Perang Dunia I – 5 Perjanjian yang Mengakhiri War of The Nation

5 Perjanjian Mengakhiri Perang Dunia I
You Sosial negara perang perjanjian sejarah
Terbunuhnya putra mahkota Austria Frans Ferdinand di Sarajevo pada 28 Juni 1914 mengawali berlangsungnya Perang Dunia I. Perang Dunia I yang melibatkan Pihak Blok Sekut dan Blok Sentral. Perang Dunia I kemudian dimenangkan oleh pihak Blok Sekutu. Perang kemudian diakhiri dengan Perjanjian. Perjanjian yang timbul dari perang dunia 1 (satu) hingga berakhirnya Perang ada 5 yaitu:

  1. Perjanjian Versailes
    Perjanjian yang timbul dari perang dunia 1 (Satu) salah satunya adalah perjanjian Versailes melibatkan pihak Jerman dan Sekutu. Jerman merupakan negara yang tangguh dalam perang dunia I. Setelah terjadinya pemberontakan dari pihak komunis membuat Jerman semakin terdesak. Selain menghadapi serangan dari pihak sekutu Jerman harus menghadapi pihak komunis. Tahun 1918 Jerman akhirnya terpaksa menyerah kepada pihak sekutu dan harus menandatangani Perjanjian Versailes di Istana Trianon pada tanggal 28 Juni 1919. Isi dari Perjanjian Versailes yaitu:

Suasana Perjanjian Versailes
Jerman menyerahkan daerah Elzas dan Lotharingen kepada Perancis. Daerah Eupen, Melmedi, dan Mereshet kepada Belgia. Daerah Prusia Barat dan Posen diserahkan kepada Polandia. Daerah Danzig diserahkan kepada liga bangsa-bangsa LBB dan menjadi kota merdeka.
Jerman menyerahkan daerah Saar kepada LBB untuk diperintah selama 15 tahun lalu akan diadakan pemilihan umum untuk menentukan status Saar.
Jerman harus melepaskan semua tanah jajahannya.
Jerman diperbolehkan memiliki pasukan berjumlah 100.000 orang dan dilarang mengadakan wajib militer
Jerman menganti kerugian perang kepada Sekutu sebesar 132 miliar Marck.
Wilayah Jerman yaitu sebelah Barat Sungai Rhein diduduki oleh Sekutu selama 15 tahun untuk mengawasi Jerman terhadap perjanjian Versailes.
Semua kapal dagang Jerman harus diserahkan kepada Ingris.

  1. Perjanjian St. German
    Perjanjian St. German merupakan perjanjian antara Sekutu dengan Austria. Perjanjian St. German ditandatangi pada tanggal 10 September 1919. Wilayah Austria kemudian terbagi menjadi 3 wilayah yaitu Austria, Hongaria, dan Cekoslovakia. Ada beberapa poin kesepakatan antara Austria dan Sekutu dalam perjanjian St. German yaitu:

Suasana Perjanjian St. German
Austria mengakui kemerdekaan Hungaria, Cekoslovakia, dan Polandia
Austria melepaskan daerah Tyrol, Istrie, dan sebagian daerah Sudenten
Austria harus melakukan Demiliterisasi
Daerah Montenegro, dan beberapa daerah Austria menjadi daerah Yugoslavia
Perjanjina St. German juga mengakhiri kerja sama antara Austria dengan Jerman. Hal ini dilakukan oleh pihak Sekutu untuk mencegah Austria dan Jerman membentuk kekuatan militer.

  1. Perjanjian Neuilly
    Bulgaria yang juga pihak yang kalah dalam perang dunia I kemudian harus mendandatangani perjanjian Neuilly. Perjanjian Neuilly dilakukan pada tanggal 27 November 1919 antara pihak Sekutu dengan Bulgaria. Isi perjanjian Nevilly yaitu Bulgaria menyerahkan daerah pantai Aegia kepada Yunani.
  2. Perjanjian Trianon
    Perjanjian Trianon diselengarakan antara pihak Sekutu dan pihak Hongaria. Perjanjian Trianon diselengarakan pada tanggal 4 Juni 1920. Adapun isi perjanjian Trianon yaitu:

Daerah Hongaria diperkecil
Larangan bagi keluarga Hapsburg menjadi raja di Bulgaria-Hongaria

  1. Perjanjian Sevres
    Kekalahan Turki dalam perang Dunia I harus menandatangani perjanjian Sevres. Perjanjian Sevres diselengarakan pada tanggal 20 Agustus 1920 antara pihak Sekutu dan Turki. Isi perjanjian Sevres yaitu:

Wilayah Turki dalam Perjanjian Sevres

Daerah Turki hanya mencakup daerah Konstantinopel
Daerah yang berpenduduk bukan orang Turki harus dilepaskan
Semyrna dan Thracia diduduki oleh Yunani
Dardannella, Laut Marmorla, dan Selat Bosporus dibuka untuk semua bangsa
Armenia dan Kurdi dimerdekakan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *