5 Jenis Ikan Konsumsi yang Paling Disukai di Indonesia

1 min read

Pasar Ikan Tuna di Indonesia yang murah meriah

Dzargon – Buat anda para pecinta Kuliner Seafodd, berikut ini 5 jenis Ikan Konsumsi yang paling disukai oleh warga negara +62. Jenis-Jenis ikan tersebut mulai dari Ikan Tuna, sampai Ikan Baronang.

Apa sajakah daftar ikan tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Ikan Tuna

Ikan Tuna adalah Genus ikan yang memiliki spesies paling banyak di dunia, dan nyaris semua spesiesnya di sukai. Mulai dari ikan Tuna Dog Teeh atau Gigi Tuna sampai Sirip Kuning, ikan selalu punya penggemar di seleuruh penjuru dunia.

Warga Negara Indonesia sangat menyukai ikan ini. Tidak heran karena ikan ini hampir bisa ditemukan di semua laut di Indonesia. Mulai dari laur Flores, Arafuru, Aru, Masalembo, Selat Makassar sampai Lau Maluku.

Ikan tuna banyak ditemukan di sisi selatan Pulau Jawa hingga kawasan timur Indonesia. Wilayah tangkapnya meliputi Laut Flores, Laut Banda, Laut Arafuru, Perairan Aru, hingga Laut Maluku. Ikan tuna dikenal dengan bobotnya yang besar dan harga jual yang tinggi. Saat dikonsumsi mentah, daging ikan tuna terasa lembut sehingga orang Jepang memfavoritkan daging tuna ini untuk menjadi makanan sashimi. Selain itu, ikan tuna juga dikemas dalam bentuk kalengan. Pastinya lebih praktis dan bernutrisi.

2. Ikan Tongkol

Ikan Tongkol masih bagian dari Ikan Tuna, namun ukurannya lebih kecil. Ikan jenis ini juga masuk kategori ikan yang paling banyak di makan di Indonesia.

Sepintas ikan tongkol ini tampak sama seperti ikan cakalang dan ikan tuna. Bedanya kulit ikan ini berwarna putih mengkilap. Ikan tongkol memang enak diolah dengan berbagai cara. Anda bisa mengasapnya, menumis, atau menggorengnya.

Jenis ikan kakap ekor dan sirip merah

3. Ikan Cakalang

Ikan cakalang memiliki habitat alami di sekitar Pulau Sulawesi. Bentuk tubuhnya mirip sekali dengan ikan tongkol, tetapi warnanya lebih terang. Ikan cakalang mempunyai daging yang tebal dengan rasa yang begitu gurih. Ikan ini biasanya diolah melalui proses pengasapan, kemudian disuwir-suwir. Olahan populer yang terbuat dari daging ikan cakalang yaitu cakalang fufu dari Manado.

4. Ikan Kakap

Laut-laut dangkal Indonesia dengan kedalaman 30 sampai 100 meter adalah habitat yang nyaman untuk beberapa jenis ikan laut yang bergizi. Salah satunya adalah ikan Kakap. Ikan yang berkembang biak dengan baik di Terumbu Karang ini bisa dengan mudah di temukan di Indonesia.

Jenis dari ikan Kakap sangatlah beragam. Mulai dari Kakap Merah, Kakap Kuning, Kakap Hitam, sampai Kakap Merah. Semua jenis kakap ini nyaris punya penggemar di Indonesia.

Provinsi Riau merupakan wilayah yang unggul dengan produksi ikan kakapnya. Ikan kakap yang berdaging gurih dan lembut banyak diolah menjadi asam pedas di sana. Sementara di Padang, ikan kakap terutama kepalanya, banyak diolah menjadi gulai.

5. Ikan Tenggiri

Harganya yang murah ditambah rasanya yang sangat enak memang membuat ikan tenggiri ini menjadi favoritnya orang Indonesia. Ikan tenggiri mempunyai tubuh memanjang dengan moncong yang meruncing. Biasanya ikan ini banyak diolah menjadi pempek, kerupuk, dan siomay. Tips bagi Anda yang menginginkan rasa daging ikan tenggiri yang lebih gurih, pilihlah ikan tenggiri betina. Ikan ini memiliki tekstur tubuh yang lebih licin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.