pastikan langkahmu didukung dan sepengetahuan ORTU.
  • Mulailah belajar dan latihan yang tekun, jiwai setiap latihan. 
  • Buang semua rasa malu dan rendah diri. Ingat, rasa PD akan membuatmu semakin luwes, relaks dan cantik. Jangan sampai tegang dan takut. 
  • Pelajari ilmu busana, dengan cara banyak-banyak melihat model di majalah-majalah, tabloit mode atau gambar-gambar di situs model. Ingat, busana yang kita sukai belum tentu serasi dengan kita. Biasakan pakailah busana yang cocok dan serasi. 
  • Kendalikan cara makan, jangan sampai fisik membengkak karena banyak makan protein tinggi atau lemak berlebihan. Ingat kamu bila nanti  masuk di TV dan Koran/Foto akan TAMPAK lebih besar dari penampakan aslimu.
  • Jaga pergaulan sebab model banyak godaan dan diincar banyak orang. Jadi sekali kamu terjatuh, misalnya hamil, maka usahamu yang panjang akan terhenti dalam sekejap. 
  • Hati-hati juga dengan kencan, karena kencan yang berlebihan akan menyebabkan lupa diri, misalnya meninggalkan bekas merah di leher atau di sekitar payudara, tentu akan menghambat kemajuanmu terutama menjelang kompetisi.
  • Jangan pernah melakukan sesuatu yang menghambat kebangkitanmu menjadi model sukses. 
  • Berikan keyakinan pada lingkunganmu bahwa kamu adalah model yang baik dan bisa dipercaya, sebab model lekat dengan stigma cewek gampangan dan bisa digoda dengan harta dan kemewahan. Nilaimu akan bertambah istimewa bila bisa menjaga dirimu dari lingkungan yang berada di luar zona fashion. 
  • Rajinlah mengikuti kompetisi busana dan ajang pemilihan putri kecantikan misalnya. Jangan takut gagal (tidak juara) dan tidak semua orang bisa langsung sukses dalam sekejap. Bila gagal hargai itu sebagai proses, karena semua model pro pernah mengalaminya.
  • Latihan sendiri depan cermin penting untuk menambah keluwesan akting dan penampilanmu. Tirulah gaya para artis top yang menurutmu fashionable.
  • Bila suatu waktu kamu terpilih menjadi nominator atau juara maka jangan langsung cepat puas, ketahui apa kelemahanmu dan perbaiki, tingkatkan kualitas. Masih banyak lomba yang lebih menantang.
  • Rajin rajinlah berpose depan kamera karena hasilnya kamu bisa melihat, menilai, mengkiritik dan memperbaiki. Bila posemu dengan pakaian terbuka jangan disimpan sembarangan filenya, nanti bisa disalahgunakan orang tak bertanggungjawab. Pilih fotografer yang bisa kamu percaya.
  • Jangan sentuh alkohol apalagi narkoba, karena kedua faktor itu sudah terbukti banyak yang menghancurkan karir seorang fotomodel. Sekali lagi, jangan pernah sentuh benda2 itu.
  • Perbanyak wawasan dan pengetahuan, karena tren model jaman sekarang selain cantik juga harus berwawasan luas. Seimbangkan antara kecantikan fisik dengan inner beauty. Ingat, wawasan luas akan membuatmu tampak semakin anggun dan cantik luar dalam (yach, seperti Ken Dedes masakini:). 
  • Jangan mudah percaya pada janji dan tawaran yang tidak jelas sumber dan kontrak kerjasamanya. Ingat dunia model adalah dunia yang penuh dengan bujuk tipuan dan rayuan. Jadi harus teliti dan rasional dalam melihat sebuah peluang. 
  • Teruslah belajar, praktek langsung dalam lomba-lomba. Lomba pada level apapun, ikuti saja sepanjang terjangkau (biaya dan riasnya).
  • Jangan lupa pelajari dasar-dasar ilmu gizi dan nutrisi. Misalnya ketahuilah jenis makanan apa saja yang menghaluskan kulit, menyehatkan rambut dan membuatmu terus muda dan segar. Makanan apa yang berpotensi datangkan jerawat dan kulit berminyak.
  • Belajarlah tentang kosmetik dan cara perawatan kulit.
  • Pada setiap dirimu dirias menjelang tampil misalnya, pelajarilah caranya. Demikian juga dengan sanggul. Ini penting mengantisipasi suatu saat dirimu mau tampil namun tidak didampingi ahli rias/sanggul.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *