7 Jenis Ikan Lemon Hias dan Cara Merawatnya

3 min read

Pada kali ini hewan air info akan menjelaskan secara lengkap tentang ikan lemon yang merupakan jenis ikan hias yang mempunyai warna yang cerah dan bagus untuk dipelihara di aquarium kamu. Namun perlu kamu ketahui lebih dari ikan lemon ini karena ikan ini terkenal sangat buas.

Jadi sebelum kamu memelihara ikan ini sebaiknya membaca dahulu artikel ini agar kamu tahu apa saja yang diperlukan saat ingin memelihara ikan ini di aquarium kamu.

Ikan lemon mempunyai nama latin yaitu Neolamprologus Leleupi dan ikan lemon ini juga termasuk dalam ikan cichlid. Ikan ini mempunyai ciri khas warna yaitu kuning cerah seperti warna kulit buah lemon. Namun seperti yang sudah disinggung sebelumnya ikan in sangat buas, suka menyerang ikan lain, dan juha agresif. Karakter yang buruk lainnya adalah ikan lemon ini sangat rakus dalam hal makanan.

Semua makanan yang akan kamu berikan di aquarium pasti dimakan oleh ikan ini. Hal tersebut memang bagus untuk ikan ini sendiri namun bagaimana ikan lain yang 1 aquarium dengan ikan lemon ini ? Bisa saja ikan lain akan mati karena kelaparan. Sifat yang lebih berbahaya lagi adalah kanibalismenya yang suka memakan ikan-ikan yang lebih kecil ukuran tubuhnya.

Namun dibalik sifat buruknya ikan lemon ini mempunyai warna yang cerah dan sangat indah. Ikan ini juga termasuk mudah untuk dipelihara karena kebal dalam segala penyakit, tidak memerlukan perawatan khusus dan mempunyai tubuh yang pas.

Ciri-ciri dari ikan lemon ini adalah mempunyai sirip yang berwarna hitam di bagian punggung, pada pangkal sirip punggung mempunyai garis putih yang memanjang dari punggung sampai ke punggung belakang, pada ujung sirip punggung warnanya kuning cerah, sirip di perut berwarna hitam transparan dan kuning, dan mempunyai warna dasar kuning cerah atau orange kemerahan.

1. Livingstoni Cichlid

ikan ini berasal dari malawi dan warganya menyebut ikan ini sebagai kalingono. Ikan ini mempunyai kemampuan dalam berkamuflase yaitu merubah kulit atau wujudnya seperti lingkungan saat ikan ini berada di sekitarnya.

Warna sebenarnya dari ikan ini adalah putih dominan namun ada corak-corak hitam ataupun biru di tubuhnya. Pada siripnya mempunyai wwarna biru, orange, ataupun bintik-bintik dan garis putih di sekitarnya.

2.Blue Moorii

Ikan ini biasa disebut juga dengan ikan lemon biru namun perbedaan ikan ini dengan ikan lemon biru lain adalah kepalanya yang jenong seperti ikan louhan. Ikan ini mempunyai panjang tubuh berkisar 20 cm dan mempunyai suhu optimum yaitu 75-78 derajat farenheit.

3. Electric Yellow Cichlid

Ikan ini disebut juga ikan lemon karena mempunyai warna kuning seperti buah lemon dan mempunyai warna hitam yang berada di siripnya yang polanya horizontal. Ikan ini sangat digemari di indonesia dan banyak juga yang membudidaya ikan ini. Dengan warna yang cerah pasti sangat bagus untuk kamu pelihara di aquarium kamu.

4. Malawi Eye Biter

Ikan jenis ini termasuk dalam ikan predator yang mempunyai panjang tubuh hingga 23 cm dan menjadi ikan lemon besar. Ikan ini mempunyai mulut yang lebar dan panjang rahang yang ukurannya sepertiga dari panjang tubuhnya. Saya sarankan jika kamu ingin memelihara ikan ini lebih baik kamu gabungkan dengan ikan lemon lain yang mempunyai ukuran sama atau lebih besar. Karena ikan ini termasuk dalam ikan lemon galak.

Ciri khas dari ikan eye biter ini adalah warna tubuh yang putih perak dan ada garis lurus horizontal berwarna coklat di sepanjang tubuhnya yang dimulai dari ujung mulutya hingga ekor.

5. Red Empress

Ikan lemon red empress atau nama latinnya Protomelas taeniolatus ini sangat terkenal untuk jenis ikan cichlid. Ikan ini sering sekali ditemukan di toko ikan hias maupun pasar ikan yang ada di indonesia. ikan ini mempunyai nama lain yaitu Spindle Hap.

Ciri-ciri dari ikan ini adalah mempunyai warna yang cantik seperti pelangi jadi ikan ini juga sering disebut sebagai ikan rainbow.

6. Trewavas Red Finned Cichlid

Ikan ini termasuk dalam ikan lemon biru karena mempunyai warna biru yang dominan namun di kombinasi dengan adanya corak garis-garis hitam yag ada di bagian sirip ekornya. Ikan ini bisa tumbuh hingga panjang 11,7 cm.

7. Venustus

Ikan lemon venustus ini mempunyai nama ilmiah yaitu Nimbochhromis Venustus. Ikan ini mempunyai ciri khusus yaitu mempunyai warna kuning yang kehijauan dan adanya bercak coklay yang ada di tubuhnya. Untuk ikan lemon jenis ini ada berwarna biru pada kepalanya untuk yang berkelamin jantan. Ikan ini mampu tubuh mencapai panjang 20-30 cm dan ikan ini juga termasuk ikan lemon besar.

Ikan ini termasuk dalam ikan lemon galak karena memakan jenis ikan lemon lainnya yang ukuran tubuhnya lebih kecil. Nah ikan lemon bisa dicampur dengan ikan apa saja yang penting sama ukurannya dari ikannya atau dengan kenya cichilid, lionhead cichlid, frantosa dan sejenisnya.

Cara Merawat Ikan Lemon

Ikan ini sangat menyukai aquarium dengan air tawar dan adanya batuan dengan air yang bersuhu hangat. Aquarium yang dipakai oleh ikan ini juga harus pas jangan kekecilan karena bisa menghambat pertumbuhan ikan lemon ini. Aquarium yang bisa menampung 114 liter air agar ikan lemon bisa bergerak dengan leluasa.

Berikan tempat persembunyian di aquarium ikan lemon kamu karena ikan air tawar biasanya suka untuk bersembunyi. Kamu bisa menggunakan bati, paralon yang berkuran cukup besar, tumbuhan air. Usahakan yang dimasukan di aquarium semuanya sudah bersih dan tidak ada siput maupun tanah yang menempel.

Untuk membuat ikan ini mempunyai pertumbuhan yang bagus sebaiknya kamu mengontrol suhu aquarium ikan lemon kamu karena bisa saja membuat ikan yang kamu pelihara mati. Suhu yang baik untuk ikan ini adalah berkisar 24 derajat sampai 28 derajat celsius. Karena ikan ini sangat menyukai air yang hangat seperti di habitat aslinya.

PH pada ikan ini juga harus diperhatikan lebih karena ikan ini mempunyai kadar pH yang sesuai yaitu berkisar 6,9 sampai 7. Karena ikan ini tumbuh subur pada habitatnya yaitu air asam yang mempunyai banyak kandungan mineral. Caranya adalah dengan membiarkan 1 hari air yang ada di aquarium kamu sebelum memasukan ikan lemon ini.

Jangan lupa juga menggunakan aerator dan juga filter karena bermanfaat untuk menghemat air yang ada di aquarium kamu. Kedua alat tersebut juga bisa menjaga kebersihan air aquarium kamu dengan menyaring kotoran dan memberikan oksigen pada air.

Berikan ikan kamu makanan yang berkualitas karena jika makanan yang kamu berikan buruk maka bisa menyebabkan ikan ini akan sakit atau mati. Makanan yang berkualitas juga bisa memberikan kualitas warna kulit yang terbaik untuk ikan ini. Makanan ikan lemon yang bagus untuk ikan ini adalah cacing sutra, udang air asin, pelet, dan kutu air, lebih bagus lagi kalo kamu mencari pelet khusus ikan lemon ini. Jika perawatan yang kamu berikan maksimal maka ikan ini bisa bertahan 9 tahun.

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang ikan lemon harga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.