Perang Dunia I – Terbentuknya Liga Bangsa-Bangsa


You Sosial perang sejarah
Terbentuknya liga bangsa-bangsa merupakan dampak dari perang dunia I. keinginan setiap negara untuk mewujudkan keamanan dunia mendorong terbentuknya Liga bangsa-bangsa (LBB). Sebelum terbentuknya LBB sudah ada negara negara yang mencoba membentuk sebuah organisasi untuk membentuk perdamaian dunia yaitu:
Belanda oleh Hugo de Grooy pada abad ke-17
Perancis oleh Kant pada abad ke-18
Ingris oleh Hendry Dunant pada abad ke-19
Usaha-usaha ketiga negara ini belum menghasilkan sebuah organisasi yang mampu untuk menciptakan dan memelihara perdamaian dunia. Atas inisiatif Woodrow Wilson presiden Amerika Serikat akhirnya Liga Bangsa-bangsa (LBB) atau League Of Nations akhirnya terbentuk pada tahun 1856-1924. Woodrow Wilson mengusulkan empat belas pasal tentang perdamaian dunia yang dikenal dengan (Wilsoon Fourteen Points) yang mendasari prinsp dari Liga Bangsa-bangsa. Liga Bangsa-bangsa secara resmi didirikan pada tanggal 10 Januari 1920 di kota Genewa Swiss setelah diadakan konferensi perdamaian Paris. Peraturan-peraturan Liga Bangsa-bangsa disebut dengan Covenant Of The League of Nations atau Naskah Liga Bangsa-bangsa. Isi dari Naskah LBB diantaranya:
Diperlukannya Diplomasi terbuka dan menghapuskan diplomasi tertutup
Setiap negara-negara di Dunia perlu mengurangi persenjataan
Setiap bangsa memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri Self Determination
Perlu dibentuknua Liga Bangsa-bangsa (LBB)

Lambang LBB
Tokoh-tokoh yang mengusahakan terbentuknya Liga Bangsa-bangsa (LBB) dikenal dengan sebutan The Big Four yaitu president Amerika Serikat Woodrow Wilson, P. David Loyd George dari Ingris, presiden Perancis George Clemenceau, dan presiden Italia Vittorio Orlando. Adapun tujuan utama dibentuknya Liga Bangsa-bangsa yaitu:
Menjamin Perdamaian Dunia
Mememlihara keamanan dan memajukan hubungan persahabatan antarnegara sekaligus mencegah peperangan antarnegara
Menjunjung hukum dan perjanjian internasional
Meningkatkan dan memelihara kerja sama internasional dibidang ekonomi, sosial, pendidikan, dan kebudayaan

Woodrow Wilson memprakarsai terbentuknya LBB
Kegagalam LBB dalam menjalankan tugas kemudian mendorong terjadinya perang dunia II. Akhirnya LBB dibubarkan pada tahun 1924.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *